Comscore Tracker

6 Perawatan Penting yang Wajib Dilakukan Wanita Berusia 40an

Biar kulit terus awet muda nih

Pertambahan usia membuat tubuh mengalami banyak perubahan, organ bagian dalam, penampilan hingga masalah kesehatan lain perlahan bermunculan. Tapi jika kita merawatnya dengan benar hal-hal seperti di atas dapat dihindari. Berikut enam perawatan penting yang wajib dilakukan wanita berusia 40an demi penampilan yang awet muda.

1. Selalu gunakan sunscreen

6 Perawatan Penting yang Wajib Dilakukan Wanita Berusia 40anunsplash.com/@hemptouch

Sunscreen ini memang menjadi produk klasik yang selalu tak pernah berhenti diulas dalam perawatan kulit. Sebab matahari adalah penyebab masalah kulit terbanyak yang patut diwaspadai. Mulai dari flek hitam, kerutan wajah hingga kanker kulit semua bisa terjadi karena sinar matahari.

Hal yang harus diperhatikan saat menggunakan sunscreen adalah dengan memilih produk yang dilengkapi penangkal UVA serta UVB dan jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan ulang setiap 3 jam sekali. 

2. Pilih sabun cuci muka dan pelembab yang cocok

6 Perawatan Penting yang Wajib Dilakukan Wanita Berusia 40anunsplash.com/@honest

Pertambahan usia justru membuat kemampuan kulit menurun, salah satunya dalam mempertahankan kekenyalannya. Oleh sebab itu di usia 40an kamu perlu menggunakan produk esensial seperti sabun cuci muka dan pelembab yang cocok di wajah. Mengetahui jenis kulit sendiri membuat kalian tahu apa nutrisi yang dibutuhkan, sehingga proses perawatan dapat berjalan lancar.

Beruntung bagi perempuan yang punya tipe kulit wajah berminyak sebab tipe kulit ini mengalami keriput atau garis-garis halus lebih sedikit dari mereka yang punya kulit kering.

3. Aplikasikan face oil

6 Perawatan Penting yang Wajib Dilakukan Wanita Berusia 40anunsplash.com/@lillileino

Face oil yang belakangan booming berguna bagi perempuan khususnya yang berusia 40an. Pasalnya kandungan minyak alami seperti ini adalah cara terbaik untuk memberi nutrisi wajah dan kelembaban yang terkunci lama. Rekomendasi face oil yang paling efektif untuk menjaga kelembaban wajah dan mencegah penuaan di antaranya seperti, argan oil, almond oil dan jojoba oil.

Baca Juga: Wajah Jadi Glowing Lho! Yuk Ikuti Perawatan Produk Berbahan Bunga Ini 

4. Tidak lupa mengeksfoliasi kulit

6 Perawatan Penting yang Wajib Dilakukan Wanita Berusia 40anunsplash.com/@officialdavery

Penumpukan kulit mati di wajah semakin bertambah tebal seiring dengan bertambahnya usia. Oleh sebab itu mengeksfoliasi kulit jadi rutinitas yang tidak boleh dilupakan. Setidaknya lakukan eksfoliasi sekali seminggu agar kulit wajah dapat menunjukkan sisi kesegarannya. Eksfoliasi kulit ini dapat dilakukan melalui facial wash yang dilengkapi dengan scrub.

5. Mempraktikkan facial massage

6 Perawatan Penting yang Wajib Dilakukan Wanita Berusia 40anunsplash.com/@contentpixie

Gak berarti kamu harus ke salon kecantikan setiap minggu, facial massage bisa didapatkan dengan mencoba jade roller atau alat perawatan sejenisnya setiap pagi. Pijat bagian rahang, leher, dahi dan tulang pipi untuk mengencangkan wajah, memperlancar sirkulasi darah dan menjaga elastisitas kulit.

Facial massage di rumah seperti tadi bisa dilakukan sambil mengaplikasikan face oil, pelembab atau serum selagi menggunakan tahapan skincare.

6. Terapkan pola makan yang sehat

6 Perawatan Penting yang Wajib Dilakukan Wanita Berusia 40anunsplash.com/@gigantfotos

Tampil memukau di usia 40an harus didukung dengan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Hindari kopi dan ganti minuman favorit menjadi teh hijau atau jus kaya antioksidan. Menyeimbangkan perawatan luar dan dalam akan mempermudah tubuh memaksimalkan fungsinya untuk tetap tampil memukau di usia yang tak lagi muda. 

Butuh tahapan dan usaha yang harus dilakukan untuk mencapai keindahan serta kesehatan kulit di usia 40an. Namun asalkan ada niat dan tekad semua pasti bisa diwujudkan.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Skincare Fermentasi yang Sesuai untuk Semua Jenis Kulit

Alee Shaby Photo Community Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You