Comscore Tracker

5 Cara Agar Terbebas dari Hubungan Posesif dan Bucin, Harus Berubah!

Hubungan pun jadi gak banyak drama deh

Beberapa pasangan masih sering terjebak dalam hubungan yang posesif, selain itu untuk istilah bucin atau budak cinta sebenarnya merupakan sesuatu yang dapat menjadi indikasi dari ketidak sehatan suatu hubungan. Apabila kamu merasa sedang terjebak dalam hubungan seperti ini,  akan lebih baik untuk segera menemukan cara yang tepat agar dapat terbebas dari hal seperti ini. 

Agar kamu memiliki hubungan percintaan yang sehat, maka kamu perlu mengetahui beberapa cara untuk menghindari keterlibatan kita di dalam hubungan yang posesif dan terkesan bucin. Simak yuk apa saja! 

1. Jaga harga dirimu dari rasa cemburu yang menguasai

5 Cara Agar Terbebas dari Hubungan Posesif dan Bucin, Harus Berubah!Unsplash/Nik Shuliahin

Terkadang memang banyak orang yang seringkali melakukan hal di luar dugaan ketika sudah dikuasai oleh rasa cemburu, apalagi bila melihat kekasih tercinta sedang asyik dengan yang lainnya. Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu ingat bahwa harga dirimu jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengannya yang mungkin sudah mengkhianati. Oleh sebab itu, jangan sampai kita melakukan hal yang membuat harga diri kita terinjak-injak hanya karena cinta buta, ya. 

2. Letakan kepercayaan di atas sebuah hubungan

5 Cara Agar Terbebas dari Hubungan Posesif dan Bucin, Harus Berubah!Unsplash/Carly Rae Hobbins

Hubungan yang sehat selalu berlandaskan kepercayaan, baik itu percaya dengan pasangan atau pun berusaha menjaga kepercayaan tersebut. Bila hubunganmu masih diselimuti sifat posesif, lalu untuk apa hubungan tersebut dijalankan? Jangan sampai ketidak percayaan dan juga rasa percaya yang dikhianati justru akan merusak hubunganmu dengan si dia, ya. 

Baca Juga: Selain Posesif, 8 Sikap yang Bikin Pasangan Jenuh dan Berpaling

3. Kamu dan dia adalah masa depan, tidak perlu melihat masa lalu

5 Cara Agar Terbebas dari Hubungan Posesif dan Bucin, Harus Berubah!Unsplash/Manuel Meurisse

Bila kita sudah setuju untuk berkomitmen dengan seseorang, itu berarti kita sudah setuju untuk mengarungi hubungan bersamanya sampai masa depan nanti. Jika sudah memiliki tujuan mengenai masa depan secara bersama-sama, lalu untuk apa kembali menengok ke belakang? Biarkan masa lalu menjadi milik masing-masing dan fokuslah dalam menyongsong masa depan bersamanya. 

4. Komunikasi menjadi aspek utama

5 Cara Agar Terbebas dari Hubungan Posesif dan Bucin, Harus Berubah!Unsplash/Christin Hume

Tidak mungkin suatu hubungan dapat berjalan dengan mulus tanpa hambatan yang berarti. Selalu ada permasalahan yang kian datang dan menguji seberapa besar keseriusan dalam hubungan. Tentunya untuk selalu menjaga hubungan, perlu adanya keterbukaan dan komunikasi satu sama lain sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan atau dicurigai. 

5. Lawan rasa emosimu

5 Cara Agar Terbebas dari Hubungan Posesif dan Bucin, Harus Berubah!Unsplash/Christian Erfurt

Posesif itu berbeda dengan cemburu. Posesif cenderung menjadi rasa cemburu yang terkesan berlebihan hingga mengekang pasangan. Untuk menghindari hal tersebut tentu saja kita harus mengontrol emosi sebab hal ini lah yang menjadi pemicu dari rasa posesif seseorang. Ketahuilah terlebih dahulu apa yang membuat rasa posesifmu seringkali muncul dan lawan lah bila kamu merasa bahwa hal tersebut mulai menguasai dirimu. 

Nah, tentu kita juga tidak mau bukan bila merasa terkekang karena berada dalam hubungan seperti itu? Yuk, berpikir positif dan jadikan lah hubunganmu dengan dia menjadi lebih sehat. 

Baca Juga: Bucin Banget! 5 Zodiak Ini Dikenal Totalitas Ketika Mencintai Pasangan

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya