Comscore Tracker

5 Cara Menyiapkan Diri untuk Menyambut Cinta Baru setelah Tersakiti

Cintailah dirimu sendiri, sebelum mencintai orang lain

Jatuh cinta lagi setelah dikhianati oleh mantan yang sangat kamu percayai, memang susah. Sakit rasanya hati ini jika diminta mengulangi kejadian yang sama. Alhasil, kamu jadi menutup diri untuk datangnya cinta baru yang bisa saja jauh lebih baik dari mantanmu.

Jika memang seperti ini yang kamu rasakan, kamu jangan diam saja dan semakin jatuh dalam kesedihanmu. Kamu harus bisa move on, dan ucapkan terima kasih atas pengalaman yang sudah berhasil kamu lalui di masa lalu. Lakukan cara berikut ini untuk menyiapkan dirimu sebelum cinta baru datang. Kamu kuat, kamu pasti bisa!

1. Maafkanlah dirimu sendiri, dan maafkan semua yang pernah menyakitimu

5 Cara Menyiapkan Diri untuk Menyambut Cinta Baru setelah Tersakitiunsplash.com/Anthony Tran

Kamu tidak akan pernah bisa percaya pada cinta yang baru jika kamu sendiri tidak bisa memaafkan apa yang sudah pernah kamu lakukan. Alhasil, kamu cuma bisa menutup diri dan menghalangi kedatangan orang yang memang jodohmu, yang memang lebih baik dari hubungan sebelumnya.

Karena itu penting sebelum menyambut cinta baru, kamu sudah bisa memaafkan dirimu sendiri dan apa yang sudah pernah kamu lakukan. Dengan memaafkan dirimu sendiri, kamu sudah siap move on dan menulis kisah indah yang baru. Tidak berhenti di situ, maafkan juga siapa pun yang sudah pernah menyakitimu. Biar bagaimana juga, dari pengalaman tersebut kamu belajar banyak.

2. Masa lalu ya masa lalu, berterima kasihlah akan pelajaran yang sudah kamu dapat

5 Cara Menyiapkan Diri untuk Menyambut Cinta Baru setelah Tersakitiunsplash.com/Christin Hume

Ketika akan menjalani hubungan yang baru, sering kali masa lalu jadi patokan bagaimana kamu akan bertindak dan mengambil keputusan. Padahal jika menjalin hubungan baru, kamu akan berurusan dengan orang yang berbeda, sifat yang berbeda, serta cerita cinta yang berbeda.

Setelah tersakiti, kamu harus bisa mengatakan ke diri sendiri kalau masa lalu biarlah berlalu. Kamu juga harus bisa berterima kasih pada masa lalu tersebut, atas semua pelajaran yang sudah diberikan. Ambillah hal baik yang bisa kamu gunakan ke depannya, tapi tinggalkan semua kenangan sakit itu di belakang.

Baca Juga: 5 Tanda yang Isyaratkan Sudah Waktunya Kamu Pergi dari Hubungan Toxic

3. Setelah bisa memaafkan, kamu harus bisa mencintai dirimu sendiri

5 Cara Menyiapkan Diri untuk Menyambut Cinta Baru setelah Tersakitiunsplash.com/Raychan

Karena kalau bukan kamu yang lebih dulu memperhatikan dirimu sendiri, lalu siapa lagi? Jika kamu terus-terusan sedih, kamu tidak akan merawat badanmu. Kamu cuma mau bersembunyi di kamar, meratapi orang yang bahkan sudah meninggalkan luka yang dalam di hatimu. Jika memaksa memulai hubungan baru dalam kondisi seperti ini, dijamin deh hubunganmu tidak akan bertahan lama.

Karena itu sebelum menyambut cinta baru, kamu perlu mencintai dirimu sendiri terlebih dahulu. Dengan kita sayang pada diri kita sendiri, memberikan yang terbaik pada diri kita sendiri, dan bahagia dengan apa yang kita punya, tanpa sadar kita bisa menarik perhatian orang lho. Tak menutup kemungkinan juga, orang yang tertarik pada kita adalah jodoh yang selama ini kamu tunggu-tunggu.

4. Ubah pemikiran negatifmu menjadi yang positif

5 Cara Menyiapkan Diri untuk Menyambut Cinta Baru setelah Tersakitipexels.com/Chinmay Singh

Tubuh manusia itu sangat pintar. Coba perhatikan, jika kamu berpikir hal yang negatif terus, tanpa sadar kamu jadi mudah lemas, letih, dan mudah sakit. Namun jika kamu berpikir hal-hal yang positif, otomatis tubuhmu jadi lebih sehat, rona muka jadi lebih bahagia, dan melakukan apa pun jadi lebih semangat.

Untuk bisa menyambut cinta baru yang datang, jangan biarkan dirimu dipenuhi oleh pemikiran negatif hasil dari hubungan sebelumnya. Ingat, kamu menjalin hubungan dengan orang yang sangat berbeda dari karakter. Berarti, kamu tak perlu membanding-bandingkan dirimu dengan hubungan yang dulu. Buang semua hal negatif itu dalam pikiranmu.

5. Bersenang-senanglah, karena kamu berhak bahagia!

5 Cara Menyiapkan Diri untuk Menyambut Cinta Baru setelah Tersakitiunsplash.com/Franciele Cunha

Setelah semua hal menyakitkan yang sudah kamu lalui, kamu berhak sekali untuk bahagia. Berhasil move on dalam hubungan tak sehat itu memang sudah, namun jika sukses kamu perlu menghadiahi dirimu sendiri.

Dalam hubungan yang baru ini, tak perlu lagi menargetkan pasangan yang sempurna itu harusnya seperti apa saja. Namun sebaliknya, jadilah dirimu sendiri dalam hubungan. Tunjukkan dengan jelas apa kegiatan apa yang kamu suka. Carilah orang yang menghargai hal yang sama denganmu. Lagi pula jika kamu tidak bisa jadi diri sendiri saat menjalani suatu hubungan, kamu tidak akan pernah nyaman bukan?

Jangan pernah biarkan masa lalu dan romansa yang menyakitkan itu mendikte dirimu dalam menjalani cinta yang baru. Kamu harus bisa bangkit dan move on dari ini semua. Karena kalau bukan dari kamu sendiri yang mau melakukannya, siapa lagi yang bisa.

Baca Juga: 6 Cara untuk Tegar Setelah Penolakan, Yuk Move On!

Winnie Hw Photo Community Writer Winnie Hw

We like to party, yeah yeah yeah~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You