Comscore Tracker

Bebas Nyeri, Begini 7 Trik Biar Tidur Lelap Meski Sedang Mentruasi

Menstruasi bukan halangan agar tidurmu berkualitas

Masa-masa mentsruasi bagi perempuan merupakan masa yang melelahkan. Selain psikoligis tidak setabil, rasa nyeri dan khawatir 'bocor' saat tidur kerap menghapiri. Tak ayal jika masa ini juga membuat tidur susah nyenyak.

Meski masa menstruasi terkadang membuat tidur tak nyaman, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara. Berikut hal yang bisa kamu lakukan biar kamu tetap nyaman dan tidur nyenyak selama menstruasi. 

1. Gunakan pembalut yang sesuai

Bebas Nyeri, Begini 7 Trik Biar Tidur Lelap Meski Sedang MentruasiIlustrasi pembalut (en.reporterlive.com)

Masa-masa awal mentruasi merupakan keluarnya darah dalam porsi yang banyak, terutama saat malam hari. Pilih pembalut yang memiliki ukuran dari biasanya. Apalagi saat ini sudah tersedia pembalut yang menyerupai celana dalam. Dengan memakai pembalut jenis ini kamu akan merasa bebas khawatir terhdap bocor saat tidur malam hari. 

2. Konsumsi minuman hangat

Bebas Nyeri, Begini 7 Trik Biar Tidur Lelap Meski Sedang MentruasiIlustrasi minuman hanngat (galagaliseo.com)

Untuk membuat kamu tenang, minumlah minuman hangat sebelum tidur. Bisa berupa teh hijau dan air jahe. Kurangi juga porsi gulanya agar tak berpengaruh terhadap berat badanmu. Namun usahakan menghindari kopi dan susu ya agar tidak kram perut saat tengah malam. 

3. Kompres area perut

Bebas Nyeri, Begini 7 Trik Biar Tidur Lelap Meski Sedang MentruasiIlustrasi mengompres area perut (firsthealthmag.com)

Mengompres area perut berfungsi untuk meregangkan otot agar rileks. Bisa menggunakan handuk yang direndam air hangat maupun dengan botol yang di isi dengan air hangat. Balurkan secara perlahan di sekitar area perut agar tidur menjadi lebih nyenyak.

Baca Juga: Kamu Bisa Bantu Putrimu Menghadapi Menstruasi Pertama Lewat 6 Hal Ini

4. Atur suhu ruangan

Bebas Nyeri, Begini 7 Trik Biar Tidur Lelap Meski Sedang MentruasiIlustrasi mengatur suhu AC (kandsac.com)

Suhu ruangan yang cenderung panas bisa memicu kram di sekitar area perut. Sebaliknya, jika menggunakan pendingin ruangan, aturlah suhunya agar tak terlalu digin namun tetap sejuk. Kondisi rnangan yang nyaman turut mempengaruhi psikologismu yang berpengaruh pada periode menstruasimu yang tidak lancar. 

5. Atur posisi tidur dengan nyaman

Bebas Nyeri, Begini 7 Trik Biar Tidur Lelap Meski Sedang MentruasiIlustrasi perempuan tidur (videoblocks.com)

Tidur menggunakan pembalut memang kurang nyaman. Namun kamu bisa menyiasatinya dengan meletakkan guling di sekitar pinggang. Hal ni untuk menyiasti agar posisi tubuhmu sehingga terasa lebih nyaman. Sebaiknya, tak tidur dalam posisi tengkurap untuk mengurangi rasa sakit pada tubuh. 

6. Tidur lebih awal

Bebas Nyeri, Begini 7 Trik Biar Tidur Lelap Meski Sedang MentruasiIlustrasi perempuan tidur (Shutterstock.com/@MeloyanMediaHouse)

Saat menstruasi, tubuhmu lebih banyak membutuhkan waktu istirahat. Hal ini dikarenakan reproduksi hormon yang melebihi dari biasanya. Tidurlah lebih awal agar tak terlalu larut insomnia. Cara ini juga akan membantu kamu di hari selanjutnya agar membiasakan waktu tidur lebih disiplin. 

7. Hindari kegiatan yang memicu emosi

Bebas Nyeri, Begini 7 Trik Biar Tidur Lelap Meski Sedang MentruasiIlustrasi perempuan bermain HP (sites.psu.edu)

Salah satunya ialah mengoperasikan ponsel. Hindari kegiatan tersebut agar emosimu tetap stabil. Mengutak atik ponsel bisa menjadikan emosimu cenderung tidak stabil karena selalu berusaha mencari berbagai informasi yang bisa mengurangi ketenangan kamu sebelum tidur.

Itu dia tujuh cara agar tidurmu tetap nyenyak dan bebas nyeri sat menstruasi. Semoga periode mentruasimu tidak mengganggu kualitas tidurmu, ya!

Baca Juga: Diasingkan Saat Menstruasi, Ibu & 2 Anaknya Meninggal di Pondok Kecil

Akbar Photo Verified Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya