Comscore Tracker

5 Kesalahan Sepele Saat Merawat Kulit Sensitif, Memicu Masalah Baru!

Bukan hanya kulit kering yang butuh banyak asupan air putih

Memiliki kulit sensitif berarti siap untuk merawat segala kebutuhannya dengan teliti. Kalau kamu lengah dan cuek mengurus kulit sensitifmu maka resiko iritasi dan masalah kulit lain akan menghampiri. Tapi saat kamu merasa sudah cukup rajin dan teliti merawat jenis kulit ini namun masih mengalami banyak masalah, mungkin salah satu dari lima kesalahan ini masih sering kamu lakukan girls!

1. Tidak minum banyak air putih

5 Kesalahan Sepele Saat Merawat Kulit Sensitif, Memicu Masalah Baru!scstylecaster.wordpress.com

Banyak orang menganggap asupan air putih yang banyak itu hanya dibutuhkan mereka yang memiliki kulit kering. Pasalnya air bisa menjaga kelembaban dan menjaga kulit terhidrasi dengan baik.

Namun dibalik dua manfaat tersebut ternyata konsumsi banyak air putih juga bisa bermanfaat buat kamu si pemilik kulit sensitif. Karena terdapat nutrisi yang bisa menjaga kulit sensitif terhindar dari kerusakan atau iritasi yang mudah terjadi.

2. Menggunakan air hangat untuk mencuci muka

5 Kesalahan Sepele Saat Merawat Kulit Sensitif, Memicu Masalah Baru!acneeinstein.com

Air hangat adalah sesuatu yang mungkin bisa memberi efek rileksasi yang menenangkan kulit, namun pada kenyataannya menggunakan air hangat adalah ide yang buruk bagi pemilik kulit sensitif. Pori-pori kulit akan terbuka dan menimbulkan iritasi karena minyak alami dalam kulit ikut terangkat dan menyebabkan kulit mengering. Selain itu wajah sensitif cenderung mengalami rona kemerahan serius akibat suhu air yang tinggi.

Baca Juga: 5 Brand Skincare Alami dari Korea yang Aman untuk Kulit Sensitif

3. Memilih jenis sabun yang mengandung sulfat dan wewangian

5 Kesalahan Sepele Saat Merawat Kulit Sensitif, Memicu Masalah Baru!bestbeautytipsandtricks.com

Kedua kandungan di atas adalah satu paket komplit yang akan membuat kulit sensitif-mu merasa kencang dan kesat setelah dicuci. Meski terkesan bersih dan bebas dari kuman namun pembersih sejenis itu bisa menimbulkan masalah kulit baru. Sebaiknya pilih pembersih wajah yang lembut dan tidak menggosok wajah terlalu kencang saat mencuci muka. 

4. Menggunakan sembarang pelembab tanpa mengetahui jenis dan kegunaannya

5 Kesalahan Sepele Saat Merawat Kulit Sensitif, Memicu Masalah Baru!rd.com

Kulit sensitif merupakan kondisi kulit yang membutuhkan banyak perhatian. Kamu harus bisa memperlakukan kulit secara tepat jika tidak ingin memperparah keadaan. Salah satu tindakan yang wajib dilakukan ialah memilih pelembab dengan cermat. Yaitu pelembab dengan kandungan hypoallergenic, yang sudah dirancang khusus bagi pemilik kulit sensitif. 

5. Terlalu sering melakukan perawatan eksfoliasi

5 Kesalahan Sepele Saat Merawat Kulit Sensitif, Memicu Masalah Baru!bellezayalma.com

Pengelupasan kulit atau yang lebih dikenal dengan sebutan eksfoliasi mungkin bermanfaat dalam menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran. Tetapi terlalu berlebihan mengeksfoliasi kulit dapat merugikan bagi orang-orang dengan kulit sensitif. Bukan hanya akan menyebabkan kemerahan, iritasi, dan kulit ekstra kering, eksfoliasi berlebih bahkan bisa membuat kulit mengelupas atau sensasi terbakar pada kulit. 

Nah, dari kelima kesalahan di atas tadi kamu masih suka melakukan salah satu di antaranya gak nih?

Baca Juga: Hindari Bahan Alkohol & Citrus, Begini Cara Merawat Kulit Sensitif

alys Photo Verified Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya