Comscore Tracker

5 Alasan Sekarang Kamu Bisa Bersikap Santai kepada Mantan Terindahmu

Karena yang indah juga bisa kedaluwarsa

Yang namanya sudah jadi mantan memang gak layak bersanding dengan kata "terindah", sih! Namun, gak bisa kamu pungkiri bahwa pasti ada satu dua orang mantanmu yang pernah membuatmu begitu sedih saat hubungan kalian harus berakhir. Terlepas mantanmu memang bersifat baik atau pura-pura baik, nyatanya kamu juga gak bisa melawan kenyataan bahwa kamu dan dia pernah bermimpi hidup bersama. 

Setelah beberapa waktu berlalu, kamu pernah gak bertemu mantan terindahmu itu lagi? Jika pernah, apakah kamu bisa bersikap santai padanya? Jika iya, mungkin lima hal ini yang jadi alasannya. Penasaran apa saja? Simak sampai akhir, ya! 

1. Kamu sudah bisa menerima keadaan

5 Alasan Sekarang Kamu Bisa Bersikap Santai kepada Mantan Terindahmuilustrasi perempuan melamun (pexels.com/José Luis Photographer)

Salah satu alasan yang membuatmu bisa bersikap santai saat bertemu dengan mantan adalah kamu sudah mampu menerima keadaan. Penerimaan membuatmu bisa berlapang dada atas perpisahan yang kalian alami. Alhasil saat bertemu dia lagi, kamu hanya akan menganggapnya seperti bertemu teman lama saja. 

Beda cerita jika kamu menyimpan dendam atau sakit hati berkepanjangan. Bisa saja hari ini kamu masih berkutat dengan kegalauan dan benci yang memenuhi dadamu. Kalau sudah begini, bagaimana bisa kamu bersikap santai jika bertemu mantan?

Alih-alih santai, rasa sakit hatimu bisa saja membuatmu amat gugup dan canggung saat gak sengaja bertemu dengannya. 

2. Kamu sudah berjalan maju

5 Alasan Sekarang Kamu Bisa Bersikap Santai kepada Mantan Terindahmuilustrasi perempuan berjalan (pexels.com/Dziana Hasanbekava)

Sikap santaimu bisa jadi tanda bahwa kamu sudah berjalan maju. Kamu sudah meninggalkan gagalnya kisah asmaramu di belakang. Kamu gak lagi menyesali keadaan dan berharap waktu bersamanya bisa terulang. 

Gak semua orang lho mampu berjalan maju usai kisah cintanya dengan mantan terindah kandas begitu saja. Bahkan ada orang yang tampak terus berprogres tetapi hatinya masih terjebak dalam nostalgia.

Gak sedikit pula yang terpuruk dan menghentikan langkahnya dalam segala hal hanya karena kisah cintanya berujung pada jurang perpisahan.

Jadi, kalau kamu sekarang bisa bersikap santai saat bertemu mantan, itu artinya kamu juga sudah bergerak jauh dari lukamu kemarin, nih! Selamat, ya! 

Baca Juga: Jangan Putus Asa, Lakukan 5 Hal Ini saat Hubungan Bertahun-tahun Putus

3. Sekarang sudah ada orang lain yang jadi pengisi hatimu

5 Alasan Sekarang Kamu Bisa Bersikap Santai kepada Mantan Terindahmuilustrasi pasangan bahagia (pexels.com/Maksim Goncharenok)

Kalau hatimu sudah ada yang mengisi, wajar saja jika dia yang "terindah" kemarin menjadi biasa saja hari ini.

Saat kamu sudah move on atau menemukan kekasih baru, pada akhirnya kisah-kisah indahmu dengan mantan akan memudar dengan sendirinya. Kamu hanya akan mengisi pikiranmu dengan kisah yang baru dan menghapus kisah lama dengan otomatis.

Namun, bukan berarti kamu harus segera mencari pengganti usai hubunganmu dengan mantan berakhir. Sembuhkan dulu luka dan trauma hatimu, barulah kembali membuka diri kepada orang baru. Jangan menjadikan orang lain sebagai pelarian dan obat luka hatimu, ya. Itu salah satu bentuk kejahatan, lho! 

4. Kamu sudah memaafkan kesalahannya

5 Alasan Sekarang Kamu Bisa Bersikap Santai kepada Mantan Terindahmuilustrasi orang sakit (pexels.com/cottonbro)

Biasanya hal yang membuatmu gak bisa santai saat bertemu mantan adalah belum terbalasnya rasa sakit hatimu yang kemarin.

Pada dasarnya, hal ini gak akan terjadi jika kamu bisa benar-benar memaafkan kesalahan yang dilakukan mantan. Yang dimaksud memaafkan di sini adalah memaafkan yang benar-benar dari hati, bukan hanya dari ucapan basa-basi.

Mungkin ajakannya untuk mengakhiri hubungan kemarin membuatmu teramat hancur. Dia mungkin orang yang gak pernah kamu bayangkan bisa meramu luka separah itu. Namun, kamu juga harus ingat bahwa apapun kesalahan orang lain padamu, kamu tetap punya kewajiban untuk memaafkannya.

Maaf bisa membuat hidupmu lebih tenang nantinya. Terapkan, deh biar kamu tahu maksudnya! 

5. Kamu paham bahwa gagalnya hubungan percintaan yang gak layak bisa merusak hubungan pertemananmu

5 Alasan Sekarang Kamu Bisa Bersikap Santai kepada Mantan Terindahmuilustrasi pasangan berbincang (pexels.com/Jack Sparrow)

Hal terakhir yang jadi alasan kamu bisa bersikap biasa saja saat bertemu mantan adalah karena kamu sudah paham bahwa gak selayaknya gagalnya hubungan di satu aspek membuatmu memutuskan hubungan lainnya.

Sebelum menjalin kisah cinta bersama mantan, tentu kamu dan dia pernah berteman baik bukan?

Apakah kamu rela kehilangan satu teman baik hanya karena kalian gak cocok dalam hubungan percintaan? Lagipula bisa saja mantanmu hanya buruk di urusan percintaan saja, tetapi punya nilai tambah saat menjadi teman biasa. 

Tetap memilih berteman dengan mantan memang murni hak masing-masing orang. Kita gak bisa menyuruh orang lain untuk tetap berhubungan baik dengan orang yang gak membuat dia nyaman. Namun, kamu juga gak boleh lupa bahwa setiap orang berhak diberikan kesempatan.

Jika kesempatan untuk jadi kekasih sudah gak ada, kesempatan untuk menjadi teman harusnya masih tersisa bukan? 

Mantan itu bukan seseorang yang harus kamu benci dan hindari. Pahami bahwa dalam hidup memang ada orang yang hanya datang, singgah sebentar, dan kemudian pergi. Rasa canggung justru membuatmu terlihat masih menyimpan sesuatu, lho.

Jangan buat dirimu tambah hancur karena menyimpan dendam atau cinta yang gak mungkin terbalas, ya! Lepaskan rasa sakit hatimu sekarang juga agar hidupmu jauh lebih bahagia. 

Baca Juga: 5 Cara Hilangkan Cemburu saat Melihat Mantan Sudah Punya Kekasih Baru

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya