Comscore Tracker

5 Alasan Patah Hati Bisa Membuatmu Jauh Lebih Baik dalam Hidup

Ada dampak positifnya kok! #IDNTimesLife

Apakah kamu pernah merasakan momen patah hati? Tentu momen tersebut sangat menyiksa, bahkan ada yang sampai dilanda depresi selama berhari-hari. Putusnya hubungan yang disertai hancurnya perasaan memang salah satu hal yang bisa membuat hidup tidak lagi terasa menyenangkan.

Namun, jika kamu mau memandang patah hati sebagai hal positif, sesungguhnya momen ini justru membawamu pada keadaan yang lebih baik. Bingung bagaimana bisa patah hati membawamu menjadi pribadi yang lebih lebih baik dalam menjalani hidup ke depannya? Yuk, simak selengkapnya pada ulasan berikut. 

1. Patah hati bisa membuatmu jauh lebih bijak dalam menaruh ekspektasi pada orang lain

5 Alasan Patah Hati Bisa Membuatmu Jauh Lebih Baik dalam HidupIlustrasi orang patah hati (pexels.com/Liza Summer)

Menjalin hubungan asmara dalam jangka waktu yang lama kadang justru menimbun banyak ekspektasi. Gak jarang kamu sudah merancang mimpi besar, padahal sosoknya belum tentu menjadi jodohmu di masa depan. Hal-hal seperti itulah yang kemudian membawamu ke jurang kekecewaan jika ekspektasimu gak sesuai dengan kenyataan. 

Nah, kalau kamu pernah berekspektasi tinggi dan justru berujung patah hati, biasanya kamu akan menjadi pribadi yang lebih berhati-hati ke depannya. Kamu bahkan cenderung gak terlalu berekspektasi terhadap apa pun karena kamu paham bahwa segala sesuatu yang kamu miliki sewaktu-waktu bisa mendadak pergi.

2. Patah hati mengajarkanmu bahwa kehilangan adalah sebuah kepastian

5 Alasan Patah Hati Bisa Membuatmu Jauh Lebih Baik dalam HidupIlustrasi wanita melamun (pexels.com/Khoa Võ )

Gak semua orang paham bahwa kehilangan adalah sebuah kepastian dalam hidup. Sesungguhnya gak ada jaminan orang tersayangmu mampu membersamaimu selamanya. Tanpa sadar pemahaman di atas justru kamu temukan saat mengalami momen patah hati. 

Gak perlu bersedih berlebihan saat kamu kehilangan. Pahamilah bahwa kamu adalah salah satu orang terpilih yang diinginkan Tuhan menjadi pribadi lebih kuat dan tangguh. Selain itu, momen kehilangan juga bisa membuatmu belajar tentang keikhlasan dan cara bersabar, bukan?

Baca Juga: 10 Potret Gaya Pacaran Lyodra Ginting dan Kekasih, Bikin Patah Hati

3. Kamu lebih bisa menghargai waktu usai merasakan patah hati

5 Alasan Patah Hati Bisa Membuatmu Jauh Lebih Baik dalam HidupIlustrasi wanita menulis (Pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Setelah mengalami momen patah hati, tanpa sadar kamu menjadi pribadi yang lebih menghargai waktu. Mengapa demikian? Karena sebelumnya kamu pernah membuang waktu berhargamu dengan membersamai orang yang salah. Hal itu membuatmu tak lagi berkeinginan menghabiskan waktu untuk melalui asmara penuh drama. 

Kegagalan asmaramu membuatmu jadi pribadi yang lebih logis dan realistis. Hidupmu gak lagi kamu habiskan untuk menjadi budak cinta, tetapi lebih giat bekerja dan berusaha menggapai cita-cita. Kalau sudah begini, apa kamu masih menganggap patah hati momen yang buruk bagimu?

4. Kamu juga lebih mengenali dan mencintai dirimu

5 Alasan Patah Hati Bisa Membuatmu Jauh Lebih Baik dalam HidupIlustrasi perempuan bahagia (pexels.com/Pixabay)

Terlalu fokus mencintai orang lain sampai lupa bahwa diri sendiri belum sempat untuk dicintai. Kira-kira, itulah hal yang paling disesalkan oleh orang yang mengalami patah hati. Gak bisa dimungkiri bahwa saat patah hati kamu baru tersadar bahwa selama ini kamu menjadi orang yang paling berkorban waktu dan perasaan dalam menjalani hubungan dengan seseorang. 

Rasa cinta yang belum dipatahkan membuatmu menjadi manusia lupa daratan, bahkan lupa dengan kebahagiaan diri sendiri. Oleh sebab itu, mengalami patah hati justru bisa mengembalikan jati dirimu ke posisi semula. Bukan hanya itu, gak menutup kemungkinan kamu bahkan bisa bertransfomasi menjadi pribadi yang lebih baik daripada sebelumnya.

5. Kamu juga tahu bagaimana cara meletakkan rasa percaya kepada orang lain

5 Alasan Patah Hati Bisa Membuatmu Jauh Lebih Baik dalam HidupIlustrasi pasangan (pexels.com/Trinity Kubassek)

Mungkin dulunya kamu orang yang mudah percaya kepada orang lain. Kamu beranggapan bahwa selama kamu berlaku baik, kamu pun akan diperlakukan orang lain dengan perlakuan yang sama. Nah, momen patah hati biasanya membuatmu merenungkan ulang stigma yang selama ini kamu pegang.

Mengalami sendiri peristiwa getir seperti dikhianati pasangan membuatmu tersadar bahwa kamu gak bisa meletakkan rasa percaya secara sembarangan. Sedekat apa pun kamu dengan seseorang, ada baiknya kamu tetap punya rasa curiga dan waspada. Bukan tanpa alasan, kamu pun pasti tahu bahwa manusia adalah makhluk yang gampang berubah dan dipenuhi berbagai godaan.

 

Gak selamanya patah hati menjadi momok yang menakutkan. Kalau kamu mau mengambil hikmah, sesungguhnya banyak hal yang bisa kamu pelajari dari momen patah hati tersebut. Gak perlu insecure dan merasa gak beruntung, percayalah bahwa selalu ada bahagia usai hari terburuk sekalipun. Yuk, semangat!

Baca Juga: 5 Kenangan Manis yang Bisa Kamu Lupakan agar Terbebas dari Patah Hati

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya