Comscore Tracker

5 Alasan Jangan Langsung Terlena dengan Pujian & Sikap Manis Seseorang

Sebab kamu tidak tahu sikap manisnya memang tulus atau tidak

Memberi dan menerima kritik, berbuat hal-hal baik, serta berbagi banyak hal pada orang sekitar merupakan hal yang wajar kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Begitu pula dengan pujian, menerima perlakuan baik dari orang lain merupakan hal biasa.

Akan tetapi bukan berarti kamu bisa langsung terlena jika ada seseorang yang memberimu pujian dan sikap manis ya. Kenapa tidak boleh terlena? Alasan-alasannya pun ada dalam pembahasan berikut ini, simak ya!

1. Sikap manisnya bisa jadi hanya berupa rayuan

5 Alasan Jangan Langsung Terlena dengan Pujian & Sikap Manis SeseorangPexels.com/Andrea Piacquadio

Alasan pertama mengapa kamu gak boleh langsung terlena dengan pujian dan sikap manis seseorang ialah, karena bisa saja perlakuan manisnya itu hanya berupa rayuan alias tidak bermakna sungguh-sungguh. Dan tidak ada jaminan bahwa cuma kamu saja yang diperlakukan manis seperti itu, kan? Makanya jangan mudah terlena.

2. Tidak semua pujian orang tulus dari hati

5 Alasan Jangan Langsung Terlena dengan Pujian & Sikap Manis SeseorangPexels.com/Andrea Piacquadio

Lalu alasannya yang kedua ialah, kamu harus sadar bahwa di dunia ini tidak semua orang berhati baik, dan tidak semua orang memberikan pujian memang tulus dari dasar hatinya. Sebagian orang bahkan mungkin saja tidak benar-benar tulus dan hanya mengatakan itu hanya sebagai bentuk formalitas belaka. Jadi jangan terlena dulu kalau seseorang memujimu ya.

3. Justru kamu patut curiga kalau sikap manisnya sudah berlebihan

5 Alasan Jangan Langsung Terlena dengan Pujian & Sikap Manis SeseorangPexels.com/Andrea Piacquadio

Bersikap baik dan menerima perlakuan baik dari orang lain memang suatu hal yang wajar, akan tetapi jika sudah terkesan berlebihan maka kamu pun patut curiga. Misalnya seperti memujimu berulangkali di depan orang-orang, dan tiba-tiba bersikap sangat manis padahal biasanya tidak begitu, tentu hal semacam ini sangat mencurigakan kan? Bukan suatu hal yang mustahil juga kalau dia malah punya maksud tertentu dengan baik padamu.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Teman yang Tulus Itu Susah Dicari, Edisi Langka!

4. Kalau kamu terlena malah bisa jadi celah untuk manipulasi

5 Alasan Jangan Langsung Terlena dengan Pujian & Sikap Manis SeseorangPexels.com/Fauxels

Jangan langsung senang dan terlena dengan pujian dan sikap manis seseorang karena jika kamu menunjukkannya maka bisa menjadi celah bagi orang lain untuk memanipulasi. Sengaja memuji dan membuatmu senang agar mendapatkan apa yang ia mau, kamu tentu tidak ingin dimanipulasi seperti itu kan?

5. Hidupmu bukan untuk mengejar pujian orang

5 Alasan Jangan Langsung Terlena dengan Pujian & Sikap Manis SeseorangPexels.com/Fauxels

Lalu alasannya yang terakhir ialah kamu mesti ingat bahwa hidupmu pada dasarnya bukanlah untuk mengejar pujian orang, maka dari itu jangan langsung terlena jika ada seseorang yang memberi pujian dan sikap manis. Tanggapi saja dengan wajar dan biasa, sebab hal-hal positif seperti saling memuji itu merupakan sesuatu yang normal. Jangan sampai hal itu malah membuatmu berusaha keras agar selalu dipuji.

Itulah tadi beberapa alasan kenapa kamu sebaiknya jangan langsung terlena jika dipuji dan diperlakukan manis oleh seseorang. Respon saja dengan rendah hati dan anggap hal itu sebagai sesuatu yang biasa, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Pujian dari Orang Lain Baiknya Gak Lantas Membuat Kita Bangga

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya