Comscore Tracker

5 Indikasi Hubungan Percintaan Tak Sehat yang Sering Dikira Normal

Jangan sampai hubungan percintaanmu begini ya

Jika berbicara mengenai sebuah hubungan, suka maupun duka tentu akan selalu menjadi bagian dari setiap perjalanannya. Oleh sebab itu, terkadang banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang berada dalam zona hubungan tak sehat yang tidak sehat dan justru akan membuatnya tak merasa bahagia dalam menjalankan sebuah hubungan yang baik.

Untuk kamu yang belum mengatahui, berikut lima daftar hal berbahaya dalam hubungan yang sering orang anggap sebagai hal yang normal.

1. Banyak melakukan kode dan pasif

5 Indikasi Hubungan Percintaan Tak Sehat yang Sering Dikira NormalUnsplash/Artsy Vibes

Tahukah kamu bahwa hal yang satu ini adalah salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak pasangan. Hanya karena merasa tak enak dan tidak berani mengungkapkannya, mereka pun seolah akan banyak melakukan kode dan menjadi pasif dalam menyampaikan keluhannya.

Padahal hal semacam ini justru akan membuat hubunganmu menjadi toksik karena enggan secara aktif berbicara langsung dengan pasangan tanpa kode.

2. Sering menyalahkan pasangan karena emosi sesaat

5 Indikasi Hubungan Percintaan Tak Sehat yang Sering Dikira NormalUnsplash/Charlie Foster

Jika kamu sedang berada dalam situasi yang emosional dan sulit untuk mengendalikan diri dengan pikiran yang dingin, akan lebih baik apabila kamu diam dan tidak melakukan hal yang aneh.

Menyalahkan pasangan hanya karena emosi yang hadir secara sesaat hanya akan membuatmu egois dan memberikan luka terhadap hubungan yang sedang dijalani saat itu.

Baca Juga: 6 Alasan Krusial Kepercayaan Itu Penting Ada Dalam Sebuah Hubungan

3. Lari dari masalah

5 Indikasi Hubungan Percintaan Tak Sehat yang Sering Dikira NormalUnsplash/Atlas Green

Sebagian orang memilih untuk lari dari setiap permasalahan dalam percintaan. Mereka cenderung akan memilih untuk melakukan hal yang mereka pikir menyenangkan seperti berbelanja dan melakukan perjalanan wisata, sedangkan mereka tidak berpikir bahwa hal tersebut sama sekali tidak akan membantu.

Melakukan hal lain hanya akan membuat masalahmu semakin susah, akan lebih baik untuk segara menyelesaikannya terlebih dahulu.

4. Membuka kartu pasangan

5 Indikasi Hubungan Percintaan Tak Sehat yang Sering Dikira NormalUnsplash/Elizabeth Tsung

Pertengkaran maupun adu argumen dalam sebuah hubungan mungkin dapat dikatakan wajar, namun apakah ada batasan dalam hal tersebut? Tentu saja. Apabila kamu terlalu melakukan hal yang berlebihan justru akan membuat hubunganmu menjadi tak sehat.

Selain itu, salah satu hal yang sering dilakukan oleh para pasangan adalah saling membuka kartu masing-masing sehingga terlihat lah kesalahan di masa lalu. Tentu saja hal tersebut sangat tidak baik untuk dilakukan.

5. Menjadikan hubungan sebagai ancaman

5 Indikasi Hubungan Percintaan Tak Sehat yang Sering Dikira NormalUnsplash/Ryan Franco

Apabila kamu menemukan pasangan yang sering menjadikan hubungan sebagai ancaman, sebaiknya kamu perlu lebih banyak pertimbangan sebelum melanjutkan kembali hubungan tersebut. Orang-orang yang memaksa pasangannya dan menjadikan hubungan sebagai ancaman hanya akan memberikan luka dalam hubungan tersebut. Tak heran bila kamu harus mengambil keputusan tegas akan hal tersebut.

Nah, lima ham di atas sering kali dianggap normal oleh para pasangan, padahal hal tersebut termasuk ke dalam jenis hubungan tak sehat lho. Pernah merasakannya?

Baca Juga: Lepaskan Pasanganmu, Jika 5 Perilaku Ini Ia Lakukan dalam Hubungan

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya