Comscore Tracker

5 Alasan Hindari Bertindak karena Emosi Sesaat, Sebelum Menyesal!

Hati-hati jadi salah langkah

Dalam bertindak, seseorang tentu harus berpikir dulu tentang apa yang akan dilakukan dan bagaimana dampak yang akan ditimbulkan. Namun, seringkali idealisme ini tak sejalan dengan realitas yang terjadi. Saat perasaan atau mood sedang tak enak, kita seringkali terjebak untuk mengikuti keputusan hanya berdasar pada emosi sesaat.

Emosi sesaat itu bisa memberi dampak negatif, baik bagi diri sendiri maupun dalam kehidupan bersosial dengan sekitar. Berikut lima alasan mengapa sebaiknya tidak bertindak atau mengambil keputusan hanya berdasar pada emosi sesaat. Simak, yuk!

1. Tidak memperhitungkan segala sesuatu

5 Alasan Hindari Bertindak karena Emosi Sesaat, Sebelum Menyesal!ilustrasi menentukan perencanaan (pexels.com/Startup Stock Photos)

Mengandalkan emosi sesaat ketika memutuskan sesuatu membuat kita mengabaikan pertimbangan-pertimbangan lainnya. Saat dilanda emosi, pikiran hanya terfokus pada bagaimana cara melampiaskan emosi tersebut agar terasa lega.

Akibatnya, seseorang kerap berpikir pendek dan tidak memperhitungkan bagaimana tindakannya dapat berpengaruh dalam banyak aspek di kehidupannya. Tentu berbeda saat kamu mengambil keputusan dengan kepala dingin dan memperhatikan setiap detail dampak dari tindakan yang kamu lakukan.

2. Menimbulkan kerugian

5 Alasan Hindari Bertindak karena Emosi Sesaat, Sebelum Menyesal!ilustrasi mengalami kerugian (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kurangnya perhitungan dalam bertindak akan berujung pada timbulnya kerugian yang harus dialami seseorang. Baik kerugian materiil ataupun immateriil, dua-duanya tentu tak ingin dirasakan oleh siapa pun.

Jika bertindak atas nama diri sendiri, mungkin kamu tak akan didera perasaan bersalah berkepanjangan, karena itu berkaitan dengan kehidupan pribadimu. Namun, lain cerita jika kamu ambil keputusan atas nama orang lain, misalnya karena jabatan dalam pekerjaan, di mana kamu memiliki tanggung jawab besar dalam hal-hal tertentu di dalamnya.

Baca Juga: Hindari Melakukan 6 Hal Ini saat Sedang Marah agar Tidak Menyesal

3. Hati-hati menemui penyesalan

5 Alasan Hindari Bertindak karena Emosi Sesaat, Sebelum Menyesal!ilustrasi wanita menyesal (pexels.com/Alex Green)

Setelah semua akibat pahit yang dirasakan, ujungnya pasti akan membuatmu merasakan penyesalan. Situasi ini akan membuatmu berandai-andai bagaimana jika saat itu kamu tidak bertindak gegabah dan terlalu termakan emosi.

Bagaimana jika kamu lebih pandai dalam me-manage emosi agar tidak menjadi korban dari emosi tersebut. Padahal, kenyataannya pengandaian tersebut tidak akan membawa pengaruh apa pun dan tidak akan juga membawa perubahan pada apa yang telah terlanjur kamu alami. 

4. Berpikir dalam situasi terdesak, menjadi abai terhadap logika

5 Alasan Hindari Bertindak karena Emosi Sesaat, Sebelum Menyesal!ilustrasi sedang berpikir (pexels.com/Vanessa Garcia)

Keadaan terdesak adalah salah satu situasi terburuk saat pengambilan keputusan. Dalam situasi tersebut, sangat terbuka peluang kita untuk salah langkah. Sebelum memutuskan sesuatunya, seharusnya kita memikirkan konsekuensi dari masing-masing pilihan yang akan diambil.

Namun, saat emosi sedang tidak stabil, kita akan abai terhadap hal-hal tersebut. Padahal, sejatinya mengedepankan logika agar tetap rasional akan meminimalisir masalah yang akan terjadi ke depannya. 

5. Kamu berpotensi kehilangan orang di sekitarmu

5 Alasan Hindari Bertindak karena Emosi Sesaat, Sebelum Menyesal!ilustrasi hubungan tidak harmonis (pexels.com/SHVETS production)

Saat emosi sedang tidak stabil, kita rawan bertindak ceroboh dan tidak terkontrol. Kata-kata apa pun bisa saja keluar tanpa tersaring terlebih dahulu. Akibatnya, orang lain bisa saja sakit hati saat mendengar apa yang kita ucapkan. Padahal, bisa saja itu hanya emosi sesaat dan kita tidak bermaksud demikian. Kita justru bisa dicap sarkas dan tidak memiliki empati yang berakhir dengan orang-orang menjauhi kita. Tenangkan diri agar tidak mengacaukan hubunganmu dengan orang-orang disekitar.

Saat emosi melanda, alangkah baiknya untuk menenangkan diri terlebih dahulu. Beri ruang hingga emosimu reda dan dirasa telah siap dengan segala tindakan dan pengambilan keputusan. 

Baca Juga: Hindari 5 Hal Ini saat Kuliah, Agar Tak Menyesal! 

Widi April Photo Verified Writer Widi April

just do what i want

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya