Comscore Tracker

5 Masalah Kulit yang Biasanya Terjadi di Usia 20an & Cara Mengatasinya

Cewek-cewek wajib tahu nih!

Memasuki masa pubertas banyak perubahan terjadi pada tubuh kita, khususnya pada kaum hawa. Siklus menstruasi yang mulai muncul serta masalah kulit wajah yang datang bergantian. Mau tidak mau ini harus dilewati karena bagian dari proses tumbuh kembang yang wajar. 

Yang paling penting adalah mengetahui bagaimana cara mengatasinya dengan tepat. Buat para cewek millennial, berikut enam masalah kulit yang biasanya terjadi di usia 20an dan bagaimana cara mengatasinya!

1. Kulit berjerawat

5 Masalah Kulit yang Biasanya Terjadi di Usia 20an & Cara Mengatasinyainsider.com

Perubahan hormon, stress, produksi minyak berlebih, ketidakcocokan dengan produk kecantikan atau sekadar perawatan yang buruk adalah penyebab-penyebab dari munculnya jerawat terutama di usia 20an. Ini merupakan hal wajar dan kamu gak perlu panik jika mengalami hal demikian, untuk mengatasinya kenali jenis jerawat yang dimiliki terlebih dahulu. 

Setelah itu kamu pun bisa menentukan perawatan seperti apa yang harus dipilih. Misalnya jika produksi minyak berlebih maka cari produk yang non-comedogenic, perubahan hormon harus dibarengi dengan pola makan sehat yang jauh dari junk food, dan memperhatikan perawatan rutin yang lebih bersahabat pada tipe kulit masing-masing.  

2. Mata lelah

5 Masalah Kulit yang Biasanya Terjadi di Usia 20an & Cara Mengatasinyadrbusso.com

Di usia produktif ini berbagai tuntutan datang memaksa kita untuk beraktivitas lebih bahkan hingga larut malam. Alhasil mata panda, mata lelah dan mata bengkak kerap kali menghiasi penampilan. Tenang girls, kamu gak perlu khawatir mengatasinya. Kompres mata dengan irisan tipis timun lalu biarkan hingga 5 menit, lakukan ini hingga kondisi mata menjadi lebih segar.

3. Dehidrasi kulit

5 Masalah Kulit yang Biasanya Terjadi di Usia 20an & Cara Mengatasinyacultbeauty.co.uk

Dehidrasi kulit biasanya terjadi karena kurangnya tingkat kelembapan kulit karena tubuh kita kekurangan cairan. Kulit dehidrasi pun akan diikuti dengan tekstur permukaan kulit yang kasar dan pada tahapan yang parah kulit akan mengelupas.

Ini sering terjadi pada tipe kulit kering dan dapat diatasi dengan cara pemakaian pelembap rutin serta masker yang berbahan gel atau lotion. Hindari penggunaan masker yang mengandung scrub atau clay mask, karena itu dapat membuat kulit semakin kering. 

Baca Juga: 5 Masalah Kulit ini Bisa Terjadi Akibat Penggunaan Ponsel, Sudah Tahu?

4. Peradangan kulit

5 Masalah Kulit yang Biasanya Terjadi di Usia 20an & Cara Mengatasinyamedicalnewstoday.com

Beruntusan, kulit merah atau jerawat matang yang tak kunjung sembuh juga bisa disebut sebagai peradangan. Tipe kulit acne prone umumnya yang paling sering mengalami peradangan.

Agar tidak semakin parah pastikan untuk membersihkan wajah secara optimal. Karena penyebab utama dari peradangan itu terjadi saat wajah kita kotor dan terdapat sisa-sisa minyak yang akhirnya menyumbat pori-pori. 

5. Tekstur dan warna kulit yang tidak merata

5 Masalah Kulit yang Biasanya Terjadi di Usia 20an & Cara Mengatasinyabyrdie.com

Tekstur dan warna kulit yang tidak merata dapat terjadi karena paparan sinar matahari yang terus-menerus masuk ke dalam kulit tanpa ada perlindungan. Peran tabir surya disini sangat penting, penggunaan tabir surya secara rutin akan mencegah terjadinya perubahan kedua hal tadi. 

Jadi girls kamu gak perlu panik dan khawatir bila terjadi masalah kulit seperti di atas. Dengan cara sederhana dan tanpa perlu pergi ke dokter kecantikan kamu pun mengatasinya sendiri di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Baca Juga: 6 Manfaat Kulit Manggis untuk Kecantikan, Bikin Wajah Makin Glowing

Alee Shaby Photo Community Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You