Comscore Tracker

5 Hal yang Sepatutnya Telah Kamu Lakukan Sebelum Menikah

Jangan sampai menyesal ya!

Menikah mungkin telah menjadi prioritas sebagian orang yang umurnya telah sampai pada pemikiran ini. Tak banyak yang benar-benar tidak ingin menikah, sebagian lain sangat ingin menikah. Namun, keadaan realita yang tidak memungkinkan untuk menikah kadang membuat seseorang sedih, putus asa, dan meratap.

Padahal, jika memang belum bisa untuk menikah bukan berarti itu akhir dari segalanya. Kamu tetap hidup, dunia tetap berputar, kehidupan tetal berlanjut. Daripada sedih dan terpuruk melihat teman-teman sebaya yang sudah duluan menikah, mending melakukan hal yang lebih bermanfaat. Nah berikut 5 hal baik yang dapat kamu lakukan ketika belum bisa menikah.

1. Membahagiakan orangtua

5 Hal yang Sepatutnya Telah Kamu Lakukan Sebelum Menikahokolotfoto.ru

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah membahagiakan kedua orangtua. Mengapa? Karena yang selama ini selalu menyayangi kita dari sebelum lahir hingga sekarang hanya mereka. Begitu banyak hal yang telah mereka korbankan untuk membesarkan kita. 

Jika mereka masih hidup maka bahagiakan mereka, turuti keinginan mereka, bantu mereka dengan kemampuanmu. Jika mereka sudah tiada, maka terus doakan mereka, jadilah anak yang baik, karena anak yang baik akan menjadi istri atau suami yang baik. 

Malulah ketika kamu sudah cukup besar untuk mendapatkan uang tapi hal itu malah membuatmu mengabaikan mereka.

2. Mencari ilmu

5 Hal yang Sepatutnya Telah Kamu Lakukan Sebelum Menikahunsplash.com/Matthew Feeney

Hal kedua yang dapat dilakukan adalah mencari ilmu. Memang benar, ilmu berada di mana saja asal kita menjemputnya. Namun, bukankah seorang ibu itu madrasah pertama bagi anak anaknya kelak? Jika ibu yang menjadi madrasah pertamanya kurang ilmu bagaimana nasib anaknya kelak? Jika seorang suami sesat bukankah istrinya pun akan sesat? 

Jadi daripada buang-buang waktu meratapi jodoh yang belum terlihat pula, mending dihabiskan dengan mencari ilmu sebanyak-banyaknya, agar dapat menjadi manfaat untuk diri sendiri bahkan orang lain.

3. Bermain bersama teman

5 Hal yang Sepatutnya Telah Kamu Lakukan Sebelum Menikahunsplash.com/Nonresident

Percaya atau tidak, teman atau sahabat yang kita punya tidak akan selamanya menjadi prioritas kita. Waktu untuk hangout bersama teman akan berkurang drastis ketika menikah nanti. Dan buruknya jika tidak terjaga dengan baik, maka hubungan dengan teman bisa jadi akan berakhir. 

Maka selama masih ada waktu dan uang, bermainlah bersama, traveling bareng, menuntut ilmu bersama, curhat bareng, berantem bareng, dan hal lainnya yang pasti sayang untuk diabaikan.

Baca Juga: Sah, 10 Momen Akad Nikah Kevin Aprilio dan Vicy Melanie

4. Mampu menghasilkan uang

5 Hal yang Sepatutnya Telah Kamu Lakukan Sebelum Menikahunsplash.com/Bram Naus

Menikah juga seperti hal yang lain yang memerlukan biaya agar dapat terlaksana. Setelah menikah pun perku biaya untuk kebutuhan harian. Maka, tentu diperlukan sokongan biaya untuk untuk itu semua. Kamu tak bisa meminta uang lagi kepada orangtuamu karena memang sudah tidak pantas. Lalu, bagaimana caranya memenuhi kebutuhan harian ini? 

Jawabannya cukup pasaran, kamu hanya perlu untuk bekerja untuk dapat menghasilkan uang dan dapat memenuhi kebutuhan harian keluargamu. Jika kamu laki-laki, kamu tentu tahu kan menafkahi keluarga kecilmu itu wajib. Jika kamu perempuan, setidaknya dirimu tidak terlalu bergantung pada suamimu kelak di awal pernikahan bahkan dapat membantu suami dengan uangmu sendiri jika kamu telah dapat menghasilkan uang sendiri.

5. Menyayangi diri sendiri

5 Hal yang Sepatutnya Telah Kamu Lakukan Sebelum Menikahunsplash.com/Brooke Cagle

Sadar gak, kalau diri kita pun perlu yang namanya kasih sayang, tubuh kita perlu dirawat, dijaga, kita pun perlu traveling sendiri, melakukan hal yang bisa membuat diri bahagia dan tentunya tidak menyusahkan orang lain.

Hibur diri dengan hal baik, manjakan diri sesekali, istirahat sejenak, dirimu terlalu lelah untuk menghadapi semuanya sekaligus. Dan ingatlah, kamu gak sendiri, ada Tuhan yang selalu bersama kita dan di manapun kita berada. 

Menikah bukan berarti kamu tidak sayang orangtuamu, temanmu, dan dirimu. Menikah juga bukan berarti kamu tidak dapat melakukan hobi yang kamu sukai. Namun, jika memang masih belum bisa untuk menikah, maka jangan memaksa untuk menikah hanya karena orang di sekitarmu rata-rata sudah berumah tangga. 

Baca Juga: 7 Aplikasi Cari Jodoh Terbaik, Sudah Nikah Gak Usah Merapat!

Umi Khoiriyah Photo Writer Umi Khoiriyah

Ilmu adalah cahaya dan cahaya Allah tidak diberikan kepada pelaku maksiat. ~Imam Waki' bin Jarrah~ (Guru Imam Syafi'i)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya