Comscore Tracker

Sebelum Memutuskan Menikah, 5 Pertanyaan Ini Wajib Kamu Jawab

Karena menikah itu bukan untuk sementara

Menikah adalah impian sebagian besar orang di dunia. Menikah berarti menyatukan kedua insan berbeda, bukan hanya menyatukan dua kepala melainkan menyatukan dua keluarga yang tentunya memiliki perbedaan masing-masing.

Namun, ada banyak sekali hal yang harus kamu pahami sebelum memutuskan menikah karena menikah bukanlah sesuatu yang sesederhana kedengarannya. Sifatnya yang sakral tentu perlu banyak pertimbangan.

Untukmu yang ingin memutuskan menikah, 5 pertanyaan ini wajib kamu jawab untuk mengukur seberapa siapkah kamu dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Simak apa saja yuk!

1. Sudahkah siap menerima kekurangan pasangan?

Sebelum Memutuskan Menikah, 5 Pertanyaan Ini Wajib Kamu JawabPexels/Trung Nguyen

Pertanyaan ini mungkin akan selalu ditanyakan orang tua kepada anak-anaknya.

Terkadang pada masa pacaran mungkin segala hal dalam diri pasangan terlihat indah dan menarik hampir tak ada celah kecil yang buruk. Namun, pada hakekatnya tidak ada manusia yang sempurna dan tidak mungkin pasanganmu tidak memiliki kekurangan barang sedikitpun sehingga kamu harus meyakini dirimu apakah siap untuk menerima segala kekurangan dari pasanganmu.

2. Sudahkah mendapat restu terbaik dari orang tua?

Sebelum Memutuskan Menikah, 5 Pertanyaan Ini Wajib Kamu JawabPexels/Agung Pandit Wiguna

Restu adalah aspek utama dalam memutuskan untuk berkeluarga karena menikah akan menyatukan dua keluarga yang berbeda untuk menjadi satu dalam jalinanan yang erat.

Menikah pun bukan untuk kurun waktu satu bulan atau satu tahun, melainkan untuk selamanya sehingga restu wajib untuk kamu dapatkan agar tetap dapat mengarungi rumah tangga dengan penuh keberkahan dan kebahagiaan setiap waktu.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Kamu Tak Perlu Buru-buru Menikah, Banyak Pertimbangannya

3. Sudahkah mampu secara finansial untuk menghidupi keluarga?

Sebelum Memutuskan Menikah, 5 Pertanyaan Ini Wajib Kamu JawabPexels/Pavel Kunitsky

Pertanyaan ini mungkin sering terngiang pada pihak pria.

Pertanyaan seputar mampukah untuk menghidupi keluarga secara finansial akan terus menjadi pertanyaan bagi pihak pria sehingga sebelum menikah pastikan bahwa kamu memang sudah memiliki pekerjaan tetap yang akan membantu untuk menyokong finansial keluarga karena saat berkeluarga tentunya kita akan membutuhkan banyak biaya daripada saat masih lajang.

4. Sudahkah membahagiakan orang tua?

Sebelum Memutuskan Menikah, 5 Pertanyaan Ini Wajib Kamu JawabPexels/Tristan Le

Pertanyaan seperti ini wajib kamu jawab. Pada hakikatnya membahagiakan orang tua memang tidak selalu menggunakan materi yang berlebih tapi dengan kasih sayang dan perhatian, orang tua sudah lebih dari cukup untuk merasa bahagia.

Pertanyaan seperti ini adalah pertanyaan yang biasa digunakan untuk mengingatkan anak-anak bahwa jika memang sudah menikah, kewajiban dalam membahagiakan orang tua akan selalu ada dan menyertai kita. Jangan sampai karena sudah berkeluarga, lalu dengan mudahnya lepas tanggung jawab.

5. Sudahkah mampu memberikan didikan terbaik pada anak-anak?

Sebelum Memutuskan Menikah, 5 Pertanyaan Ini Wajib Kamu JawabPexels/rawpixel.com

Untukmu yang ingin segera menikah, pertanyaan ini menjadi sesuatu yang akan selalu kamu ingat dan pikirkan baik-baik. Mendidik anak tentunya bukan sesuatu yang mudah, mengingat bahwa mendidik bukanlah untuk satu tahun atau dua tahun, melainkan sampai anak dewasa pun kita tetap wajib mendidiknya tanpa henti karena sudah menjadi kewajiban kita sebagai orang tua.

Hal itu lah yang harus kamu sadari sepenuhnya terhadap dirimu.

Nah, itulah pertanyaan yang wajib kamu jawab sebelum menikah karena tentunya kamu butuh banyak persiapan baik secara finansial atau mental untuk menghadapi pernikahan. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Meski Sudah Menikah, Jangan Terlalu Membatasi Pasangan Dari 5 Hal Ini

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Mahasiswa yang ingin produktif @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You