Comscore Tracker

5 Cara Menolak Cinta Tanpa Harus Ghosting, Wajib Tahu!

Jangan tiba-tiba hilang kabar #IDNTimesLife

Belakangan istilah ghosting menjadi kosakata yang akrab di telinga. Ada beberapa orang yang merasa ghosting merupakan jalan keluar yang paling aman untuk memutuskan atau menolak cinta seseorang. Termasuk perbuatan gak manusiawi, nyatanya ghosting bisa melukai dan berefek jangka panjang untuk sang korban. 

Biar kamu gak jadi salah satu orang jahat di muka bumi, berikut ada beberapa cara menolak cinta tanpa harus ghosting, lho. Penasaran apa saja caranya? Baca baik-baik nih ulasan lengkapnya. 

1. Gak usah menunjukkan antusiasme atau ketertarikan hanya untuk menghargainya

5 Cara Menolak Cinta Tanpa Harus Ghosting, Wajib Tahu!Pria dan wanita berbincang (pexels.com/Katerina Holmes)

Menunjukkan ketertarikan bisa membuat orang menganggapmu menaruh perasaan lebih padanya. Kalau sudah begitu wajar saja jika dia merasa kamu ghosting jika tiba-tiba kamu memutuskan komunikasi dengannya. Ingat ya, kalau kamu gak punya perasaan lebih dengan seseorang, ada baiknya kamu bersikap sewajarnya saja. 

Bersikap cuek dan biasa saja bisa membuat orang yang menyukaimu merasa dirinya ditolak secara halus. Kalau sudah begitu kamu jadi gak perlu berbuat jahat dengan melakukan ghosting.

Orang lain juga gak akan terus tertarik jika dirimu terus-terusan menunjukkan sikap jutek ataupun cuek padanya. Beda halnya kalau kamu gak suka tetapi tetap kelihatan perhatian padanya, itu yang bahaya.

2. Tampakkan ekspresimu sebenarnya tanpa berpura-pura

5 Cara Menolak Cinta Tanpa Harus Ghosting, Wajib Tahu!Pria dan wanita jalan bersama (pexels.com/Katerina Holmes)

Masih berhubungan dengan cara pertama, cara selanjutnya adalah menampakkan ekspresimu yang sebenarnya. Kalau kamu memang gak suka, kamu gak perlu menunjukkan sikap sok baik kepada orang yang bersangkutan. Kamu punya hak untuk memberi senyumanmu kepada siapa saja. 

Kalau kamu terus-terusan bersikap sok baik, gak heran kalau ujung-ujungnya kamu jadi ghosting anak orang. Ghosting itu bisa jadi pelarianmu karena gagal untuk jujur ke orang lain. Ingat lho, mending berkata jujur meski menyakitkan daripada menyuguhkan kebohongan yang menyenangkan.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Jika Bertemu Tukang Ghosting

3. Ungkapkan bagaimana perasaanmu padanya dengan sejujurnya

5 Cara Menolak Cinta Tanpa Harus Ghosting, Wajib Tahu!Pria dan wanita berbincang (pexels.com/Katerina Holmes)

Kalau orang yang menyukaimu sudah mengunggapkan perasaannya secara langsung padamu, tugasmu hanyalah menjawab perasaannya dengan sejujur-jujurnya. Kamu gak perlu merasa gak enak hati ataupun takut hubungan kalian jadi gak baik setelah kamu menolak cintanya. 

Dibandingkan ghosting, orang akan lebih menerima jika cintanya di tolak secara langsung. Memilih ghosting justru membuat orang yang menyukaimu menyimpan tanda tanya besar dalam benaknya. Kamu gak mau kan dapat karma karena bikin galau anak orang? 

4. Beri dia alasan logis mengapa kamu menolaknya

5 Cara Menolak Cinta Tanpa Harus Ghosting, Wajib Tahu!Pria dan wanita berbincang (Pexels.com/Alex Green)

Kalau kamu sudah mengunggapkan perasaanmu yang sejujurnya, cara selanjutnya adalah memberinya alasan logis. Hilang tanpa kabar bukan solusi untuk gak menyakiti hati orang lain. Lebih baik kamu suguhkan dia alasan logis kenapa kamu menolaknya dan tetap ungkapkan secara sopan. 

Perlu diingat meski kamu menolaknya, jangan sesekali kamu memerlakukannya sebagai orang yang gak layak diterima oleh orang lain. Katakan saja padanya bahwa kalian berdua lebih cocok menjadi teman, bukan sebagai pasangan. Tetap katakan padanya bahwa kamu mendoakan agar dia mendapatkan pasangan yang lebih tepat dan bisa mencintainya setulus hati. 

5. Jika kamu gak tega, kamu bisa menuliskan penolakanmu pada selembar kertas

5 Cara Menolak Cinta Tanpa Harus Ghosting, Wajib Tahu!Ilustrasi wanita menulis (Pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Biasanya ghosting itu dilakukan karena kamu gak enakan untuk melakukan penolakan kepada orang lain. Kamu merasa ghosting adalah cara tepat agar gak langsung menyakiti hati orang. Namun, jika kamu memahaminya lebih dalam nyatanya ghosting justru menyisakan trauma yang lebih panjang.

Siapa yang merasa baik-baik saja jika dia ditinggalkan tanpa kabar berita padahal sehari sebelumnya kalian seperti dua sejoli yang gak mungkin terpisahkan? Perlu kamu catat bahwa dilukai oleh orang yang dianggap baik lebih menyakitkan dibanding terluka oleh orang yang terang-terangan jahat padanya.

Nah, kalau kamu gak tega mau menolak atau memutuskan hubungan dengan seseorang secara lisan, kamu bisa mencoba menuliskan penolakanmu di selembar kertas dan menyuruhnya membaca saat kamu bertemu dengannya. Meski awalnya menyakitkan, hal tersebut lebih bisa diterima ketimbang kamu menghilang dan membuatnya menyimpan banyak pertanyaan.

Ingat ya, gak usah ghosting lagi mulai sekarang. Kalau kamu gak bisa membalas cintanya, jangan buat dia tambah terluka dengan hilang tanpa kabar berita. Katakan saja sejujurnya, setiap manusia berhak mengetahui kejujuran tanpa diselipkan kebohongan dan ketidakenakan di antaranya. 

Baca Juga: Tanpa Harus Ghosting, Ini 5 Cara Mengakhiri Hubungan dengan Gebetan

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya