Comscore Tracker

7 Tips Membangun Circle Pertemanan yang Positif, Biar Gak Toxic!

Cermati baik-baik circle pertemananmu

Lingkungan pertemanan yang positif bisa membawa banyak dampak untuk kepribadian seseorang. Kepribadianmu tercermin dari lingkunganmu. Begitulah kira-kira pepatah mengatakan. 

Coba cermati ada di lingkungan seperti apa dirimu bergaul. Jangan sampai kamu menemui toxic circle yang hanya bikin dirimu tidak berkembang atau justru menyimpang. Simak tips berikut untuk membangun lingkungan teman yang positif. 

1. Saling terbuka satu sama lain

7 Tips Membangun Circle Pertemanan yang Positif, Biar Gak Toxic!Pexels.com/Charlotte May

Hal penting pertama yang bisa kamu bangun adalah sikap saling terbuka. Jika kamu bersikap saling terbuka, artinya kamu percaya pada teman-temanmu. Rasa percaya sangat berguna dalam setiap hubungan atau lingkungan. 

Saling berbagi cerita, kesenangan bahkan kesulitan di antara teman-temanmu. Jangan justru mengisinya dengan kebohongan atau kecurigaan serta sikap-sikap buruk lainnya. Itu hanya akan bikin lingkunganmu jadi toxic.

2. Saling mendukung dan menasihati

7 Tips Membangun Circle Pertemanan yang Positif, Biar Gak Toxic!Pexels.com/Elevate

Berikan selamat kepada temanmu yang berhasil, nasihat kepada temanmu yang kesulitan, serta menghibur temanmu yang gagal, adalah hal-hal yang bisa kamu ciptakan dalam lingkungan pertemanan. 

Jangan jadi toxic circle yang hanya bisa menghakimi atau bahkan menjatuhkan seseorang. Circle yang positif justru membangun segala sesuatunya menjadi lingkungan yang sehat dan suportif. 

3. Bersikap dewasa dan bijaksana

7 Tips Membangun Circle Pertemanan yang Positif, Biar Gak Toxic!Pexels.com/August de Richelieu

Bersikap dewasa dan bijaksana artinya kamu mampu menyikapi suatu persoalan dengan pandangan yang luas. Tidak terbatas pada cara pandangmu sendiri, bijak dalam menentukan sikap, bijak berkomunikasi, serta pandai mengendalikan emosi.

Sikap-sikap di atas penting untuk mulai kamu ciptakan di lingkungan pertemananmu agar itu tetap positif dan tidak menjadi toxic.  

Baca Juga: 5 BFF Goals Ini Jadi Definisi Pertemanan Sehat Lho! 

4. Tidak segan menegur kesalahan orang lain

7 Tips Membangun Circle Pertemanan yang Positif, Biar Gak Toxic!Pexels.com/August de Richelieu

Ego seseorang kadang terlalu tinggi hingga sulit mengakui kesalahan yang diperbuat. Sebaliknya, orang lain mungkin merasa segan saat harus menegur kesalahan seseorang. Sikap seperti ini harus kamu hindari agar lingkungan mu tetap positif. 

Biasakan untuk berani menegur kesalahan orang lain. Tapi, kamu juga harus bisa menyarankan solusi yang tepat. Jangan hanya menegurnya saja, ya. 

Ketika kamu berani menegur kesalahan seseorang, artinya kamu sudah bersikap peduli, peka dan empati terhadap kondisi teman-temanmu. Suatu hal yang positif, 'kan? 

5. Berani mengakui kesalahan

7 Tips Membangun Circle Pertemanan yang Positif, Biar Gak Toxic!pexels.com/Andrea Piacquadio

Berani mengakui kesalahan adalah sikap positif yang bisa kamu bangun dalam lingkunganmu. Setiap orang harus merasa berani bertanggungjawab atas perbuatannya sendiri.

Meski tidak mudah, kamu harus bisa melawan egomu itu. Lingkungan seperti ini akan memudahkan pemecahan konflik serta menciptakan suasana yang semakin akrab dan rukun. 

6. Membiasakan penggunaan tolong, maaf, dan terima kasih

7 Tips Membangun Circle Pertemanan yang Positif, Biar Gak Toxic!Pexels.com/Jack Sparrow

Hal yang sederhana tapi penting. Jika kamu menemui lingkungan yang terbiasa dengan hal demikian, artinya kamu sudah menemui circle yang positif.

Biasakan untuk mengucapkan tolong jika membutuhkan bantuan. Permohonan maaf saat kamu melakukan kesalahan, serta berterimakasih saat kamu menemui pertolongan.

Dengan sikap-sikap tersebut, artinya kamu bisa menghargai seseorang serta tidak mudah melupakan jasa-jasa orang lain. 

7. Menghargai perbedaan yang ada

7 Tips Membangun Circle Pertemanan yang Positif, Biar Gak Toxic!Pexels.com/RF._.studio

Tidak mengkotak-kotakan suatu suku, ras, budaya, agama dan persepsi adalah tips yang bisa kamu coba untuk membangun sebuah lingkungan teman yang positif.

Salah satu pemicu dari perpecahan adalah sikap yang tidak bisa menghargai perbedaan. Padahal, setiap orang pasti memiliki perbedaan tersendiri. Kamu hanya tidak perlu ambil pusing dengan perbedaan tersebut.

Bangun sikap toleransi yang tinggi, saling menghargai dan menghormati seseorang terlepas dari segala atribut perbedaan yang melekat. Bagaimana, apakah kamu berada di circle yang tepat saat ini? Cermati baik-baik, ya. Pertahankan jika iya, jauhkan jika tidak, okay?

Baca Juga: Yuk, Coba Ciptakan Lingkaran Pertemanan Sehat dengan 6 Cara Ini!

Nurul Zahara Photo Verified Writer Nurul Zahara

Hanya mencoba menguraikan isi kepala.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya