Comscore Tracker

7 Cara Terbaik Menyayangi Pasanganmu yang Mudah Depresi

Jangan malah ditinggal kabur

Kalau sudah sayang, mau gimana pun kondisi pasanganmu, kamu akan menyayanginya. Meski begitu, mungkin gak mudah. Seseorang mengalami depresi karena merasakan stres yang gak kunjung usai. Jangka waktunya bisa dari bulanan, bahkan hingga tahunan. Lalu, sebagai pasangan, gimana cara terbaik untuk menyayanginya?

1. Jangan biarkan dia merasa kesepian. Meski begitu, bukan berarti kamu harus berada di sisinya terus-menerus

7 Cara Terbaik Menyayangi Pasanganmu yang Mudah Depresiunsplash.com/Milan Popovic

Orang yang depresi biasanya akan berpikir macam-macam. Peranmu adalah sebagai media untuknya bercerita. Pastikan dirimu ada saat dia butuh. Meski begitu, bukan berarti kamu harus bersamanya melulu. Pasti dia juga butuh waktu untuk sendiri.

2. Coba pahami depresi seperti apa yang dia alami

7 Cara Terbaik Menyayangi Pasanganmu yang Mudah Depresipixabay.com

Depresi bisa bermacam-macam. Bisa disebabkan oleh gangguan kecemasan atau trauma. Untuk itu, coba cari tahu apa yang terjadi dengannya. Kamu bisa bertanya langsung padanya atau mencari informasi dari keluarganya.

3. Jika kamu merasa dia gak kunjung membaik, ada baiknya kamu merujuknya ke psikiater atau psikolog

7 Cara Terbaik Menyayangi Pasanganmu yang Mudah Depresifamilysupport.org.uk

Depresi erat kaitannya dengan gangguan kejiwaan. Meski begitu kamu gak bisa menyempitkan maknanya sebagai “sakit jiwa”. Depresi adalah gangguan kejiwaan yang berat, namun sering terjadi di tengah masyarakat. Bisa saja manusia hidup dengan depresinya. Namun, jika gak kunjung pulih, kamu perlu waspada. Cobalah mengajaknya untuk memeriksakan diri atau berkonsultasi. Sampaikan padanya kalau wajar saja seseorang berkonsultasi pada profesional.

Baca Juga: 6 Kalimat ini Harus Diucapkan pada Pasangan Biar Gak Curigaan Terus

4. Menjalani hubungan dengan pasangan yang depresi itu berat. Namun, kamu harus punya kesabaran ekstra

7 Cara Terbaik Menyayangi Pasanganmu yang Mudah DepresiUnsplash/Almos Bechtold

Seorang yang depresi akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menyendiri dan memikirkan dirinya sendiri. Oleh sebabnya, kadang dia abai dan menjauh dari kehidupan sosial. Sebagai pasangan, kamu jangan justru meninggalkannya. Kamu perlu bersabar dan optimis bahkan dia akan pulih.

5. Kamu punya peranan besar untuk kesembuhannya

7 Cara Terbaik Menyayangi Pasanganmu yang Mudah Depresiindependent.co.uk

Meski depresi adalah penyakit kejiwaan yang kompleks, namun bukan berarti gak bisa pulih. Meski kamu hanya awam yang gak tahu banyak tentang penyakit kejiwaan, kehadiranmu sangat penting lho. Itu karena kasih sayang dan cinta sangat berarti untuk memulihkan kondisi orang-orang yang mengalami depresi.

6. Berikan dia semangat untuk tetap hidup

7 Cara Terbaik Menyayangi Pasanganmu yang Mudah Depresipixabay.com/sasint

Seseorang yang depresi kadang bisa tiba-tiba kehilangan semangat untuk beraktivitas, bahkan untuk hidup. Lebih parah lagi bahkan kadang merasa gak berguna dan berprestasi. Kalau sudah begitu, kamu bisa mulai menyemangatinya agar punya semangat hidup. Gak perlu muluk-muluk. Kamu bisa mulai mendengarkan ceritanya dan menyemangatinya untuk terus menggapai asa.

7. Libatkan dia dalam aktivitas yang dia suka

7 Cara Terbaik Menyayangi Pasanganmu yang Mudah DepresiPhoto by sept commercial on Unsplash

Untuk bertarung dengan pikiran-pikirannya yang depresif, kamu bisa mengajaknya melakukan beragam aktivitas yang dia suka, mulai dari seni hingga olahraga. Agar dia rutin melakukannya, kamu bisa turut serta menemaninya. Jadikan juga itu sebagai momen untuk mengeratkan hubungan kalian.

Bukan perkara mudah untuk menjadi pasangan dari seorang yang depresi. Namun, kalau kamu mau berusaha dan berdoa, niscaya dia akan membaik. Semua itu hanya perkara waktu. Bersemangatlah!

Baca Juga: Kenapa Stalking Pasangan di Media Sosial adalah Ide Buruk?

Topic:

  • Yudha
  • Tania

Just For You