Comscore Tracker

5 Alasan Mantan Masih Bersikap Baik Padamu, Gak Melulu Cinta

Fokus move on, jangan terbawa perasaan

Mantan masih sering bertanya kabar? Atau masih tampak perhatian dengan hidupmu? Eits, jangan salting dulu, semua hal tersebut dia lakukan belum tentu karena masih mencintaimu. Jangan lupa bahwa gak semua kebaikan itu bisa dihubung-hubungkan dengan perasaan cinta. 

Bukan mau menghancurkan espektasimu, tetapi berharap lebih kepada kebaikan seseorang akan membuatmu rentan merasa kecewa di kemudian hari. Biar kamu gak duluan berpikir aneh-aneh, berikut lima alasan mengapa mantan masih baik padamu meski hubungan kalian kandas di tengah jalan. 

1. Kamu sudah dianggapnya seperti keluarga

5 Alasan Mantan Masih Bersikap Baik Padamu, Gak Melulu Cintailustrasi pasangan berbincang (pexels.com/cottonbro)

Jika hubunganmu dengan mantan berlangsung dalam waktu yang lama, wajar rasanya jika perpisahan gak lantas membuat hubungan kalian renggang. Apalagi jika sudah saling mengenal dua keluarga, pasti biarpun sudah putus tetap gak bisa lepas sepenuhnya. Mungkin statusnya bukan lagi pacar, tetapi lebih seperti saudara yang saling mendukung satu sama lain. 

Gak perlu canggung jika mantanmu masih baik padamu usai kalian berpisah. Selama gak ada yang merasa terusik dan keberatan, gak ada salahnya kok kalau tetap berhubungan baik satu sama lain. Toh, kalau kalian gagal menjadi jodoh, kalian tetap bisa berhasil menjadi teman baik atau saudara 'kan? 

2. Dia memang tipe yang baik kepada semua orang

5 Alasan Mantan Masih Bersikap Baik Padamu, Gak Melulu Cintailustrasi pertemanan (pexels.com/Creative Vix)

Jangan dulu kegeeran jika mantanmu masih bersikap baik usai kalian putus. Bisa jadi mantanmu melakukan hal tersebut karena dia memang tipe yang gak tegaan dan baik ke semua orang. Kepribadiannya membuatnya memerlakukan orang sekitarnya dengan perlakuan yang sama gak peduli baik jahatnya orang tersebut. 

Sebelum larut dalam perasaan yang ternyata cuma khayalanmu sendiri, ada baiknya kamu lihat lagi sebenarnya mantanmu baiknya cuma padamu atau ke semua orang. Nanti kamu sudah baper, ternyata mantanmu gak punya perasaan yang sama. Udah deh, kurang-kurangin kegeerannya! 

Baca Juga: 5 Perkataan yang Harus Dihindari agar Hubungan Asmaramu Gak Berantakan

3. Dia mampu berpikir dewasa dan gak mengedepankan emosinya

5 Alasan Mantan Masih Bersikap Baik Padamu, Gak Melulu Cintaperempuan merenung (pexels.com/Karolina Grabowska)

Gak banyak orang yang mampu bersikap baik dengan mantan usai hubungannya berakhir pilu. Terlebih jika berakhirnya hubungan harus melewati kisah perselingkuhan atau kekerasan. Namun, jika mantanmu masih bersikap baik padamu usai drama demikian, itu artinya dia adalah orang dewasa yang bisa mengelola emosinya. 

Mungkin kelakuanmu di masa lalu memang melukai hatinya, tetapi itu di masa lalu. Mereka yang berpikir dewasa gak akan menyimpan kemarahan terlebih dendam hingga ke masa depan. Mereka cenderung memilih untuk berdamai agar hidupnya jauh lebih tenang dan bahagia.  

4. Dia sudah memaafkan dan menganggap kisah kalian sebatas pelajaran hidup

5 Alasan Mantan Masih Bersikap Baik Padamu, Gak Melulu Cintaperempuan melamun (pexels.com/José Luis Photographer)


Sudah memaafkan dan mengikhlaskan adalah salah satu penyebab mantan masih bisa bersikap baik padamu meski kalian sudah putus. Dengan benar-benar memaafkan, mantanmu dapat mengambil pelajaran dari kisah kalian. Alih-alih mengenangnya sebagai hal buruk, dirinya memilih menjadikan kisah kalian sebagai indikator untuk lebih baik dalam menjalin hubungan ke depannya.  

Lagipula tujuan dari menjalin hubungan 'kan untuk bahagia bersama, jika salah satunya gak merasa bahagia lantas untuk apa dipaksakan bukan? Kalaupun putusnya karena suatu hal yang gak nyaman, harusnya kita gak perlu menyimpan dendam atau menjelek-jelekkan mantan di depan banyak orang. Doakan saja mantanmu bahagia dengan pilihannya dan jemput bahagiamu dengan jalan yang berbeda. 

5. Ada sisi positifmu yang membuatnya tetap nyaman berteman

5 Alasan Mantan Masih Bersikap Baik Padamu, Gak Melulu Cintailustrasi perempuan dan laki-laki tersenyum (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Gak selamanya mantan baik padamu karena mereka masih menyimpan rasa. Bisa jadi mereka tetap baik karena mengidolakanmu dalam segi kemampuan. Kemampuan yang beragam jadi daya tarik tersendiri dalam menjalin hubungan pertemanan maupun percintaan. 

Selama kamu paham batasan dan gak menyakiti hati siapapun, sebenarnya berteman baik dengan mantan boleh-boleh saja. Terlebih jika mantanmu punya banyak kemampuan positif, kamu juga jadi bisa belajar banyak hal darinya bukan? Meski begitu kamu juga harus benar-benar memastikan bahwa gak ada rasa cinta yang masih dibungkus dalam diam.

Mulai besok gak perlu jutek kalau mantan tiba-tiba menanyakan kabarmu lewat chat. Balas saja chat-nya layaknya teman biasa yang gak punya masalah apa-apa. Jika kamu sudah benar-benar ikhlas dan move on, harusnya kamu yakin percakapanmu dengan mantan gak akan pernah membuatmu jatuh cinta kembali.

Sekarang coba tanya ke hatimu, deh! Sebenarnya kamu sudah move on atau cuma pura-pura melanjutkan hidup, nih? 

Baca Juga: 5 Tanda Hubungan Kamu dan Pasangan Direstui Calon Mertua

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya