Comscore Tracker

Yuk, Coba Ciptakan Lingkaran Pertemanan Sehat dengan 6 Cara Ini!

Jangan sampai salah memilih teman

Kita pernah mendengar istilah jangan memilih-milih teman, memang istilah tersebut benar adanya. Namun, jika kita tinggal dalam lingkungan yang kurang sehat justru istilah tersebut wajib kita urungkan. Memilih-milih teman dalam konteks positif itu perlu kita lakukan guna menciptakan lingkaran pertemanan yang positif dan sehat.

Jangan bingung bagaimana menciptakan lingkaran pertemanan yang sehat! kamu bisa lho mencoba cara di bawah ini agar terhindar dari teman-teman yang toxic.

1. Tanamkan sugesti positif pada diri sendiri untuk konsisten menghindari hal-hal negatif meracunimu

Yuk, Coba Ciptakan Lingkaran Pertemanan Sehat dengan 6 Cara Ini!Pexels/Martin Péchy

Hal pertama dan menjadi yang utama terletak pada diri kita sendiri. Kita harus memberikan sugesti positif pada diri kita untuk konsisten dalam menghindari segala godaan di lingkungan yang toxic. Keberhasilan menciptakan lingkaran pertemanan yang sehat tentu saja ada pada penempatan diri kita. Benahi diri kita terlebih dahulu, barulah kita mencoba membenahi lingkungan kita.

2. Jadilah orang yang terstruktur dan memiliki rencana jauh

Yuk, Coba Ciptakan Lingkaran Pertemanan Sehat dengan 6 Cara Ini!Pexels/rawpixel.com

Hal struktural yang dimaksud disini adalah segala sesuatu aktivitas yang akan dilakukan telah rapi tercatat, sehingga kita tidak akan memiliki waktu untuk melakukan kegiatan yang sifatnya negatif karena hal itu tidak akan pernah tertulis dalam lembar rencana.

Setelah itu, kamu harus menjadi orang yang memiliki rencana jauh ke depan agar setiap hal yang ingin kamu lakukan perlu untuk dipertimbangkan termasuk apabila melakukan hal negatif.

3. Pilihlah teman yang punya getaran positif untuk menjadi sahabat karibmu

Yuk, Coba Ciptakan Lingkaran Pertemanan Sehat dengan 6 Cara Ini!Pexels/rawpixel.com

Teman kita adalah cerminan diri kita. Seseorang bisa berubah ke arah yang lebih baik atau sebaliknya karena efek yang diberikan temannya. Hal ini lah yang melandasi kenapa kita harus pintar dalam memilah teman, agar kita dapat terhindari dari teman yang justru akan memberikan dampak yang kurang baik. Sebelum mencari teman yang positif, jadikan diri kita menjadi orang yang positif terlebih dahulu.

Baca Juga: 6 Tanda Temanmu Toxic People, Coba Lihat Lagi Deh!

4. Jangan sampai terbawa arus negatif

Yuk, Coba Ciptakan Lingkaran Pertemanan Sehat dengan 6 Cara Ini!Pexels/Daniel Xavier

Membentengi diri dari segala arus negatif menjadi salah satu cara yang harus dilakukan. Terkadang secara tidak sadar kita akan bertemu dengan orang yang bisa saja membawa kita ke dalam arus pertemanan negatif. Namun, dengan cara membentengi diri justru kita akan paham bagaimana cara menyikapi hal semacam itu. Jangan sampai karena ketidakmampuan dalam menahan arus negatif, kita akan ikut tenggelam di dalamnya.

5. Tutup telinga rapat-rapat dari omongan negatif orang lain yang tidak suka

Yuk, Coba Ciptakan Lingkaran Pertemanan Sehat dengan 6 Cara Ini!musingsfromatherapist.wordpress.com

Jangan takut untuk mempertahankan apa yang kita pilih. Selagi kita memiliki tujuan yang baik dan temen-teman yang positif, tidak ada yang perlu dihiraukan dari kata-kata negatif yang orang lain katakan terhadap kita. Terkadang orang lain hanya ingin kita mengikuti gaya hidup seperti mereka dan saat itulah kita harus membentengi diri kita dari hal-hal toxic seperti itu.

6. Diskusikan setiap hal pada teman yang kamu percaya

Yuk, Coba Ciptakan Lingkaran Pertemanan Sehat dengan 6 Cara Ini!Pexels/mentatdgt

Terkadang kita butuh solusi setiap permasalahan dari berbagai perspektif pemikiran yang berbeda. Di situlah peran teman ada untuk membantu kita menyelesaikannya, yang pasti teman yang kita maksud bukanlah teman yang toxic ya! Kita butuh teman yang positif untuk membantu kita melihat setiap permasalahan dan hal-hal yang baru. Berdiskusi bisa menjadi hal menarik untuk dilakukan.

Nah, 6 cara di atas dapat dicoba untuk menciptakan lingkaran pertemanan yang sehat dan penuh hal yang positif. Jangan sampai kamu terbawa arus negatif ya!

Baca Juga: Sering Berselisih dengan Teman? Ini 5 Solusi yang Bisa Dicoba

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya