Comscore Tracker

5 Tips Tampil Athleisure Look Saat Hari Raya Idulfitri

Bingung lebaran pakai baju apa? Yuk tampil athleisure look!

Dewasa ini, ramai sekali masyarakat yang berbondong-bondong menggunakan athleisure style seperti hal-nya Gigi Hadid dalam kesehariannya. Trend athleisure fashion ini sudah sejak lama ramai digunakan namun kembali menjadi perbincangan  di tahun 2020 yang diperkirakan akan terus berkembang hingga tahun 2021 ini.

“Saya yakin akan perkembangan athleisure, dengan tambahan data dari pengamatan saya ketika pandemi bahwa manusia semakin berusaha sehat walau lingkungannya berada dalam kondisi yang kurang atau tidak kondusif.” Kata Irfa Rifaah, M.Ds seorang pengamat fashion yang juga merupakan dosen di Politeknik STT Tekstil Bandung.

Ia menambahkan bahwa seseorang saat pandemi akan berusaha untuk terus menjaga kesehatannya. Hal tersebut juga mendorong seseorang dengan gaya hidup sehat atau mengikuti gaya hidup sehat untuk berbusana athleisure atau mengaplikasikan athleisure style.

Athleisure Fashion ini muncul pada awal era 2000an setelah sebelumnya pada tahun 90an di America tren Hiphop Style dan Disco Style sedang sangat ramai digunakan. Athleisure  sendiri merupakan gabungan kata dari athlete/athletic dan juga leisure, yakni perpaduan fashion sporty dengan fashion casual.

Kalau kamu sering berselancar di media sosial atau merupakan salah satu pengikut dari Gigi Hadid, pasti seringkali menemukan Gigi Hadid menggunakan athleisure look yang sangat khas dan menjadi panutan bagi pengikutnya. Dilansir teenvogue.com dengan judul 5 Times Gigi Hadid Won the Athleisure Game, terdapat berbagai foto dan tampilan Gigi Hadid saat berpakaian athleisure style, lho!

Lalu, karena sebentar lagi Idul Fitri sebenarnya bisa gaksih menggunakan athleisure style saat Idul Fitri? Jawabannya adalah bisa, yuk cek beberapa poin berikut ini!

1. Kamu harus memiliki basic outfit untuk athleisure style ini ya!

5 Tips Tampil Athleisure Look Saat Hari Raya Idulfitriilustrasi basic outfit (unsplash.com/Fernando Lavin)

Kadang bingung gak sih harus mulai dari mana untuk menerapkan athleisure look dalam outfit sehari-hari? Yup, pertama kamu bisa mulai untuk mengumpulkan atau membeli basic outfit yang wajib dimiliki untuk athleisure look ini.

Menurut Fahrein Rachel Latisha atau biasa dipanggil Rein, salah satu Fashion Enthusiast yang juga merupakan seorang designer dari @holofashion ia menyarankan basic outfit yang harus dimiliki ialah legging. Selain itu, ia juga menyarankan untuk memiliki outer, jaket dan t-shirt sporty.

Rein menyarankan pakaian tersebut karena menurutnya legging, outer, jaket dan t-shirt merupakan pakaian yang mudah di mix and match dengan pakaian lain termasuk pakaian idul fitri.

2. Hijabers menggunakan athleisure style? Bisa kok!

5 Tips Tampil Athleisure Look Saat Hari Raya Idulfitriilustrasi hijabers (unsplash.com/Katsiaryna Endruszkiewicz)

Pada event Jakarta Fashion Week 2019, Dian Pelangi menampilkan Athleisure Look. Dian Pelangi mengatakan bahwa perempuan berhijab tetap bisa tampil sporty dengan adanya athleisure look. Hal itu dibuktikan dengan peragaan busana yang ia bawakan bertemakan sporty casual.

Gaitshan, salah satu mahasiswa Fashion Designer Universitas Telkom juga menambahkan untuk hijabers jika tidak ingin menggunakan pakaian yang ketat namun tetap ingin terlihat athleisure, bisa menggunakan bahan-bahan katun agar tidak memperlihatkan lekukan tubuh. Pakaian tersebut seperti rok katun, gamis I line katun yang dipadupadankan dengan outer oversized dan lain sebagainya.

Baca Juga: 9 Pilihan OOTD Lebaran dengan Baju Polosan, Simpel buat Silaturahmi

3. Menerapkan prinsip mix and match pakaian ala Fahrein Rachel Latisha

5 Tips Tampil Athleisure Look Saat Hari Raya Idulfitriilustrasi pakaian (unsplash.com/priscilladupreez)

Menurut Rein, hal paling mudah yang bisa dilakukan dalam memadupadankan pakaian yang kita gunakan adalah mencari referensi. Referensi tersebut dapat didapatkan dari berbagai media sosial, influencer dan selebgram Indonesia maupun di luar negeri.

“Ngebahas tentang mix and match untuk sporty casual ini kita bisa cari-cari referensi dan inspirasi dari banyak sumber dan model-model” ungkap Rein.

Rein juga menambahkan bahwa hal paling dasar yang perlu dilakukan untuk memadupadankan pakaian kita adalah dengan memilih pakaian yang membuat kita nyaman. Memilih pakaian yang membuat kita nyaman dapat meningkatkan rasa percaya diri kita dan juga dapat memberikan kesan terbaik yang kita miliki terhadap orang lain.

“Aku merasa tips paling dasar adalah choose what makes you comfortable dan choose what you more confidence. Karna aku percaya sekali kenyamanan dan rasa percaya diri bisa membuat kita tampil lebih baik dengan pakaian yang kita pakai” tutupnya.

 

4. Tips mix and match untuk muslimah ala Gaitshan

5 Tips Tampil Athleisure Look Saat Hari Raya Idulfitriilustrasi muslimah (pexels.com/RODNAE Productions)

Menurut Gaitshan, athleisure look biasanya dipadupadankan dengan regular fashion wardrobe. Ia juga menambahkan bahwa memadupadankan gaya athleisure ini harus dengan kreativitas agar dapat terlihat bagus.

“Karna konteksnya lebaran, jadi bisa aja dipadupadankan dengan pakaian lebaran. Bisa aja pakaian lebaran nya itu emang yang lagi tren, jadi kayak cross trend (lintas tren).” Pungkasnya.

Ia juga menambahkan untuk para muslimah yang lebih suka memakai gamis namun tetap ingin tampil athleisure, bisa menggunakan gamis I-line (lurus) yang dipadupadankan dengan outer dan sneakers yang dimiliki.

“Atau sweater oversized bawahnya pake rok skinny tapi bahannya bukan kaos, karna kaos kan ngetat banget ya. Bahannya bisa katun, atau kayak Dian Pelangi (pada saat Jakarta Fashion Week 2019) atasnya itu blazer biar ga terlalu memperlihatkan bentuk tubuh.” Tambahnya.

Untuk edisi lebaran ia menyarankan untuk menggunakan warna soft agar menampilkan kesan fitri atau suci pada saat hari raya. Selain itu, bisa juga menggunakan perhiasan-perhiasan yang akan menambah kesan glamour dan elegant. Hindari warna-warna kontras atau motif pada saat lebaran jika ingin menampilkan athleisure look ini.

Selain itu, Gaitshan juga menambahkan untuk memadupadankan athleisure look ini dengan pakaian lebaran yang high performance yakni seperti menggunakan bahan-bahan premium dan berkualitas baik. Hal ini karena untuk memberi kesan sporty namun tetap elegant dan formal sebab suasana lebaran yang identik dengan suci dan bersih.

5. Jangan khawatir dianggap norak memakai athleisure style saat lebaran

5 Tips Tampil Athleisure Look Saat Hari Raya Idulfitriilustrasi sedih (pexels.com/Liza Summer)

Walaupun ada saja yang menganggap pakaian ini kurang cocok dikenakan untuk lebaran, seperti yang dikatakan Dafri salah satu Mahasiswa penggemar street fashion dan athleisure fashion. Dafri menganggap menggunakan pakaian athleisure pada saat lebaran kurang tidak sopan dan tidak etis digunakan.

“Kecuali kalau memang gada lagi pakaian atau emang kebetulan pakai setelan athleisure look lagi kemana gitu pas hari Jumat atau Lebaran. Itu pun trainingnya yang gak bermotif, kalau bisa yang polos gak masalah, atau bisa juga pakai trainingnya tapi di pakein sarung lagi itu lebih bagus.” tambahnya.

Namun hal ini dibantah oleh Gaitshan, karna pasalnya dalam urusan fashion tidak ada yang benar ataupun salah. Hanya saja menyesuaikan tren fashion tersebut dengan karakter pemakainya. Menurutnya athleisure style digunakan untuk lebaran bisa saja namun disesuaikan kembali dengan bagaimana kita memadupadankan pakaian tersebut.

“Sebenernya (athleisure style) dipakai buat lebaran keren aja, cuma kalo athleisure sendiri kan dari athletic sama leisure. Perpaduan baju sporty santai cuma konteksnya bukan pakaian atletik.” jelasnya.

So, pakaian mana nih yang akan kamu gunakan di Hari Raya Idul Fitri nanti?

Baca Juga: 9 Inspirasi Tas untuk Lebaran, Pelengkap OOTD Stylishmu!

Adinda Afifah Damayanti Photo Writer Adinda Afifah Damayanti

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya