Comscore Tracker

5 Kesalahan Makeup yang Harus Dihindari Tipe Kulit Berpori-pori Besar

Hindari penggunaan produk dengan silicone based girls!

Permasalahan pori-pori besar bukan lagi hal baru dalam dunia perawatan kulit. Pori-pori besar terjadi karena banyak hal, bisa dari faktor internal secara genetik atau eksternal akibat salah melakukan perawatan.

Keadaan pori-pori besar ini menjadi masalah karena selain menjadi sumber terjadinya jerawat dan komedo, pori-pori besar pun membuat makeup sulit menempel dan bertahan lama.

Agar hal itu tidak terjadi, berikut 5 kesalahan makeup yang harus dihindari tipe kulit berpori-pori besar!

1. Melewatkan tahapan primer

5 Kesalahan Makeup yang Harus Dihindari Tipe Kulit Berpori-pori Besaradorebeauty.com.au

Primer digunakan sebagai starter makeup agar hasilnya lebih halus, menyatu dengan kulit, dan tahan lama.

Bagi para pemilik tipe kulit berpori-pori besar bagian ini menjadi tahap prioritas karena melewatkan primer sama saja merusak hasil makeup. Karena dengan bantuan primer, kulit akan terlihat lebih halus dan pori-pori menjadi lebih rapat.

2. Touch up tanpa menggunakan blotting paper

5 Kesalahan Makeup yang Harus Dihindari Tipe Kulit Berpori-pori Besaradorebeauty.com.au

Saat makeup mulai memudar dan butuh touch up sebaiknya jangan langsung mengaplikasikan ulang riasan sebelum membersihkan wajah. Kamu tidak perlu repot mencucinya dengan sabun, tapi cukup gunakan blotting paper agar minyak yang menempel diwajah dapat terangkat.

Saat wajah sudah bebas minyak otomatis proses touch up akan membuat hasil yang lebih halus dan tidak membuat minyak tersumbat ke dalam pori-pori. 

Baca Juga: 5 Penyebab Pori-pori Tersumbat, Bisa Menimbulkan Banyak Masalah Kulit

3. Tidak menggunakan pelembap

5 Kesalahan Makeup yang Harus Dihindari Tipe Kulit Berpori-pori Besarorogoldschool.com

Banyak perempuan yang takut menggunakan pelembap karena kebanyakan masalah pori-pori besar terjadi pada kulit berminyak, sehingga pemakaian pelembap dianggap dapat memperburuk keadaan.

Tapi sebenarnya menghidrasi kulit itu sangatlah penting. Dengan kulit yang terjaga kelembapannya maka pori-pori dapat perlahan mengecil secara alami. Agar tidak memperparah kondisi kulit berminyak, kamu hanya perlu mencari pelembap yang berjenis water-based atau oil-free. 

4. Hindari menggunakan produk dengan silicone based

5 Kesalahan Makeup yang Harus Dihindari Tipe Kulit Berpori-pori Besarmakeup.lovetoknow.com/

Produk yang diformulasikan dengan silicone based dibuat dengan tujuan agar lebih halus dan mudah diaplikasikan. Biasanya silicone based ditemukan dalam produk foundation. 

Namun bagi pemilik tipe kulit berpori-pori besar jenis produk ini sebaiknya dihindari. Karena silicone based akan menyumbat pori-pori dan memperjelas pori-pori yang tidak rapat. 

5. Memakai riasan yang tebal

5 Kesalahan Makeup yang Harus Dihindari Tipe Kulit Berpori-pori Besaringridseaburn.com

Jika kamu ingin tampil cetar dengan makeup bold tapi memiliki masalah dengan pori-pori besar, usahakan untuk menggunakan complexion yang ringan. Hindari pemakaian riasan tebal dengan creamy foundation atau heavy moisturaizer guna mencegah pori-pori tampak semakin besar. Pilih alternatif produk yang lebih light dan tidak memicu penumpukan komedo atau pori-pori tersumbat. 

Dengan tipe masalah kulit yang berbeda-beda, tips yang diterapkan pun tidak bisa disamakan. Tips di atas hanya sebagian kecil dari sekian banyak tips yang ada, selamat mencoba ya!

Baca Juga: 6 Alat Makeup yang Diperlukan untuk Membuat Pipi Terlihat Lebih Tirus

alys Photo Community Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You