Comscore Tracker

6 Tanda Pasanganmu Punya Trust Issue Menurut Ahli

Apakah pasanganmu sering curiga?

Trust issue atau masalah kepercayaan adalah kondisi di mana seseorang sulit untuk percaya kepada orang lain. Trust issue bisa terjadi kepada keluarga, teman, bahkan pasangan. Hal ini biasanya merupakan suatu bentuk trauma terhadap masa lalu, misalnya masa kecil yang tidak bahagia dan pernah dibohongi atau dikhianati oleh seseorang.

Kepercayaan merupakan hal terpenting dalam menjalani rumah tangga. Jika tidak ada rasa percaya maka hubungan dengan pasangan akan mudah goyah. Dilansir dari laman bustle seseorang yang memiliki masalah kepercayaan memiliki beberapa tanda. Berikut tanda pasanganmu memiliki trust issue menurut ahli.

1. Selalu memeriksa HP milikmu

6 Tanda Pasanganmu Punya Trust Issue Menurut Ahlifreepik.com

Melihat HP pasangan bukan hal yang salah. Bahkan kebanyakan pasangan suami-istri saling mengetahui kata kunci HP pasangannya. Namun jika pasanganmu terlalu sering memeriksa HP milikmu bisa jadi dia memiliki trust issue terhadapmu.

Jika pasanganmu selalu memeriksa HP milikmu bisa jadi dia tidak mempercayaimu. Apalagi jika dia memeriksanya secara diam-diam lalu kamu memergokinya. Biasanya pasanganmu akan melihat dengan siapa kamu berinteraksi. Apakah kamu berselingkuh atau dekat dengan mantan.

2. Pasanganmu terlalu banyak bertanya

6 Tanda Pasanganmu Punya Trust Issue Menurut Ahliwww.focusonthefamily.com

Biasanya ketika pasangan pulang dari suatu tempat maka kamu akan menanyakan dari mana dan dengan siapa. Hal itu wajar saja dan merupakan bentuk peduli. Namun jika pasanganmu bertanya seperti menginterogasi dan setiap jawaban yang kamu berikan ditanyakan lagi mungkin dia sudah mulai tidak percaya kepadamu.

3. Selalu memastikan kebenaran perkataanmu kepada orang sekitar

6 Tanda Pasanganmu Punya Trust Issue Menurut Ahliquadient.com

Jika pasanganmu selalu menanyakan kepada temanmu apakah benar kamu bersama temanmu tersebut maka itu merupakan tanda bahwa pasanganmu tidak mempercayaimu. Kamu sudah memberi tahu akan pergi ke mana dan dengan siapa. Lalu pasanganmu tidak percaya dan harus memastikan sendiri bahwa kamu tidak berbohong.

Baca Juga: 6 Masalah Hubungan yang Sebaiknya Gak Kamu Ceritakan ke Temanmu

4. Selalu memeriksa keuanganmu

6 Tanda Pasanganmu Punya Trust Issue Menurut Ahliclipdealer.com

Saling terbuka terhadap masalah keuangan kepada pasangan merupakan hal yang normal. Bahkan dalam kehidupan pernikahan justru dianjurkan untuk membuat anggaran keuangan bersama. Namun jika pasanganmu selalu memeriksa saldomu dan menanyakan untuk apa saja pengeluaranmu mungkin dia curiga kepadamu. 

5. Menjaga jarak denganmu

6 Tanda Pasanganmu Punya Trust Issue Menurut Ahliwww.pexels.com/ pixabay

Tidak percaya dan merasa curiga akan membuat seseorang menjauh. Begitu juga dengan pasangan, jika pasanganmu menjaga jarak darimu kamu harus waspada, mungkin dia kehilangan kepercayaan terhadapmu. Termasuk dalam berhubungan intim, bisa jadi pasanganmu akan menolak ajakanmu.

6. Kamu merasa dikontrol oleh pasanganmu

6 Tanda Pasanganmu Punya Trust Issue Menurut Ahliwww.pexels.com/ Vera Arsic

Pada beberapa kasus, trust issue bisa berefek lebih luas lagi. Pasanganmu bisa saja mengontrolmu dengan membatasi siapa saja yang boleh kamu temui atau kemana kamu boleh pergi. Hal ini terjadi karena dia tidak cukup percaya kepadamu dan curiga jika kamu selingkuh.

Jika pasanganmu menunjukan tanda-tanda di atas mungkin pasanganmu mempunyai trust issue. Segera komunikasikan dengan pasangan dan cari jalan keluarnya ya, jika perlu temui profesional untuk membantu.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Menikah tanpa Prosesi Adat Itu Gak Masalah!

Wiwit Widiastuti Photo Verified Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You