Comscore Tracker

Pilih Gaun Pengantin Sesuai Bentuk Tubuhmu, Cek di Sini!

Biar makin stunning di hari bahagia kamu nanti, sist...

Banyaknya jenis gaun pengantin tak menjamin semua jenis itu dapat kamu pakai, girls. Kamu harus perhatikan juga apakah bentuk tubuhmu sesuai dengan pilihan gaun pengantin.

Selagi masih ada waktu, gak ada salahnya cek list berikut biar makin maksimal nanti. Buat kamu yang masih belum memikirkan pernikahan, artikel ini bisa membantu lho! Apa saja sih jenisnya? Kita cek ya.

1. Mermaid Dress

Pilih Gaun Pengantin Sesuai Bentuk Tubuhmu, Cek di Sini!pinterest.com

Kenapa namanya mermaid? Ya, bener banget! Konsep ini dinamakan seperti putri duyung karena panjangnya terjuntai di bagiah bawah badan dan melekuk di badan kamu.

Kalau kamu gak mau gaunnya sepanjang ini, versi pendeknya juga ada. Tapi gaun ini hanya cocok digunakan oleh kamu yang memiliki bentuk tubuh seperi hourglass shape dan rectangled shape. 

Apa sih maksudnya? Maksudnya adalah untuk badan hourglass shape, maka bentuk pinggang kamu lebih sempit daripada bahu dan pinggul yang memiliki lebar sama.

Sementara rectangled shape badan kamu tidak memiliki banyak lekukan dan lebar bahu hingga pinggul sama. Kalau lebih gampangnya, rectangled shape artinya badan kamu tinggi dan kurus.

2. Trumpet Dress

Pilih Gaun Pengantin Sesuai Bentuk Tubuhmu, Cek di Sini!essensedesigns.com

Trumpet Dress seperti namanya berarti gaun ini bentuknya seperti terompet. Dress ini mirip dengan Mermaid Dress, hanya beda dilekukan panjang juga lebih lebar, megar seperti terompet dan atasan yang pada umumnya memiliki tali. Hanya bentuk badan rectangled shape dan hourglass shape yang cocok dengan gaun pernikahan bentuk trumpet dress.

3. A-Line Dress

Pilih Gaun Pengantin Sesuai Bentuk Tubuhmu, Cek di Sini!luckybridals.com

Ini adalah jenis gaun pengantin yang cocok dengan berbagai bentuk tubuh,  A-Line Dress namanya. Bentuk gaun yang memanjang dan seperti garis A dari pinggang lalu melebar hingga bawah. Bentuk tubuh yang cocok yaitu hourglass shape, petite, apple shape/oval shape, pear shape, dan full figure.

Petite maksudnya badan kamu kecil dan mungil juga tidak memiliki lekukan tubuh.

Apple shape atau oval shape yaitu bentuk badan yang memiliki pinggang paling lebar dibanding bahu dan pinggul kamu. Pear Shape yaitu badan yang memiliki pinggul paling lebar dibanding lebar bahu dan pinggang.

Terakhir, full figure yaitu bentuk tubuh kamu yang lebar sama dari bahu hingga pinggul juga tinggi besar. Sementara bagi kamu yang kurus dan tinggi alias rectangled shape, hindari memakai gaun ini, ya! 

Baca Juga: Cool! 12 Inspirasi Gaun Pengantin dengan Celana untukmu yang Tomboy

4. Column/Sheath Dress

Pilih Gaun Pengantin Sesuai Bentuk Tubuhmu, Cek di Sini!essensedesigns.com

Siluet pada jenis gaun column/sheath memiliki potongan yang sangat sempit dan menekankan semua lekukan tubuh kamu. Bentuk column/sheath pada umumnya memiliki rok yang lurus pada pertengahan betis atau lebih pendek dan memiliki lingkar pinggang yang telah ditentukan.

Column/Sheath paling bagus jika bentuknya tak berlengan. Gaun ini sesuai pada bentuk tubuh hourglass shape, rectangled shape, dan petite

5. Ball Gown

Pilih Gaun Pengantin Sesuai Bentuk Tubuhmu, Cek di Sini!pinterest.com

Jika kamu ingin tema queen atau princess, maka gaun ini paling tepat! Ball Gown memiliki bentuk yang ngepas pada korset dengan rok yang megar. Jenis gaun ini juga dapat banyak digunakan oleh berbagai jenis tubuh yaitu rectangle shape, apple shape, dan pear shape.

Manfaat dari jenis gaun ini menunjang tinggi badan pada wanita yang berbadan tinggi juga menutupi bentuk dari bagian tengah badan, pinggul, dan kaki. Sementara di luar jenis bentuk tubuh yang disebutkan, sebaiknya cari alternatif lain ya!

6. Empire Waist

Pilih Gaun Pengantin Sesuai Bentuk Tubuhmu, Cek di Sini!pinterest.com

Empire Waist memiliki ukuran pinggang yang berbeda dibanding gaun pengantin lainnya. Garis pinggang pada gaun ini tinggi terletak tepat di bawah dada. Gaun empire waist dapat menampilkan tubuh kamu lebih panjang dan menghilangkan bentuk bagian bawah tubuh kamu yang lebih besar.

Empire Waist Dress paling sesuai dikenakan oleh kamu yang berbadan petite, apple shape, pear shape, dan full figure.

Semoga setelah membaca daftar di atas dapat menentukan jenis gaun mana yang paling sesuai dengan bentuk tubuh kamu dong. Jangan lupa juga untuk disesuaikan dengan budget kamu, apakah harus menjahit atau hanya menyewa saja. Bagi yang belum kepikiran menikah, semoga ada bayangan juga ya!

Baca Juga: Berbeda Itu Indah, Ini Potret Anggun Gaun Pengantin dari 15 Negara

Agatha Sandra Photo Community Writer Agatha Sandra

INFP - 45% Dreamer, 55% Realistic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani
  • Indra Zakaria

Just For You