Comscore Tracker

5 Tipe Teman yang akan Merusak Mentalmu Jika Terus Dipertahankan

Lebih baik kamu tinggalkan saja!

Memiliki banyak teman memang salah satu bentuk anugerah yang layak kamu syukuri. Teman juga dianggap mampu berperan penting dalam memengaruhi kepribadian seseorang. Harus dipilah dan dipilih, tak jarang seorang teman justru membawa efek negatif untuk dirimu.  

Berteman dengan seseorang yang salah dan toksik tentu membuat hidupmu terasa kurang menyenangkan. Harus kamu ketahui, berikut adalah lima tipe teman yang akan merusak mentalmu jika terus dipertahankan. Keep reading, ya!

1. Teman yang tidak nyaman dengan apa adanya dirimu

5 Tipe Teman yang akan Merusak Mentalmu Jika Terus DipertahankanPexels.com/Elijah O'Donnell

Menjadi kamu yang apa adanya adalah hakmu. Jika ada teman yang merasa terganggu bahkan berniat mengubahmu padahal kamu tak melakukan kesalahan apa-apa, maka meninggalkan mereka bukanlah sebuah keputusan yang buruk.

Teman yang menginginkanmu berubah demi mereka hanya akan membuatmu seperti dipaksa menjadi orang yang berbeda. Alih-alih berdampak baik, hal tersebut justru berpotensi membuatmu kehilangan kepercayaan diri.

2. Teman yang mencarimu hanya saat ada perlunya saja

5 Tipe Teman yang akan Merusak Mentalmu Jika Terus DipertahankanPexels.com/Polina Zimmerman

Yang namanya teman memang tidak akan selalu ada. Kamu pun harus memahami bahwa temanmu juga memiliki dunia lain selain kamu. Namun, bukan berarti mereka hanya datang saat perlu bantuan atau tengah berduka saja. 

Seorang teman yang baik sudah selayaknya meluangkan sedikit waktu untuk saling menjaga keakraban satu sama lainnya. Tetap berteman dengan orang yang gemar minta tolong tetapi enggan dimintai pertolongan balik hanya akan membuatmu tampak seperti boneka yang dipermainkan.

Baca Juga: 5 Pertanyaan yang Bisa Bikin Temanmu Canggung Saat Datang Reunian

3. Teman yang tidak mampu mengendalikan amarah dan gemar bertingkah emosional

5 Tipe Teman yang akan Merusak Mentalmu Jika Terus DipertahankanPexels.com/Anna Shvets

Tipe teman selanjutnya yang harus kamu tinggalkan adalah mereka yang gampang tersulut emosi dan tidak bisa mengendalikan amarahnya. Siapa yang tidak terganggu bila berteman dengan orang yang memiliki temperamen tinggi?

Mudah merusak suasana hatimu, tipe teman yang satu ini biasanya juga sepaket dengan sifatnya yang mudah tersinggung dan terlalu sensitif. Gak apa-apa ditinggalkan, memelihara teman yang emosional hanya akan membuatmu sering mengalami tekanan batin. 

4. Teman yang kerap mempersoalkan derajat maupun pangkat dalam kesehariannya

5 Tipe Teman yang akan Merusak Mentalmu Jika Terus DipertahankanPexels.com/Streetwindy

Kamu gak perlu pikir panjang untuk meninggalkan teman yang menjadikan derajat dan pangkat sebagai acuan penting dalam bergaul. Sesungguhnya kaya dan miskin itu bukan hal yang valid untuk mengukur kepribadian seseorang. Daripada kehadirannya semakin menambah beban hidupmu, ada baiknya kamu mundur pelan-pelan dari tipe teman yang satu ini. 

5. Teman yang menghambatmu untuk bertumbuh

5 Tipe Teman yang akan Merusak Mentalmu Jika Terus DipertahankanPexels.com/Julia Larson

Kamu harus paham bahwa tidak semua teman di dekatmu mendukung langkahmu untuk bertumbuh. Tak jarang mereka bahkan memengaruhimu untuk berada di jalan yang salah terus-menerus. Harus berani melawan, teman seperti ini harus kamu sikapi dengan tegas dan penuh kedewasaan. 

Meninggalkan satu teman bertabiat buruk tak lantas membuatmu menjadi orang yang jahat. Kamu berhak memilih yang terbaik untuk hidupmu termasuk dalam hubungan pertemanan. Tetap bersama dengan mereka yang tidak mendukungmu untuk bertumbuh hanya akan membuatmu stagnan tanpa perubahan. 

Nah, itulah lima tipe teman yang dapat merusak mental jika terus dipertahankan. Hati-hati memilih teman, pilihlah yang membawamu menuju kebaikan, ya!  Hayo jujur, tipe di atas ada yang kamu banget gak, nih? 

Baca Juga: 5 Tipe Teman Ngobrol yang Bikin Percakapan Terasa Membosankan

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya