Comscore Tracker

7 Tips Menghindari Kesalahpahaman dalam Hubungan, Biar Gak Drama!

#ANGPOIN Gak zaman kode-kodean

Saat menjalin hubungan asmara, kamu tentu pernah berselisih paham dengan pasangan, bukan? Disadari atau tidak, sering kali hal itu terjadi hanya karena masalah sepele yang terlalu dibesar-besarkan. Apalagi ketika kesalahpahaman membuat semuanya semakin runyam.

Nah, untuk mengantisipasi hal itu, kamu perlu simak nih 7 tips untuk menjaga hubunganmu tetap berjalan harmonis. Biar gak salah paham melulu.

1. Kangen? Telepon aja, gak perlu jaim

7 Tips Menghindari Kesalahpahaman dalam Hubungan, Biar Gak Drama!pexels.com/bruce mars

Kasus ini umumnya terjadi pada pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh. Saat rindu melanda, kondisi justru tak mendukung kamu dan doi untuk bertemu. Nyesek, ya? Maka solusi terbaik adalah telepon atau video call. Eits, tak ada alasan untuk malu karena menghubunginya lebih dulu, sekarang sudah era emansipasi kok.

2. Ajak dong kalau mau hangout atau makan bareng

7 Tips Menghindari Kesalahpahaman dalam Hubungan, Biar Gak Drama!unsplash.com/rotkif

Dia tidak akan tahu kalau kamu sedang ingin dinner bareng, kecuali kamu terang-terangan mengungkapkan keinginan itu dan bersedia mengajaknya keluar untuk makan bareng. Bukannya begitu lebih simple? Jangan bikin ribet sendiri, deh.

3. Saat merasa cemburu atau tidak nyaman dengan sesuatu, sampaikan padanya

7 Tips Menghindari Kesalahpahaman dalam Hubungan, Biar Gak Drama!unsplash.com/prizcilladupreez

Berharap dia peka atas rasa tidak nyaman yang sedang kamu rasakan? Itu tidak akan terjadi, karena isi hatimu hanya kamulah yang tahu. Daripada menunggu sesuatu yang tidak pasti, lebih baik kamu sampaikan secara langsung padanya. Entah bagaimana respon doi nantinya, itu adalah poin ke sekian.

4. Ada sesuatu yang membuatmu merasa janggal? Jangan ragu untuk bertanya

7 Tips Menghindari Kesalahpahaman dalam Hubungan, Biar Gak Drama!pexels.com/Pixabay

Kemarin dia bilang mau antar ibunya belanja, tapi temannya bilang dia sedang asyik nongkrong sambil ngopi. Mana yang benar? Daripada berspekulasi, lebih baik tanyakan langsung padanya. Tak perlu khawatir kalau dia akan berbohong. Selama tidak merasa terancam, dia akan mengatakan yang sejujurnya kok.

Baca Juga: Pesonanya Luar Biasa, 5 Zodiak Cewek yang Suka Bikin Cowok Salah Paham

5. Jangan hanya diam saat marah, jelaskan permasalahannya

7 Tips Menghindari Kesalahpahaman dalam Hubungan, Biar Gak Drama!unsplash.com/christianfregnan

Sudah janji untuk tidak dekat-dekat lagi dengan si mantan, tapi dia tetap saja ingkar. Kalau kamu hanya marah dengan berdiam diri dan membatasi komunikasi dengannya, itu tidak akan menyelesaikan masalah. Ajak ngobrol dan sampaikan kegelisahanmu. Jika dia memang masih berpihak padamu, maka tak akan sulit baginya untuk melakukan hal yang kamu minta.

6. Kalau ingin sesuatu, katakan saja to the point, tak perlu pakai 'kode-kode' rumit

7 Tips Menghindari Kesalahpahaman dalam Hubungan, Biar Gak Drama!unsplash.com/rizky_muchammad

Karena sering melihat post tentang relationship goals, kamu jadi pengin diperlakukan romantis. Diberi buket bunga mawar merah dan cokelat mungkin. Sayangnya tidak semua cowok bisa mengartikan kode para cewek dengan baik. Karena itulah, mereka lebih suka jika ceweknya mau mengatakan keinginannya dengan suka rela, tak perlu bertele-tele.

7. Bahkan saat kamu menyukai orang lain, ungkapkan secara jujur padanya

7 Tips Menghindari Kesalahpahaman dalam Hubungan, Biar Gak Drama!unsplash.com/fransiscoegonzalez

Menemukan sosok lain yang lebih baik dibanding pasanganmu kini bukanlah hal mustahil. Tapi jangan asal memutuskan hubungan begitu saja ya, berikan dia alasan dan katakan yang sejujurnya. Meski 'sakit' di awal, perlahan dia akan mengerti kok, asalkan kamu menyampaikan maksud dengan baik.

Mulai sekarang, kurang-kurangi ya pakai kode untuk membuat doi peka. Katakan saja apa maumu, itu akan lebih simple dan mudah dipahami. Lagian ada yang gampang, gak perlu dipersulit. Gak percaya? Coba aja!

Baca Juga: 5 Jurus Jitu Menyikapi Salah Paham Saat LDR, Bisa Bikin Makin Awet!

Ulfyana Rhosyida Photo Community Writer Ulfyana Rhosyida

• An introvert • Socially awkward • Addict of Thai movies and series •

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You