Comscore Tracker

Begini Perawatan Miss V yang Tepat Sesuai Usia, Jangan Bingung Ya!

Jangan salah perawatan, ya!

Organ reproduksi wanita memiliki tingkat perawatan yang lebih spesifik jika dibandingkan dengan pria. Proses kehamilan dan melahirkan membuat miss v mengalami perubahan yang siginifikan. Belum lagi bertambahnya usia yang turut memperngaruhi perkembangan miss v. Agar tak salah, berikut cara benar merawat organ intimmu sesuai dengan usia!

1. Usia remaja

Begini Perawatan Miss V yang Tepat Sesuai Usia, Jangan Bingung Ya!freepik.com

Pada usia remaja yang berkisar antara 13-19 tahun, miss v akan mengalami perkembangan yang cukup pesat. Di usia inilah perempuan akan mengalami menstruasi pertama. Perawatan miss v di usia ini memerlukan pengetahuan yang benar, yakni membasuh organ kewanitaan dari belakang ke depan agar bersih serta rajin mengganti celana dalam minimal dua kali sehari.

2. Usia 20an

Begini Perawatan Miss V yang Tepat Sesuai Usia, Jangan Bingung Ya!jooinn.com

Usia 20-an, seorang permapuan biasanya aktif secara seksual, terutama bagi mereka yang menikah. Banyak yang menilai, menggunakan daun sirih sangat baik dilakukan untuk perawatan. Padahal sebenarnya vagina sama sekali tak membutuhkan cairan pembersih khusus, melainkan cukup air bersih yang mengalir. Keputihan bisa menjadi tanda jika vagina melakukan pembersihan secara mandiri.

3. Usia 30an

Begini Perawatan Miss V yang Tepat Sesuai Usia, Jangan Bingung Ya!parenting.firstcry.com

Tahap menuju usia 30 tahun, vagina mulai kekurangan daya elastisitasnya. Bisa karena faktor melahirkan maupun gaya hidup yang tidak sehat. Perawatan yang bisa dilakukan ialah dengan melakukan senam kegel agar otot dasar panggl tetap prima. Mulai menjaga pola makan kondisi vagina tetap sehat.

Baca Juga: Waspada, 8 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Mengganggu Kesehatan Vaginamu

4. Usia 40an

Begini Perawatan Miss V yang Tepat Sesuai Usia, Jangan Bingung Ya!lauraheathdpm.com

Jika usia 30 tahun daya elastisitas vagina memudar, maka di usia 40an vagina cenderung terasa kering. Hal ini disebabkan karena usia ini akan menuju masa menopause yang menandakan akan berakhirnya masa organ produktif dalam kehamilan dan melahirkan. Kamu juga perlu cek ke dokter ahli untuk mendeteksi adanya penyakit berbahaya, seperti kanker serviks. 

5. Usia 50 tahun ke atas

Begini Perawatan Miss V yang Tepat Sesuai Usia, Jangan Bingung Ya!sixtyandme.com

Masa awal menopause bisa jadi awal kehidupan yang cukup berat bagi seorang perempuan. Bentuk vagina secara perlahan akan berubah mengecil, begitu juga bagian leher rahim. Konsumsi makanan yang bisa menunjang kesehatan vagina, seperti kedelai dan edamame agar vagina tetap sehat meski sudah menopause. 

Itu dia perawatan yang benar dalam merawat vagina sesuai usia. Merawat organ intim termasuk salah satu investasi masa depan agar reproduksimu berjalan normal.

Baca Juga: Berdampak Buruk, 6 Tanda Vagina Kendur Ini Jarang Disadari

Akbar Photo Community Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You