Comscore Tracker

Tak Perlu Mahal, 5 Masker Wajah Ini Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah  

Cantik gak harus mahal!

Kulit wajah yang bersih, halus, dan lembut adalah idaman para perempuan. Tak jarang, uang yang dikeluarkan pun tak sedikit untuk merawat kulit wajah.

Salah satu produk kecantikan yang digemari adalah masker wajah. Ternyata, kita dapat membuat masker sendiri di rumah lho! Tentunya dengan bahan yang mudah ditemukan.

Apa saja sih kombinasi bahan-bahan yang cocok digunakan sebagai masker? Yuk simak ulasannya!

1. Pisang dan madu

Tak Perlu Mahal, 5 Masker Wajah Ini Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah  legit.ng

Pisang mengandung potassium yang dapat melembabkan dan meninggalkan tekstur lembut serta kenyal pada kulit. Pisang juga mengandung Vitamin C dan vitamin E yang dapat melawan radikal bebas, mengurangi produksi minyak berlebihan di kulit, dan menyamarkan noda hitam di kulit. Selain itu, pisang juga mengandung Zinc yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat di kulit.

Bagaimana dengan madu? Sama dengan pisang, madu pun dapat melembabkan kulit kita. Selain itu, madu juga dapat mencegah dan mengurangi peradangan kulit saat timbul jerawat. Sifat antioksidan yang dimilikinya juga dapat mempercepat penyembuhan luka.

Cara membuat masker dengan pisang dan madu sangat mudah lho! Pertama, bagi pisang menjadi dua dan iris menjadi potongan-potongan kecil. Lalu, masukkan ke dalam mangkuk dan tambahkan satu setengah sendok teh madu. Tumbuk dengan garpu hingga halus dan oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Tunggu selama 15-20 menit lalu bilas dengan air. Mudah kan?

2. Avokad dan timun

Tak Perlu Mahal, 5 Masker Wajah Ini Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah  hirabeautytips.com

Avokad mengandung potassium dan vitamin E yang mampu melindungi serta melembabkan kulit. Selain itu, sifat antiinflamasi avokad pun dapat mengatasi jerawat. Avokad juga mampu mempercepat penyembuhan luka dan memiliki sifat anti-aging karena kandungan asam lemak di dalamnya dapat mempercepat sintesis kolagen pada kulit. 

Selanjutnya adalah timun. Timun mengandung 95% air di dalamnya, sehingga ia dapat melembabkan kulit kita. Tetapi, untuk kamu yang memiliki tekstur kulit berminyak, jangan khawatir! Timun juga mampu membersihkan pori-pori dan mengeluarkan kotoran dalam kulit alias eksfoliasi. Selain itu, timun juga bisa mengurangi efek sunburn pada kulit lho!

Untuk membuat masker dengan dua bahan ini, kita membutuhkan setengah buah avokad dan seperempat timun utuh yang dipotong menjadi bagian kecil. Lalu, masukkan ke blender mini untuk mencampurkan kedua bahan tersebut hingga halus. Jika tidak memiliki blender mini, bisa ditumbuk menggunakan garpu. 

Jika sudah selesai, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Ajaib Masker Tomat untuk Wajah 

3. Putih telur dan lemon

Tak Perlu Mahal, 5 Masker Wajah Ini Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah  clicksomemore.blogspot.com

Putih telur mengandung protein tinggi yang mampu mengencangkan kulit dan menyerap minyak berlebih di kulit. Sedangkan lemon mengandung vitamin C tinggi yang berperan sebagai antioksidan dan memiliki efek anti-aging. Lemon juga mengandung asam sitrat yang dapat mengeksfoliasi kulit.

Untuk membuat masker ini, kamu memerlukan sebuah telur yang telah dipisahkan bagian putih dari kuningnya dan perasan separuh buah lemon. Campurkan kedua bahan tersebut ke dalam mangkuk dan aduk hingga tercampur dengan baik. Lalu, oleskan pada wajah, diamkan selama 10 menit, dan bilas dengan air hangat.

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif harus berhati-hati dalam menggunakan lemon pada kulit. Kamu bisa mengoleskan lemon pada sebagian kecil kulit wajah dan diamkan selama 5 menit.

Jika tak ada efek samping, kamu bisa meneruskan penggunaan masker ini. Namun, jika timbul kemerahan, sebaiknya penggunaan masker tidak dilanjutkan.

4. Tomat dan timun

Tak Perlu Mahal, 5 Masker Wajah Ini Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah  the-wau.com

Tomat mengandung lycopene yang berperan sebagai antioksidan tinggi dan mampu melindungi kulit dari sinar UV, meredakan efek sunburn, dan memiliki efek anti-aging. Selain itu, tomat juga mampu mengecilkan pori-pori kulit dan kandungan asam di dalamnya dapat mengatur produksi minyak kulit.

Lalu, manfaat timun seperti yang sudah disebutkan sebelumnya adalah melembabkan kulit, membersihkan pori-pori, mengeluarkan kotoran dalam kulit alias eksfoliasi, dan meredakan efek sunburn.

Cara membuat masker ini adalah dengan memasukkan setengah buah tomat dan seperempat bagian timun utuh ke dalam mangkuk dalam bentuk potongan-potongan kecil. Lalu, campur mereka dengan blender mini atau garpu hingga halus. Oleskan pada kulit dan diamkan selama 15 menit. Lalu, bilas dengan air dingin.

5. Baking soda dan minyak zaitun

Tak Perlu Mahal, 5 Masker Wajah Ini Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah  pinterest.com.au

Baking soda? Memangnya mau membuat kue? Tentu bukan! Ternyata baking soda dapat mengatasi jerawat lho! Sifat anti inflamasi yang ia miliki membuatnya mampu meredakan inflamasi pada jerawat, iritasi, dan efek sunburn. Selain itu, ia juga mampu mengeksfoliasi kulit kamu.

Bahan kedua adalah minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan squalene yang dapat melembabkan kulit. Minyak zaitun juga dapat menyamarkan bekas luka.

Cara membuat masker ini adalah cukup dengan mencampurkan 1 sendok makan baking soda dan 1 sendok makan minyak zaitun. Jika sudah tercampur, oleskan pada wajah dan pijat dengan lembut. Diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air hangat.

Bagaimana girls, mudah dan murah meriah kan? Jadi kamu mau coba yang mana dulu nih?

Baca Juga: Skincare 101: 7 Jenis Masker yang Punya Fungsi Berbeda-beda

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya