Comscore Tracker

Mengapa Orang Rusia Mengenakan Cincin Nikah di Tangan Kanan?

#WorldCup2018 Yang penting cinta deh!

Satu hal yang khas dari pernikahan di Rusia adalah pengantin pria dan pengantin wanita saling bertukar cincin sebagai lambang cinta dan kesetiaan.

Tradisi ini juga dilakukan di mana-mana, namun penempatan cincin di jari tangan kanan atau tangan kiri berbeda-beda di setiap negara. Orang Eropa Barat dan Amerika serikat lebih memilih mengenakan cincin nikah di tangan kiri karena menganggap lebih dekat dengan jantung.

Sedangkan orang Rusia mengenakannya di tangan kanan, mengapa orang Rusia lebih memilih memakai cincin nikah di tangan kanan?

1. Tangan kanan = Tangan baik

Mengapa Orang Rusia Mengenakan Cincin Nikah di Tangan Kanan?ileafritz.com

Tradisi menandai pernikahan dengan memakai cincin di awali oleh budaya orang Mesir. seorang sejarahwan Yunani bernama Plutarch yang hidup di 46 - 120 Masehi, menyebutkan dalam tulisannya bahwa orang Mesir mengenakan cincin kawin di jari keempat tangan kiri mereka.

Orang dahulu percaya pembuluh darah khusus menghubungkan jari ini langsung ke hati seseorang, dan ini tentu saja, melambangkan cinta dan kesetiaan. Jadi orang-orang Yunani dan kemudian Romawi mungkin "meminjam" kebiasaan ini dari tetangga Mesir mereka. Tapi bagaimana dengan pilihan tangan yang mana?

Ada teori yang mengatakan bahwa orang Roma mengenakan cincin nikah di tangan kanan mereka, karena tangan kiri dianggap jahat dan tidak dapat dipercaya.

Seperti orang Yunani dan Romawi, orang Rusia mengikuti budaya mengenakan cincin nikah di tangan kanan karena menganggap tangan kanan adalah baik; yang berhubungan dengan segala kebaikan.

2. Menunjukkan status pernikahan

Mengapa Orang Rusia Mengenakan Cincin Nikah di Tangan Kanan?stagandhenweekend.co.uk

Di Rusia ada sebuah anggapan yang dipercaya namun tidak diakui secara tertulis oleh masyarakat di sana yaitu jika seseorang memakai cincin di jari manis di tangan sebelah kanan maka status pernikahannya adalah "menikah" sedang jika memakai cincin di jari manis di tangan sebelah kiri maka status pernikahannya adalah "janda/duda."

3. Terpengaruh dari tradisi Katholik Orthodok

Mengapa Orang Rusia Mengenakan Cincin Nikah di Tangan Kanan?clarionreview.org

Karena sebagian besar masyarakat Rusia beragama Katholik (Orthodok) maka tradisi mengenakan cincin di tangan sebelah kanan menjadi sebuah tradisi yang wajib untuk dilaksanakan.

Nah, terlepas dari tangan sebelah mana yang dipilih untuk mengenakan cincin nikah, yang paling penting adalah cincin tersebut melambang apa? serta antara dua orang yang sudah menikah tersebut tetap menjaga cinta dan komitmen mereka.

Yvonie OH Photo Community Writer Yvonie OH

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You