Comscore Tracker

5 Tanda Pengorbanan Cinta yang Toxic dalam Hubungan, Stop Lakukan Ini!

#IDNTimesLife Jangan sampai hubunganmu jadi suram

Di dalam hubungan percintaan memang tak semua hal dapat berjalan mulus tanpa adanya hambatan. Dalam mencapai tujuan, tentunya perlu ada hal yang dilakukan agar hubungan tetap berjalan dengan baik.

Salah satunya adalah dengan melakukan pengorbanan cinta. Meski terdengar seperti suatu bentuk usaha yang luar biasa, faktanya beberapa contoh pengorbanan cinta berikut ini sangat tidak disarankan karena bersifat toxic. 

1. Memprioritaskan pasangan dibanding orangtua

5 Tanda Pengorbanan Cinta yang Toxic dalam Hubungan, Stop Lakukan Ini!ilustrasi pasangan (Unsplash/Esther Ann)

Untuk kamu yang belum menikah, skala prioritasmu tentunya masih berbeda. Orangtua menjadi orang terdekat yang harus kamu prioritas kepentingannya. Mengorbankan kepentingan orangtua untuk mendahulukan pasangan tentunya sangat tidak dibenarkan sama sekali. Kamu harus menentukan bagaimana caramu bersikap agar justru tak menyakiti orangtua yang sudah membesarkanmu.

2. Kesehatan fisik dan mental

5 Tanda Pengorbanan Cinta yang Toxic dalam Hubungan, Stop Lakukan Ini!ilustrasi orang sedang berpikir (Unsplash/Kelly Sikkema)

Setiap hubungan percintaan memang memerlukan usaha agar dapat terjalin dengan baik. Namun, tentunya jangan sampai merembet pada hal-hal lain yang justru dapat merugikanmu.

Mengorbankan kesehatan mental dan fisik untuk kepentingan pasangan tentunya sangat tidak baik untuk dirimu sendiri. Jangan bersikap terlalu berlebihan agar tidak menyesal kemudian.

3. Membatasi diri dengan teman-teman karena pasangan

5 Tanda Pengorbanan Cinta yang Toxic dalam Hubungan, Stop Lakukan Ini!ilustrasi teman-teman (Unsplash/Eliott Reyna)

Tak sedikit orang yang memiliki pasangan dengan tipikal posesif dan suka mengatur. Tipe pasangan seperti ini bahkan cenderung terlalu cemburuan sehingga tak dapat mengontrol diri dan mengatur pasangannya untuk tak berhubungan dengan teman-teman terdekatnya.

Alasan yang dikemukakan pun kadang kala tidak masuk akal. Jika pada akhirnya hubungan dengan teman menjadi rusak, maka itu adalah suatu pengorbanan cinta yang bersifat toxic.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Memiliki Keluarga yang Toxic, Tidak Nyaman di Rumah!

4. Kebahagiaan diri sendiri

5 Tanda Pengorbanan Cinta yang Toxic dalam Hubungan, Stop Lakukan Ini!ilustrasi orang tersenyum (Pexels/Andrea Piacquadio)

Setiap orang memiliki standar kebahagiaannya sendiri yang meliputi banyak hal. Tentunya kebahagiaan ini yang nanti dapat membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks untuk menjalani aktivitas.

Sayangnya, tak sedikit pasangan yang memiliki tabiat buruk dengan merusak kebahagiaan pasangannya. Jika kamu hanya menuruti saja dengan alasan pengorbanan cinta, maka itu adalah langkah toxic yang sudah kamu ambil.

5. Uang dan waktu

5 Tanda Pengorbanan Cinta yang Toxic dalam Hubungan, Stop Lakukan Ini!ilustrasi uang (Unsplash/Alexander Mils)

Berbicara mengenai uang dan waktu memang tak akan ada habisnya sebab saling berkaitan satu sama lain. Saking pentingnya kedua hal tersebut, bahkan bisa menimbulkan masalah jika tak tahu bagaimana cara mengaturnya. Jika kamu sudah terlalu banyak berkorban dalam waktu dan uang untuk pasangan dengan alasan yang tak masuk akal, maka hubunganmu sudah masuk ke dalam jenis yang toxic.

 

Ternyata memang segala sesuatunya tak bisa selalu kamu lakukan demi pasangan. Berilah batasan agar justru tak membuat hubungan semakin berkembang ke arah yang toxic. Jalin hubungan yang sehat, ya!

Baca Juga: 5 Pikiran Toxic Ini Membuat Kalian Tak Bisa Menunjukkan Potensi Diri

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya