Comscore Tracker

10 Cara Agar Gak Drama dengan Mantan, Justru Bakal Bikin Dia Kagum

Putus pun harus dipikir lho...

Semua orang menginginkan hubungan yang mulus sampai ke pernikahan. Tapi kalau bukan jodohnya, mau apalagi? Pasti ada saja masalah yang berujung pada putusnya hubungan. Itu pun sering dibumbui drama. Buat kamu yang baru aja putus, ini 10 cara agar kamu gak drama dengan mantanmu.

1. Tentukan batasan sejak kalian putus. Walaupun pasca putus rasanya gak pengin bahas apa-apa lagi, pasti ada hal yang terlanjur milik berdua

10 Cara Agar Gak Drama dengan Mantan, Justru Bakal Bikin Dia Kagumpixabay/kaboompics

Biasanya, orang putus ya putus aja. Gak ada bahasan apa pun saking sudah tidak tahan. Tapi alangkah baik putusnya kalian diikuti dengan obrolan baik-baik mengenai batasan-batasan tertentu. Misalnya saja, kalian punya bisnis bareng. Ketimbang langsung dihentikan mendadak, obrolkan apakah kalian pecah kongsi atau membuat penyesuaian manajemen. Atau contoh kecilnya seperti tidak usah telepon lagi sampai 3 bulan, kucing pemberian si cowok dikembalikan, dan lain sebagainya.

2. Jangan jadikan teman sebagai pelampiasan kesedihan pasca putus. Apalagi memintanya menjabarkan buruknya mantan dari A-Z

10 Cara Agar Gak Drama dengan Mantan, Justru Bakal Bikin Dia KagumPixabay/Leon_Ting

Curhat ke teman tentang betapa sedihnya kamu putus itu wajar-wajar saja. Tapi kalau kamu menjadikan temanmu pelampiasan untuk meluapkan amarah, itu sudah di luar batas. Meminta temanmu menjabarkan tentang buruknya mantan dari A-Z pun tak usah dilakukan. Bukannya cepat move on, kamu terngiang-ngiang terus dan jadi pendendam.

3. Bersabarlah dan tetap bersikap layaknya teman pada umumnya, walaupun reaksi mantan pasca putus kurang mengenakkan

10 Cara Agar Gak Drama dengan Mantan, Justru Bakal Bikin Dia KagumPixabay/StockSnap

Reaksi tiap cowok pasca putus bisa beda-beda. Ada yang bisa melampiaskan sedih ke arah positif. Sebagian lagi ada yang menjurus ke perbuatan annoying. Sebut saja curhat ke sosial media lalu menjelek-jelekkan dirimu. Percayalah, ini hanya emosi sesaat. Berilah ia waktu sampai tenang dan menghentikan semua kekalutannya.

4. Unfollow atau unfriend mantan dari media sosial boleh saja. Namun lebih baik untuk menyampaikannya sebelum muncul drama baru

10 Cara Agar Gak Drama dengan Mantan, Justru Bakal Bikin Dia KagumPixabay/JESHOOTScom

Unfollow atau unfriend mantan secara mendadak pasti menimbulkan tanya. Yang lebih buruk lagi, kalau mantan berpikir buruk yang terlalu jauh. Padahal niatmu cuma menenangkan diri dan beradaptasi dari status lama ke status baru. Karena itu, tak apa jika kamu sekedar mengirim pesan berisi maaf dan alasan kenapa kamu harus menjauhinya dari sosial media. Pasti dia mengerti dan tidak mengungkit-ungkit kok.

5. Jangan terlalu memamerkan pacar barumu, apalagi kalau kamu pacaran lagi dalam waktu singkat pasca putus

10 Cara Agar Gak Drama dengan Mantan, Justru Bakal Bikin Dia KagumPixabay/thetruthpreneur

Kalau lihat temanmu punya pacar baru gak lama setelah putus, apa yang kamu pikirkan? "Pasti putusnya karena selingkuh!" atau "Semudah itukah melupakan pacarnya dulu, seakan-akan ga ada artinya?" ada di dalam otakmu. Begitu pula mantan dan orang-orang melihatmu nanti. Efek lain yang mungkin timbul adalah rasa tersaingi dari mantan yang kamu tinggalkan.

