Comscore Tracker

5 Pemikiran yang Perlu Kamu Punya Setelah Putus dari Tunanganmu

"Tak masalah, aku berhak untuk bahagia"

Meski sudah bertunangan, belum menjamin apakah hubungan itu akan sampai di jenjang pernikahan. Dan ketika hubungan itu putus di tengah jalan, tentu setiap orang punya pertimbangan masing-masing. Siapa tahu jika dipaksa sampai menikah, justru hubungan itu akan menjadi tidak bahagia dan berakhir dengan perceraian. Lebih parah bukan?

Nah jika kamu termasuk salah satu orang yang baru saja putus dari tunanganmu, berikut pemikiran yang perlu kamu punya. Jangan khawatir, setiap orang punya jalan ceritanya masing-masing. Jangan menyalahkan dirimu sendiri, justru kamu harus bersyukur sudah mengetahuinya sekarang.

1. "Jalan ini adalah jalan yang paling tepat untuk kita berdua"

5 Pemikiran yang Perlu Kamu Punya Setelah Putus dari Tunanganmuunsplash.com/Lucas Sankey

Putus setelah tunangan bukanlah salah siapa pun, baik kamu atau tunanganmu. Ingat apa pun yang terjadi, kamu sudah mengambil keputusan yang tepat untuk dirimu sekarang ini. Kamu memprioritaskan kebahagiaanmu, dan kesehatan mentalmu di masa depan.

Kamu tak perlu malu, ingatlah bahkan jalan ini merupakan jalan tengah yang terbaik untuk kalian berdua. Seiring berjalannya waktu, kamu bisa sembuh dan akan kembali menyambut cinta yang baru.

2. "Kamu tak perlu malu karena mengikuti kata hatimu"

5 Pemikiran yang Perlu Kamu Punya Setelah Putus dari Tunanganmurawpixel.com

Setelah putus, setiap orang pasti punya sejuta pertanyaannya masing-masing. Ada yang mengerti, ada yang memaksa bahwa apa yang kamu lakukan itu salah. Dan perlu diingat, kamu tidak berutang budi pada mereka. Jadi tak masalah, kamu tidak perlu mengikuti apa pun pendapat orang itu.

Ikutilah kata hatimu sendiri, dan kamu tak perlu malu karenanya. Kamu sendiri yang memutuskan seberapa besar kamu ingin bahagia, dan kamu sendiri yang memutuskan orang dalam inner circle-mu. Jadi ketika mereka mendukung keputusanmu, jalani saja tidak perlu takut lagi.

Baca Juga: 5 Ciri Ini Buktikan Kalau Kamu Sudah Putus Asa Soal Cinta

3. "Aku bangga sama diriku sendiri karena berani jujur"

5 Pemikiran yang Perlu Kamu Punya Setelah Putus dari Tunanganmuunsplash.com/Christin Hume

Kejujuran itu merupakan suatu yang susah didapat, dan harganya mahal. Jadi ketika kamu berani jujur pada keadaanmu, berbanggalah. Mengatakan hal sejujurnya tidak membuatmu menjadi orang jahat, justru kamu akan dilihat sebagai orang berani. Dan kamu harus bangga, karena kamu tidak membiarkan dirimu tersiksa.

Tidak semua hal yang terjadi sekarang ini akan memberimu mimpi buruk. Kamu justru akan makin bertumbuh dengan pengalaman ini. Kamu jadi tahu mana yang baik dan buruk menurut intuisimu, dan kamu jadi bisa melakukan apa yang tepat untuk kebaikanmu.

4. "Bukan masalah besar kalau tak semua orang mengerti keputusanku ini"

5 Pemikiran yang Perlu Kamu Punya Setelah Putus dari Tunanganmuunsplash.com/Priscilla Du Preez

Kamu tidak perlu kok mencari kebenaran tentang keputusanmu ini dari semua orang yang ada di sekitarmu. Karena percayalah, semua orang pasti punya pandangannya masing-masing. Yang ada, mereka malah memaksakan pendapatnya kepadamu. Yang tahu hal yang paling tepat untuk dirimu, adalah dirimu sendiri.

Tidak perlu meminta semua orang mengerti keputusanmu. Karena jujur, hal ini pasti akan sulit dilakukan oleh siapa pun. Pergilah ke keluargamu, mintalah dukungan dari mereka. Setelah ini semua selesai, pergilah jalan-jalan. Nikmati hidupmu dulu sebelum menyambut cinta baru.

5. "Semua akan baik-baik saja, aku berhak untuk bahagia"

5 Pemikiran yang Perlu Kamu Punya Setelah Putus dari Tunanganmuunsplash.com/Raychan

Kamu layak untuk bahagia, kamu layak untuk mendapatkan cinta yang jujur. Kamu juga layak untuk mendapatkan hubungan yang setara dan saling menghargai. Ingat kamu berharga, dan pada waktunya nanti, kamu bisa menemukan semua yang kamu cari.

Semua hal buruk yang terjadi padamu akan lewat, dan kamu bisa bertahan untuk melewatinya. Walau mungkin terdengar susah untuk dilakukan, percayalah kamu sendiri akan tahu langkah terbaik yang bisa kamu lakukan sekarang. Karena semua akan selesai dengan baik-baik saja.

Memang bahkan dari keluarga, tak semua orang bisa mengerti keputusanmu. Tapi mereka tak bertanggung jawab akan kebahagiaan. Jadi kalau memang putus setelah kamu menemukan beberapa hal ketidaknyamanan dalam tunanganmu, tak masalah. Jauh lebih baik tahu sekarang dari pada kamu sudah menahan diri dan berharap dia berubah.

Baca Juga: 10 Ucapan Pengumuman Tunangan untuk Caption Instagram, Bikin Meleleh

Winnie Hw Photo Verified Writer Winnie Hw

We like to party, yeah yeah yeah~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya