Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Cowok Kadang Kurang Peka dan Pelupa Setelah Menikah

Jangan berharap seperti pacaran terus...

"Setelah nikah, kenapa ya dia kayak patung. Apa-apa harus dikodein terus. Rasanya capek!" Salah satu teman sempat berkeluh kesah seperti ini.

Apakah kalian juga pernah merasakan hal yang sama? Rasa-rasanya sebelum menikah dia begitu manis dan peka dengan semua kehidupanmu. Tetapi setelah menikah, perlahan perlakuan manis itu kian terasa jarang dilakukan dan kehidupan asmara kalian terasa hambar setiap harinya.

Jangan berpikiran yang aneh-aneh dulu, tidak selamanya rasa kurang peka dan pelupa itu adalah tanda-tanda dia tidak sayang lagi sama kamu. Dalam pernikahan, perubahan sikap seringkali terjadi antara suami istri. Bahkan bisa jadi perubahan sikap itu berbalik menjadi 180% dari sebelum menikah.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, tetapi jika kamu merasakan sang suami menjadi kurang peka dan pelupa, cobalah untuk mengkoreksi diri terlebih dahulu. Penting sekali untuk tidak langsung menyalahkan. Mungkin selama ini kamu yang kurang mengerti keadaannya seperti 5 hal berikut ini!

1. Setelah menikah cowok memiliki tanggung jawab lebih dari 2 keluarga

5 Alasan Kenapa Cowok Kadang Kurang Peka dan Pelupa Setelah Menikahpixabay/Anemone123

Tahukah kamu bahwa tangung jawab seorang cowok itu tidak terbatas pada satu keluarga saja. Tetapi bisa mencapai tiga keluarga sekaligus. Selain keluarga intinya bersama istri, dia juga memiliki keluarganya sendiri bersama orang tua dan saudara kandung. Serta keluarga dari pihak istri yaitu mertua dan saudara ipar.

Keterikatan seorang cowok terhadap tiga keluarga secara sekaligus membuatnya terjebak dan lupa untuk memberikan perhatian khusus kepada pasangannya yang ada di rumah. Tanggung jawab besar yang diemban seseorang terkadang memaksanya untuk membagi perhatian terhadap semua pihak. Hal inilah yang membuatnya kurang peka dan menjadi pelupa saat di sampingmu.

2. Pekerjaan yang melelahkan membuat cowok butuh me time dan waktu nongkrong bersama teman-temannya

5 Alasan Kenapa Cowok Kadang Kurang Peka dan Pelupa Setelah Menikahpixabay/StartupStockPhotos

Setelah seharian bekerja, yang diinginkan oleh cowok biasanya hanya istirahat yang panjang. Dia merasa pikiran dan tubuhnya lelah dan berhak untuk mendapatkan istirahat yang nyaman di rumah. Hal inilah yang membuat cowok terkadang kurang peka dengan situasi rumah, ditambah dengan daya ingatnya yang berkurang karena terlalu sibuk mengurusi pekerjaan.

3. Suasana rumah yang tidak nyaman membuat cowok kurang sreg dan tidak bersemangat memberi perhatian

5 Alasan Kenapa Cowok Kadang Kurang Peka dan Pelupa Setelah Menikahpixabay/PDpics

Cowok akan tersentuh dengan kelembutan yang penuh kehangatan. Dia akan berubah peduli dan peka dengan sesuatu yang menyenangkan hatinya. Karena itu cobalah untuk membuat suasana rumah yang nyaman dan penuh keceriaan agar dia bersemangat untuk bergabung dan tertarik untuk memberimu perhatian.

Baca Juga: Berdasarkan Zodiak, Apa Kamu akan Menikah di Tahun Ini?

4. Daripada bermain kode, cowok lebih suka diberi penjelasan detail agar dia paham keinginan pasangannya

5 Alasan Kenapa Cowok Kadang Kurang Peka dan Pelupa Setelah Menikahpixabay/rawpixel

Setelah menikah, buanglah angan-angan bahwa pasanganmu adalah orang yang paling pengertian sedunia. Dia mungkin akan segera paham dengan keinginanmu sama persis sebelum kalian menikah dulu. Namun situasinya mungkin berbeda setelah kalian menikah karena banyak yang dipikirkan. Dia merasa malas untuk menebak-nebak kode yang kamu berikan.

5. Merasa memiliki prioritas yang lebih penting selain dirimu

5 Alasan Kenapa Cowok Kadang Kurang Peka dan Pelupa Setelah Menikahpixabay/Pexels

Mungkin yang terakhir kamu perlu waspada. Prioritas yang seperti apa yang membuat cowok kurang peka dan pelupa saat di rumah? Jika dia adalah pekerja keras yang memiliki disiplin penuh, maka bisa jadi prioritas pekerjaannya jauh lebih penting dari dirimu. Namun bukan berarti dia tidak sayang kepadamu.

Baginya pekerjaan sama pentingnya diperjuangkan persis seperti memperjuangkanmu dulu. Kamu hanya perlu mencari tahu apa prioritas suami agar lebih memahami dan mengerti dirinya.

Perubahan sikap dalam berumah tangga itu biasa. Masing-masing pihak akan bereaksi dalam situasi yang berbeda. Sama seperti sikap seorang cowok di saat sebelum menikah dan setelah menikah. Hanya saja, penting untuk kalian menanamkan sikap saling menghargai dan saling mengerti dalam berumah tangga.

Baca Juga: Jangan Malu, Bro! Ini 5 Tips Sederhana PDKT Cewek Buat Cowok Introvert

Yenny Anggrainy Photo Community Writer Yenny Anggrainy

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You