Comscore Tracker

Kenapa Setiap Perempuan Harus Baca Buku, Ini Alasannya!

Baca buku punya banyak manfaat lho terutama buat perempuan!

Bagi sebagian orang, kegiatan membaca buku bisa jadi kegiatan yang membosankan. Namun, justru bagi sebagin lainnya membaca buku menjadi kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan dan harus ia lakukan setiap hari.

Kamu termasuk yang suka baca buku atau justru keburu ngantuk sebelum buku yang dibaca selesai? Ah, kamu perlu tahu nih hal penting yang akan kamu dapatkan dari kegiatan membaca buku terutama untuk perempuan.

Apa pun tema bacaanmu, baik fiksi maupun non fiksi, keduanya punya manfaat penting yang pasti dirasakan tubuhmu. Tahu nggak, hal-hal penting ini akan kamu rasakan dari kegiatan membaca buku.

1. Pernah merasa stres dengan kegiatanmu? Membaca dapat membantu perempuan untuk meredakan stres

Kenapa Setiap Perempuan Harus Baca Buku, Ini Alasannya!Pexels/Artem Bali

Perempuan punya seabrek kegiatan yang menguras pikiran dan tenaga, apalagi jika sudah berumah tangga. Membaca buku menjadi salah satu cara efektif untuk meredakan stres, sesuai dengan penelitiannya Dr. David Lewis di University of Sussex.

2. Kamu jadi orang yang pelupa? Sepertinya, kamu harus mengalokasikan waktu untuk membaca

Kenapa Setiap Perempuan Harus Baca Buku, Ini Alasannya!Pexels/Min An

Akhir-akhir ini kamu jadi pelupa? Ah, mungkin kamu kurang atau tidak mengalokasikan waktu yang cukup untuk kegiatan membaca. Penelitian dalam jurnal Neurology mengungkapkan bahwa orang yang memiliki kebiasaanmembaca berisiko lebih rendah untuk mengalami kepikunan.

Baca Juga: 9 Tips Membaca dan Memahami Isi Buku dengan Cepat, Yuk Terapkan!

3. Perlu diketahui, membaca dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer, lho

Kenapa Setiap Perempuan Harus Baca Buku, Ini Alasannya!Pexels/Bruce Mars

Jangan salah, otak pun butuh dilatih agar tetap sehat dengan cara melakukan kegiatan kognitif seperti membaca. Penelitian dalam National Academy of Sciences menyebutkan bahwa orang yang jarang menggunakan kemampuan kognitif mereka berkemungkinan lebih besar terkena penyakit Alzheimer.

4. Punya masalah dengan insomnia? Bacalah sebuah buku sebelum tidur

Kenapa Setiap Perempuan Harus Baca Buku, Ini Alasannya!Pexels/Daria Shevtsova

Punya masalah dengan insomnia? Cobalah untuk melakukan kegiatan membaca sebelum tidur. Penelitian menyebutkan, insomnia seringkali disebabkan oleh stres. Untuk mengurangi stres, disarankan untuk membaca buku sebelum tidur.

5. Membaca buku dapat membantu perempuan untuk berdamai dengan dirinya sendiri

Kenapa Setiap Perempuan Harus Baca Buku, Ini Alasannya!Pexels/Bruce Mars

Cinta menjadi aspek yang tidak pernah bisa diabaikan bagi perempuan. Elite Dialy melansir sebuah penelitian dari Kanada yang menyebutkan bahwa membaca fiksi cinta bisa memberikan efek lebih baik pada seseorang, terutama perempuan. Fiksi cinta dapat meningkatkan empati dan membantu para perempuan untuk berdamai dengan diri sendiri.

Jadi kapan nih kamu mulai membiasakan diri untuk baca buku?

Baca Juga: Wanita Panutan, 10 Selebriti Ini Memiliki Hobi Membaca Buku!

Agin Puspa Photo Writer Agin Puspa

Moody writer and coffee lover~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya