Comscore Tracker

4 Bahaya Penggunaan Buah Lemon untuk Wajah 

Gak selalu mencerahkan, lho!

Memiliki kulit cerah tentu menjadi dambaan setiap orang. Salah satu alternatifnya bisa menggunakan bahan alami berbahan dasar lemon. Sering dipercaya bisa mencerahkan wajah, lemon ternyata memiliki kandungan negatif dibalik manfaatnya yang selama ini seringkali dipercaya banyak orang. 

Kandungan asam pada lemon pada wajah bisa menimbulkan berbagai masalah jika tak digunakan dengan benar. Berikut dampaknya!

1. Kulit sensitif terhadap sinar matahari

4 Bahaya Penggunaan Buah Lemon untuk Wajah indiatvnews.com

Agar kulit tetap sehat, salah satu hal yang perlu kamu hindari ialah sinar ultraviolet. Aloh-alih kulit bisa terlindungi, menggunakan perawatan lemon di wjah akan lebih sensitif terhdap sinar ultraviolet dalam jangka panjang. Kandunganfurocoumarins dalam lemon bisa menyebabkan kerusakan kulit jika terpapar langsung dengan sinar matahari. Untuk mencegahnya, kamu perlu menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 agar kulit wajah tak terasa terbakar.

2. Menimbulkan flek

4 Bahaya Penggunaan Buah Lemon untuk Wajah verywellhealth.com

Meski perlahan kulit wajah terlihat lebih cerah, bagi kamu yang memiliki kulit sawo matang harus lebih berhati-hati. Kandungan lemon bisa menyebabkan noda hitam di wajah. Apalagi jika lemon diusapkan langsung pada permukaan kulit wajah. Hal ini dikarenakan pigmentasi kulit bisa berubah secara drastis. Selain itu, dampak lainnya bisa menyebabkan warna kulit tidak merata. 

Baca Juga: Skincare 101: Cara Mengatasi Reaksi Alergi Sinar Matahari

3. Wajah jadi kering

4 Bahaya Penggunaan Buah Lemon untuk Wajah liveabout.com

Bagi pemilik kulit wajah kering, penggunaan lemon harus ditakar dan tak perlu mengaplikasikannya secara berlebihan. Bukannya mencerahkan, kandungan yang cenderung masam pada lemon bisa menyebabkan kulitmu makin kering dan kasar. Penggunaan jangka panjang bisa menyebabkan rasa perih, bahkan tak menutup kemungkinan akan mengelupas.

4. pH lemon yang terlalu tinggi

4 Bahaya Penggunaan Buah Lemon untuk Wajah Istockphoto.com/Gerybody

Sifat asam dengan skala 2 pada lemon sebenarnya tidak cocok untuk kulit manusia. Padahal kulit wajah cocok untuk pH antara 4 hingga 5,5. Baik air perasan lemon maupun buah lemon utuh memiliki pH yang tak bisa ditolerir oleh wajah. Kandungan yang terlalu asam bisa menyebabkan kulit kusam dan wajah mudah teriritasi. 

Itu dia bahaya lemon yang perlu kamu ketahui agar wajahmu tak teriritasi. Gunakan produk lemon yang sudah di ekstrak karena sudah memiliki bahan campuran yang aman untuk wajah.

Baca Juga: Skincare 101: Hydrating Vs Moisturizing, Apa Sih Perbedaannya?

Akbar Photo Community Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You