Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Teliti dari Pasangan Sebelum Mantap Menikah

Jangan asal terima saat dilamar!

Pernikahan adalah satu fase kehidupan yang gak bisa dipisahkan dari manusia. Menikah memang salah satu upaya untuk menyempurnakan ibadah dan kebahagiaan seseorang. Meskipun demikian, bukan berarti kamu harus buru-buru dan gak berpikir secara matang sebelum melangkah ke fase tersebut, ya!

Keinginanmu untuk menikah jangan sampai membuatmu asal terima lamaran orang. Jangan lupa bahwa orang yang berniat serius denganmu belum tentu sepenuhnya cocok dan tepat untukmu. Nah, sebelum mantap menerima pinangan orang lain, ada baiknya kamu teliti lima hal ini terlebih dahulu. Let's get started! 

1. Pastikan dia benar-benar mencintaimu

5 Hal yang Harus Kamu Teliti dari Pasangan Sebelum Mantap Menikahpasangan berbincang (pexels.com/Katerina Holmes)

Sebelum memutuskan untuk melangkah ke jenjang lebih serius ada baiknya kamu pastikan bahwa pasanganmu memang benar-benar mencintaimu. Cinta memang gak menjamin rumah tangga kalian nantinya akan mulus tanpa masalah. Namun, pernikahan kalian bisa lebih kuat dengan adanya cinta sebagai bahan fondasinya.

Jangan nekat menikah jika antara kamu dan pasangan sama sekali gak punya ketertarikan. Menikah itu bukan keterpaksaan atau membiasakan sesuatu yang gak membuatmu bahagia. Kalau sedari awal rasa tertarik itu gak ada, ada baiknya kamu tunda atau sama-sama membicarakan kembali niatan pernikahan kalian. Ingat, lho, gak semua orang bisa merasakan cinta karena terbiasa!

2. Kenali dulu keluarga besarnya dan pastikan mereka merestui kalian

5 Hal yang Harus Kamu Teliti dari Pasangan Sebelum Mantap Menikahpertemuan keluarga (pexels.com/Askar Abayev)

Menikah itu menyatukan dua keluarga. Kamu gak bisa menikah dengan seseorang tanpa mengenali dan mendapat restu dari keluarganya terlebih dahulu. Saat kamu menikahi seseorang, berarti kamu juga harus siap menerima seluruh keluarga besarnya menjadi keluarga barumu.

Dalam ajaran agama saja disarankan untuk memperhatikan keturunan sebelum memutuskan menikah dengan seseorang, bukan? Bagaimana bisa kamu menikah dengan orang yang gak kamu tahu asal usulnya? Pernikahan itu momen sakral seumur hidup, jangan menggadaikan masa depanmu dengan pilihan asal-asalanmu hari ini, ya!

Baca Juga: 5 Cara Memahami Orang Lain, agar Bisa Kenal Lebih Dekat 

3. Perhatikan caranya mengelola emosi

5 Hal yang Harus Kamu Teliti dari Pasangan Sebelum Mantap Menikahpasangan bertengkar (pexels.com/RODNAE Productions)

Yang gak kalah penting sebelum kamu memutuskan menikah dengan seseorang adalah perhatikan caranya mengelola emosi. Pernikahan itu pasti akan melewati banyak badai dan rintangan. Percayalah, gak ada pernikahan yang mulus tanpa masalah sedikit pun.

Nah, kalau caranya mengelola emosi saja masih berantakan, apa kamu yakin bisa tahan melewati banyak hal dalam hidup dengannya? Apalagi, jika sosok calon pasanganmu ini ternyata tergolong orang yang gampang main tangan atau kerap melontarkan kalimat kasar.

Menikah memang harus menerima kelebihan dan kekurangan pasangan. Namun, jika hal-hal yang kurang dari pasangan baru kamu ketahui setelah pernikahan, tentu hal tersebut membuatmu terganggu, bukan? Kalau memang punya banyak kurang, harusnya kalian sama-sama jujur sebelum memutuskan naik ke jenjang pernikahan, jangan justru setelahnya baru blak-blakan.

4. Cari tahu seluruh tentangnya dari orang terdekat

5 Hal yang Harus Kamu Teliti dari Pasangan Sebelum Mantap Menikahdua orang memainkan ponsel (pexels.com/Tim Douglas)

Mencari tahu secara detail tentang diri pasangan sebelum menikah itu merupakan salah satu hal yang cukup penting. Bukannya curiga, sebelum mantap menikah tentu kamu harus memastikan siapa sosok seseorang yang meminangmu tersebut, bukan? Jangan mau menikah dengan orang yang hanya kamu kenali sekilas. Apalagi yang baru kamu kenali satu dua minggu, lewat media sosial pula.

Sebaik apa pun seseorang dari luarnya, kamu tetap harus punya rasa curiga. Gak ada salahnya kalau kamu mencari tahu tentang dia lewat circle pertemanannya. Cari tahu apa pun yang kamu perlukan. Jangan sungkan bertanya pekerjaannya, kegiatan kesehariannya, hobinya, hingga cerita masa lalu yang sungkan kamu tanyakan ke dia langsung.

Kamu juga boleh meminta masukan dari sahabat terdekatmu tentang sosok orang yang ingin serius denganmu tersebut. Ingatlah bahwa kadang yang menuntunmu ke arah yang benar bukan isi hatimu, tetapi isi pikiran orang-orang yang menyayangimu. Mereka kadang lebih paham sosok seperti apa yang tepat denganmu!

5. Pastikan tujuan pernikahan kalian seirama

5 Hal yang Harus Kamu Teliti dari Pasangan Sebelum Mantap Menikahilustrasi pasangan (pexels.com/Danu Hidayatur Rahman)

Hal terakhir yang harus kamu teliti sebelum memutuskan menikah adalah tujuan pernikahan kalian. Kamu harus memastikan bahwa tujuan menikahmu dan pasangan menuju arah yang sama. Apa jadinya jika kamu ingin menuju barat sementara pasanganmu ke arah timur? Dalam rumah tangga dua orang manusia harus berjalan berdampingan bukan justru bertolak belakang.

Perbedaan tujuan bisa membuat pernikahan kalian nantinya diselimuti banyak kemelut. Oleh karena itu, tujuan dan pemikiran masing-masing tentang pernikahan harus saling dibicarakan sebelum memutuskan menikah. Jika dari tujuan saja kalian gak menemukan kata sepakat, bagaimana bisa kalian nekat untuk melanjutkan hubungan ke jenjang lebih serius?

 

Banyak hal yang harus kamu teliti dari pasangan sebelum mantap menikah. Jangan sampai kamu sudah berespektasi tinggi, tetapi espektasi tersebut dijatuhkan dari atas ketinggian dengan kedua tanganmu sendiri.

Keputusan menikah itu memang sedikit banyaknya dipengaruhi oleh campur tangan Tuhan, tetapi bukan berarti kamu boleh memilih sembarangan. Menikah itu seumur hidup, pastikan pasanganmu adalah orang yang benar-benar bisa mengimbangimu!

Baca Juga: 9 Potret Tria The Changcuters dan Istri, Hampir Sedekade Menikah!

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya