Comscore Tracker

5 Cara Hadapi Pasangan yang Sedang Labil Saat PMS

Jangan sampai kamu ikut-ikut berantakan moodnya

Menstruasi atau datang bulan memang sudah menjadi fitrah wanita yang datang kurang lebih setiap bulan. Fakta ilmiah menunjukkan bahwa dalam fase ini perasaan hatinya tidak menentu atau lebih dikenal dengan mood swing. Hal ini disebabkan oleh proses peluruhan dinding rahim wanita dan perubahan hormon.

Nah, hal ini kadang tidak dipahami oleh para laki-laki. Pemahaman yang tepat jika pasanganmu sedang dalam fase ini justru akan menambah keharmonisan hubungan kalian, bro. Buat kamu yang bingung menghadapi wanita tercintanya, lima cara ini semoga membantu. 

1. Jangan malu untuk menanyakan kalender "tanggal merah"nya, agar bisa berjaga-jaga

5 Cara Hadapi Pasangan yang Sedang Labil Saat PMSflo.health

Salah satu bentuk perhatian yang terkadang tidak berani dilakukan laki-laki adalah  menanyakan apakah pasangan sedang dalam masa haid atau tidak. Padahal sebagai pasangannya, tidak apa-apa kamu mengetahuinya. Bukan hal yang tabu juga, bro, jadi santai saja. Anggap saja ini adalah pengetahuan baru untuk memahami pasanganmu. Dijamin, dengan kamu tau fase "tanggal merah" ini, kamu akan lebih bisa menyesuaikan diri. 

2. Berikan perhatian kepada pasangan, tapi tidak menuntut

5 Cara Hadapi Pasangan yang Sedang Labil Saat PMSpexels/leah-kelley-50725

Pada masa menstruasi, hormon estrogen akan turun dan progresteron anak naik, hal ini akan menyebabkan suasana hati mudah berubah dan sangat sensitif. Memberikan perhatian akan membuat pasanganmu semakin nyaman, namun ingat, jangan sampai berubah menjadi menuntut untuk kembali diperhatikan. Jika kamu menuntut dan dia lagi sensitif, bisa-bisa kamu didiamkan seharian, bro. Mengalah saja dulu ya jika pasanganmu sedang dalam masa ini. Tanyakan apa yang bisa kamu lakukan untuk dia agar tetap merasa nyaman dan memperoleh ketenangan hati. 

3. Jika dia emosi, tetap tenang dan jangan diambil hati

5 Cara Hadapi Pasangan yang Sedang Labil Saat PMSpexels/vera-arsic-304265

Terlalu sensitif, hal itulah yang kadang menjadi penyebab pertengkaran kecil bagi laki-laki yang tidak memahami. Jika wanita dalam fase ini marah, jangan sampai kamu ikut naik darah apalagi diambil hati dan membuat keputusan. Pastikan kamu terkendali, anggap saja si doi lagi gemes-gemesnya ingin diperhatikan.

Baca Juga: 7 Cara Sadarkan Pasangan Kalau Dia Lakukan Kesalahan

4. Jangan memaksakan untuk beraktivitas berat, jalan-jalan berdua yang melelahkan misalnya

5 Cara Hadapi Pasangan yang Sedang Labil Saat PMSpexels.com/@mali

Salah satu hal yang dialami wanita pada fase menstruasi adalah nyeri dan juga melemahnya daya tahan tubuh, sehingga terkadang "malas" untuk beraktivitas berat. Maka, sebagai pasangan yang baik, jangan sampai kamu mengajaknya kencan maupun jalan-jalan yang membutuhkan tenaga ekstra. Misalnya jalan berdua mendaki gunung. Bisa jadi dia mau bro, tapi diperjalanan kamu harus siap dengan segala perubahan perasaan dan kesensitifannya. 

5. Berikan si dia waktu me time, kamupun bisa mengisi waktu dengan hobimu

5 Cara Hadapi Pasangan yang Sedang Labil Saat PMSpexels.com/liam-anderson-411198

Kamu bisa memberikan waktu khusus bagi si doi untuk memanjakan diri atau tidak terganggu dengan ajakanmu. Nah, jika si doi sedang me time di fase ini, kamu jangan kecewa ya bro, lakukan saja hobimu agar kamu tidak bosan dengan tidak adanya kehadirannya. Jangan banyak menuntut untuk terus bersama bro.

Memang, dalam sebuah hubungan harus ada saling pengertian dan pemahaman. Termasuk hal yang "sepele" ini, jika tidak saling memahami bisa meruntuhkan hubungan. Bagi mas bro, sudah menjadi kewajiban untuk memahami fitrahnya wanita agar bisa memperlakukan dengan sebaik-baiknya. Semangat, bro!

Baca Juga: 8 Penyebab Hubungan Asmara Berakhir, Bukan Berarti Tidak Cocok

Vita Ayu Kusuma Dewi Photo Verified Writer Vita Ayu Kusuma Dewi

IG : @vitaakdewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You