Comscore Tracker

4 Tanda Hubunganmu dengan Pasangan Tidak Sehat Menurut Psikologi

Agar hubunganmu bisa dipertahankan

Hubungan dengan pasangan biasanya dimulai dengan banyak hal yang indah dan menyenangkan sehingga kalian memutuskan untuk bersama. Banyak alasan sesorang memutuskan untuk menghabiskan hidup bersama pasangannya. Mungkin karena perasaan atau kecocokan satu sama lain.


Namun tak jarang alasan-alasan tersebut menghilang seiring waktu. Setelah dijalani, ternyata banyak hal yang menimbulkan perselisihan. Perasaan cinta saja tidak bisa diandalkan dan ternyata bisa redup. Ternyata banyak ketidakcocokan yang muncul seiring waktu sehingga membawa hubunganmu menjadi tidak sehat.

Menurut Dr. John M Gotmann, seorang psikolog yang mendalami ilmu tentang hubungan pernikahan, terdapat 4 tanda bahwa hubunganmu dengan pasangan sedang tidak baik-baik saja. Simak penjelasan berikut.

1. Sering mengkritik pasangan

4 Tanda Hubunganmu dengan Pasangan Tidak Sehat Menurut Psikologiwww.pexels.com/ Vera Arsic

Jika kamu dan pasangan sering mengkritik satu sama lain mungkin hubunganmu sedang bermasalah. Dalam hal ini kritik ditujukan untuk karakter dan individu pasangan, bukan pada perilakunya. Kritik bisa saja bersifat membangun dan membuat pasangan berubah lebih baik jika disertai dengan solusi dan saran.

Kritik tidak akan membangun bahkan bersifat merendahkan jika ditujukan kepada pasangan secara individunya.  Misalnya menyebut pasangan egois, tidak memikirkan orang lain, dll. Lebih baik sampaikan langsung perilaku mana dari pasanganmu yang tidak kamu suka dan seharusnya seperti apa. Kritik yang tidak membangun dan dilakukan terus-menerus justru akan membuat pasangan merasa dijatuhkan dan direndahkan.

2. Sikap merendahkan pasangan

4 Tanda Hubunganmu dengan Pasangan Tidak Sehat Menurut Psikologigoodscooter.com

Merendahkan pasangan bertujuan untuk membuat pasangan merasa tidak berguna dan membuat diri sendiri lebih hebat. Sikap merendahkan bisa berupa perkataan yang tidak pantas, menganggap pasangan tidak mampu berbuat sesuatu, tidak respek, menyindir, atau memberikan senyum dan tatapan sinis.


Sikap merendahkan tentu saja akan membuat pasangan sedih dan marah. Jika tidak segera diperbaiki maka bisa saja hubunganmu akan segera kandas.

3. Defensif

4 Tanda Hubunganmu dengan Pasangan Tidak Sehat Menurut Psikologiwww.focusonthefamily.com

Sikap defensif adalah sikap tidak merasa bersalah dan cenderung menyalahkan orang lain, bahkan menyalahkan pasangan untuk suatu kesalahan. Sikap defensif bisa muncul sebagai respon dari sebuah kritikan. Namun bisa juga karena merasa selalu benar dan tidak mau mengakui kesalahan seakan-akan dirinya tidak terlibat terhadap masalah atau konflik yang sedang mereka hadapi.


Selalu menyalahkan keadaan atau pasangan akan membuat pasangan marah. Jika sama-sama tidak mau mengalah dan saling menyalahkan maka hal itu akan memperburuk hubungan. Dan bisa saja menjadi penyebab berakhirnya hubungan dengan pasanganmu. Jadi lebih baik saling introspeksi diri dan tidak malu untuk minta maaf jika melakukan kesalahan.

Baca Juga: Ini Tanda Kalau Kamu Ada di Kondisi Verbally Abusive Relationship

4. Tidak peduli

4 Tanda Hubunganmu dengan Pasangan Tidak Sehat Menurut Psikologirmn.ph

Sikap tidak peduli dan memilih menjauh dari pasangan bisa disebabkan oleh ketiga hal di atas. Pasangan yang terus mengkritik, merendahkan dan selalu menyalahkan akan membuat seseorang memilih menjauh. Sikap tidak peduli ini bisa berupa pura-pura sibuk atau menghindari pasangan.


Sikap tidak peduli bisa menjadi kebiasaan yang tidak baik untuk hubungan kalian dan sulit untuk dihilangkan. Jika kamu dan pasangan sedang menghadapi suatu konflik  dan merasa sangat marah dan jenuh lebih baik minta waktu kepada pasanganmu untuk meredamkan emosi. Pergilah keluar sejenak atau lakukan hal yang bisa menenangkan pikiranmu. Jika kamu sudah merasa tenang kamu bisa kembali untuk berdiskusi dengan pasanganmu dengan kepala dingin.


Itulah 4 tanda bahwa hubunganmu dengan pasangan sedang tidak baik-baik saja.  Coba kamu renungkan apakah ada tanda tersebut pada hubunganmu? Jika ada maka segera perbaiki agar hubunganmu tidak memburuk dan bisa dipertahankan.

Baca Juga: 5 Bukti Kamu Sudah Melewati Fase Hubungan dengan Ujian Terberat

Wiwit Widiastuti Photo Verified Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 12:00:04

Progress: 766.383 dari 813.350 TPS (94.22549%)

Just For You