Baca Juga: Mantan Bersumpah Gak Mau Balikan? Jangan Ngemis, Ikuti 6 Tips Jitu ini

6. Kalau ketemu, tidak usah pura-pura tidak kenal. Tidak perlu juga menanyakan apakah dia sudah punya pacar baru

10 Cara Agar Gak Drama dengan Mantan, Justru Bakal Bikin Dia Kagumpixabay/mihaifilipoaia

Akuilah saja jika kamu mengenal mantanmu dan memang dia pernah ada dalam hidupmu. Awkward kalau kamu sampai menyangkalnya. Menanyakan apakah mantan sudah punya penggantimu juga gak perlu! Dia bukan siapa-siapamu lagi sekarang dan masalah penggantimu pun bukan urusanmu lagi.

7. Produktiflah pasca putus. Kamu tentunya tak akan mau hidup berlarut-larut dengan masalah asmara yang sudah lewat bukan?

10 Cara Agar Gak Drama dengan Mantan, Justru Bakal Bikin Dia KagumPixabay/StartupStockPhotos

Ya! Produktif dengan segenap aktivitas positif itu sangat disarankan pasca putus. Gak cuma efektif buat melupakan kenangan indah di masa lalu, kamu juga bisa memantaskan diri. Sambil itu juga, kamu bisa menemukan orang-orang baru yang bisa jadi calon pacar baru.

8. Biarkan mantan move on dan punya hidup baru. Tak perlu kamu bilang "Ternyata kamu malah baik-baik tanpa aku ya?"

10 Cara Agar Gak Drama dengan Mantan, Justru Bakal Bikin Dia Kagumpixabay/Free-Photos

Seandainya mantanmu lebih cepat menemukan pacar baru, tidak usah gusar dan risau. Kamu seharusnya bahagia karena ia tak mau lagi mengusik dirimu. Biarkan dirinya juga bahagia. Berkata "Ternyata kamu malah baik-baik saja tanpa aku, ya!" justru menjadi cikal bakal boomerang dalam dirimu dan dirinya (bahkan dengan pacar barunya juga).

9. Karena sudah putus, jangan biarkan dirimu tetap berada dalam kuasa dan wewenangnya. Jika ia bersikukuh, mengganti nomor ponsel sah-sah saja

10 Cara Agar Gak Drama dengan Mantan, Justru Bakal Bikin Dia KagumPixabay/JESHOOTScom

Putus hubungan berarti kamu memulai hubungan dari 0 dengan mantan yang disebut "teman". Karena itu, pastikan yang ia lakukan selama jadi pacar tidak dilakukan. Dulu, ia bisa melarangmu bertemu cowok lain. Sekarang, kamu bebas menentukan. Kalau ia masih bersikukuh mengatur dan kamu menurut, pelan-pelan bisa jadi teror. Jika tanda ini sudah terlihat, ganti nomor ponsel dan memutuskan semua media dengannya sah-sah saja.

10. Jangan pernah melakukan hal-hal bodoh yang membuat mantan mengejarmu lagi dan jadi HTS yang berujung sakit kesekian kali

10 Cara Agar Gak Drama dengan Mantan, Justru Bakal Bikin Dia Kagumpixabay/StockSnap

Memancing mantan dengan kenangan indah nan lawas, sama saja dengan flirting terselubung. Kalau mantan terkena pancingan dan mau mengejarmu lagi, yang patut diwaspadai adalah terjadinya Hubungan Tanpa Status (HTS). Mantan masih mau, kamunya setengah-setengah atau malah ogah. Ujung-ujungnya sakit untuk kesekian kali dan drama lagi.

Ingat selalu 10 cara agar kamu gak drama dengan mantanmu di atas. Drama sama mantan itu gak cuma menguras pikiran, tapi juga tenaga. Masih banyak yang harus kamu urus di dunia ini selain drama sama mantan. Kamu gak mau kan cita-citamu jadi orang sukses terganggu karena urusan mantan gak kelar-kelar?

Baca Juga: 5 Alasan Cowok Sulit Move On Dari Mantan, Kamu Banget ya Bro?

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya