Comscore Tracker

5 Kebiasaan Menyebalkan Saat Buat Janji dengan Teman, Gak On Time!

#IDNTimesLife Apakah kebiasaanmu ada di salah satunya?

Memiliki janji dengan teman memang merupakan hal yang biasa dan bahkan dilakukan oleh semua orang tanpa terbatas usia. Meski biasa, namun membuat janji dengan seseorang pada kenyataannya tidak akan berjalan mulus-mulus saja.

Terkadang hal ini justru akan banyak diliputi dengan hal-hal yang menyebalkan seperti yang berikut. Jangan sampai kamu ikut melakukannya juga, ya!

1. Tidak on time alias ngaret

5 Kebiasaan Menyebalkan Saat Buat Janji dengan Teman, Gak On Time!ilustrasi melihat jam (Unsplash/Andrea Natali)

Bukan rahasia lagi jika beberapa orang dicap memiliki jam karet alias tidak on time jika membuat janji. Kebiasaan ini seakan terus menerus diulangi dan tidak jarang membuat banyak orang kesal.

Banyak orang yang cenderung ngaret dari jam yang dijanjikan karena banyak faktor, namun kebanyakan justru diakibatkan karena faktor yang tidaklah penting. Jika kamu ingin dihargai oleh teman, sebaiknya on time saat membuat janji untuk bertemu.

2. Ragu-ragu dalam menentukan waktu

5 Kebiasaan Menyebalkan Saat Buat Janji dengan Teman, Gak On Time!ilustrasi mengobrol (Unsplash/Priscilla Du Preez)

Hal lainnya yang banyak terjadi adalah ketika membuat janji secara ragu-ragu saat menentukan waktu. Biasanya alasan yang melatarbelakanginya adalah karena jadwal yang tak tentu atau tak bisa diprediksi. Daripada menjanjikan sesuatu tanpa kepastian, sebaiknya kamu dapat dengan tegas menentukan waktu untuk berangkat atau tidak.

3. Tipe teman yang tidak percaya

5 Kebiasaan Menyebalkan Saat Buat Janji dengan Teman, Gak On Time!ilustrasi bertengkar (Unsplash/Liza Summer)

Unik dan nyata, kamu mungkin akan sebal bila memiliki janji dengan tipe teman yang suka tidak percaya. Tipe teman yang seperti ini biasanya memiliki tips cerdik sebelum menentukan janji. Mereka akan cenderung memberikan jam yang biasanya lebih awal dari pada waktu yang ditentukan.

Alasannya simpel, yaitu untuk mencegahmu telat atau ngaret dalam berangkat. Meski menyebalkan, namun kamu juga perlu menginstropeksi diri bila mana mungkin kamu pernah melakukan kesalahan sehingga tidak dipercaya lagi oleh temanmu.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Produktivitas Kerjamu Menurun

4. Membatalkan janji secara mendadak

5 Kebiasaan Menyebalkan Saat Buat Janji dengan Teman, Gak On Time!ilustrasi sahabat menjauh (Pexels/Keira Burton)

Untuk hal yang satu ini pastinya semua orang akan merasa sebal dan tidak suka. Membatalkan janji pada waktu-waktu yang sudah mepet adalah hal yang tidak sopan, terkecuali untuk suatu hal yang penting dan dapat diterima. Jika kamu memiliki kebiasaan seperti ini, bisa-bisa justru temanmu tidak akan memercayaimu lagi ke depannya.

5. Mengubah waktu sesukanya

5 Kebiasaan Menyebalkan Saat Buat Janji dengan Teman, Gak On Time!ilustrasi duduk di kafe (Unsplash/Louis Hansel)

Jika kamu membuat janji dengan teman, pastikan untuk tidak plin-plan dalam menepatinya. Ada orang yang justru dengan mudah mengubah waktu sesuka hatinya. Jika memang alasannya karena hal penting, mungkin masih bisa diterima. Namun, jika untuk hal-hal sepele dan berlangsung terus-menerus, maka kamu perlu memperhatikan hal ini lebih lanjut agar tak terulang lagi.

Meskipun hanya merupakan janji biasa dengan teman, namun kamu tetap harus menghargai hal tersebut. Jangan sampai tindakanmu justru akan memengaruhi hubungan baikmu dengan teman. Apakah kamu termasuk orang yang on time atau ngaret, nih?

Baca Juga: 5 Kebiasaan Kecil Ini Menunjukkan Dirimu Seorang yang Pantang Menyerah

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya