Comscore Tracker

Tidak Hanya Ombre, 6 Teknik Pewarnaan Rambut Ini Juga Bisa Kamu Coba

Simak perbedaannya, jangan sampai salah pilih

Mewarnai rambut sudah menjadi tren yang berkembang belakangan. Tidak hanya warna hitam pekat atau cokelat tebal, para penata rambut memiliki teknik pewarnaan khusus yang membuat tampilan warna rambut kamu jadi semakin memesona.

Sebut saja ombre, balayage, dan highlight. Masing-masing teknik memiliki ciri khas tersendiri, sehingga membuat tampilan yang berbeda satu sama lainnya. Mau tahu seperti apa? Simak penjelasan tentang teknik pewarnaan rambut berikut ini.

1. All-over hair color

Tidak Hanya Ombre, 6 Teknik Pewarnaan Rambut Ini Juga Bisa Kamu Cobanomakenolife.com

Seperti namanya, teknik ini merupakan pengaplikasian hanya satu warna ke rambut kamu.

Jenis teknik ini memiliki tiga tingkat, yaitu:

  • Permanen,  menggunakan  formula mengandung amonia dan peroksida yang secara kimia akan mengubah warna rambutmu. Perubahan kimia inilah yang membuatnya menjadi permanen.
  • Demi-permanen, perwarna  tidak mengandung amonia, tetapi mengandung peroksida untuk membantu rambut menyerap warna. Umumnya warna akan memudar dalam 12 hingga 24 kali keramas.
  • Semi-permanen, pewarnaan tidak mengandung amonia dan warna hanya tersimpan di permukaan rambut. Umumnya warna akan menghilang sekitar 6 hingga 12 kali keramas.

2. Two tone hair coloring

Tidak Hanya Ombre, 6 Teknik Pewarnaan Rambut Ini Juga Bisa Kamu Cobahottesthaircuts.com

Teknik ini hanya mencakup dua warna, satu untuk dasar rambut dan satu lagi untuk helai rambut yang lebih terang, lebih gelap, atau diperkaya dengan warna. Di era balayage, teknik seperti ini mungkin sudah sulit ditemukan. Sebagian besar penata rambut  lebih suka menggunakan 3 dan lebih banyak warna untuk memadukan highlight sempurna ke rambut.

Jika kamu tertarik, lihat contoh gaya rambut dip-dye dan pewarnaan rambut biru dan ungu. Penata rambut lebih sering memilih 2 warna, atau yang biasa disebut peek-a-boo hair.

Namun, pewarnaan dua tone ini dibuat tidak hanya dengan warna-warna pastel atau cerah, bisa dalam teknik  ombre klasik atau balayage.

3. Highlights

Tidak Hanya Ombre, 6 Teknik Pewarnaan Rambut Ini Juga Bisa Kamu CobaInstagram.com/cierra.fleischmann

Highlights merupakan teknik pewarnaan rambut yang tidak pernah ketinggalan zaman karena mampu menciptakan efek tebal dan juga efek multi dimensi ke dalam rambut. Teknik ini juga cocok untuk kamu yang baru pertama kali mewarnai rambut.

Secara umum, highlights merupakan teknik di mana bagian rambut yang diwarnai akan menjadi lebih terang dari warna alami. Teknik ini bisa digunakan untuk memberikan dimensi rambut, menonjolkan fitur wajah, atau untuk membantu memberi kesan ramping pada wajah.

Highlight bisa ditempatkan di atas kepala,  di depan, di lapisan atas atau hanya di ujung, tergantung di bagian mana yang lebih membutuhkan dimensi. Ada dua jenis highlight yang paling populer: teknik foiling tradisional dan free-hand (alias hair painting). 

Baca Juga: Inspirasi 7 Warna Rambut Ungu ala Seleb Hollywood, Berani Coba?

4. Ombre

Tidak Hanya Ombre, 6 Teknik Pewarnaan Rambut Ini Juga Bisa Kamu CobaInstagram.com/hairbykatlin

Dalam bahasa Prancis, ombre berarti teduh. Karena itulah ombre juga disebut teknik pewarnaan rambut bayangan, memadukan dua warna rambut  secara bersama-sama. Rambutmu  akan tampak gelap dari akar dan semakin terang menuju ujungnya.

Tujuan teknik ini untuk memastikan tidak ada garis keras antara kedua warna rambut sehingga mampu menghasilkan tampilan yang canggih dan elegan.

Selain itu, kamu bisa juga memilih padanan warna yang lain. Bagian akar akan menggunakan warna rambut aslimu, sementara warna pilihan akan menyatu di ujung rambut.

5. Sombre

Tidak Hanya Ombre, 6 Teknik Pewarnaan Rambut Ini Juga Bisa Kamu Cobaglamourmagazine.co.uk

Sombre lebih lembut daripada ombre, artinya perbedaan antara warna akar dan ujung rambut tidak sekontras pada teknik ombre. Warna antara akar dan ujung haruslah memiliki tone yang berdekatan, misalnya warna karamel dan cokelat, atau warna abu dan platinum.

Sombre akan memberi rambutmu warna dengan efek memudar secara bertahap.

6. Balayage

Tidak Hanya Ombre, 6 Teknik Pewarnaan Rambut Ini Juga Bisa Kamu CobaInstagram.com/squirtedaway

Balayage merupakan istilah bahasa Prancis, yang berarti menyapu atau mengecat. Balayage telah menjadi salah satu teknik warna rambut paling populer sepanjang masa. Banyak selebriti memilih teknik pewarnaan yang satu ini ketimbang yang lainnya. Balayage didapat dengan menggabungkan teknik aplikasi ombre dan highlight.

Akan tetapi, balayage berbeda dari highlight karena tidak ada menggunakan foil . Warna disapu melalui bagian segitiga kecil pada rambut dengan tangan, menciptakan highlight yang terlihat alami.

Hasil akhirnya adalah highlight yang lembut dan rambut akan tampak seperti terkena sinar matahari secara alami. Balayage juga tidak memerlukan perawatan yang susah sehingga cocok untuk kamu yang sibuk

Sebenarnya masih ada banyak lagi variasi untuk pewarnaan rambut, baik itu dari cara pewarnaan, penggunaan foil, maupun jumlah warna yang digunakan. Tetapi enam teknik di atas merupakan teknik dasar yang paling sering digunakan.

Kenali dahulu kebutuhan, jenis rambut dan bentuk wajahmu, sehingga kamu bisa menentukan teknik pewarnaan mana yang paling tepat untukmu.

Baca Juga: Inspirasi Styling & Warna Rambut Pendek hingga Sebahu, Trennya Ungu!

Suarcani Photo Verified Writer Suarcani

Penulis yang seringkali baper dengan kisah karangannya sendiri. IG @alhzeta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya