Comscore Tracker

5 Hal yang Sering Diremehkan Ini Ternyata Bisa Memicu Jerawat

Handphone yang kita pakai ternyata jadi pemicu jerawat lho!

Mulai capek sama jerawat di muka yang susah hilangnya? atau bahkan bertambah banyak? Padahal sudah merasa sangat rajin dan konsisten memakai skincare sesuai dengan concern kita? 5 hal remeh di sekeliling kita ini mungkin bisa jadi salah satu penyebabnya.

Apa aja sih? Here they are!

1. Bantal

5 Hal yang Sering Diremehkan Ini Ternyata Bisa Memicu JerawatDesignlovefest.com

Kebayang gak sih banyak hal “kotor” yang ada di bantal kamu, misal nih, sisa-sisa hair product yang lai kamu pakai di rambut, sel kulit mati, atau hal-hal lainnya. Disarankan nih buat sering-sering ganti sarung bantal.

Apalagi kalau kamu sering tidur dengan posisi miring (pipi berada di bantal). Kalau kamu gak punya stok sarung bantal, kamu bisa gunakan kaos kamu untuk sarung bantal.

2. Handuk

5 Hal yang Sering Diremehkan Ini Ternyata Bisa Memicu JerawatBeyondmeek.com

Sama halnya dengan bantal. Banyak kotoran tak terduga yang ada di handuk, entah itu dari hair product atau body product. Mending kamu pisahkan deh mana handuk untuk mandi dan mana handuk untuk muka kamu.

Baca Juga: Ilmuwan Sedang Kembangkan Vaksin Anti Jerawat. Gimana Caranya?

3. Handphone

5 Hal yang Sering Diremehkan Ini Ternyata Bisa Memicu JerawatAmazon

Ada deh rasanya tiap menit atau tiap detik kita menggunakan handphone. Mulai di kamar mandi, abis pegang gorengan, abis pencet tombol lift, abis pegang gagang pintu, dan masih banyak lagi. Kebayangkan berapa banyak kuman di handphone dan layarnya, terus tanpa sadar kamu tempelin di pipi kamu saat menerima telepon. Ih!

4. Menggunakan skincare pasangan

5 Hal yang Sering Diremehkan Ini Ternyata Bisa Memicu JerawatAtoneskincare

Kalau kamu cewek, dan beberapa kali pinjam sabun cuci muka cowok kamu, atau sebaliknya, itu bisa jadi alasan kenapa muka kamu bermasalah atau berjerawat. Karena walaupun sama-sama sabun cuci muka, tapi kandungan bahannya berbeda antara skincare cewek dan cowok.

5. Kertas minyak atau blotting paper

5 Hal yang Sering Diremehkan Ini Ternyata Bisa Memicu JerawatRikumo

Emang iya kertas minyak bisa menyebabkan jerawat? Bisa aja lho, beberapa kertas minyak memiliki kandungan yang kurang cocok sama orang yang memiliki muka cenderung mudah berjerawat atau sensitif. Alhasil, saat keseringan pakai kertas minyak maka jerawat makin parah atau lama hilangnya dari wajah. Gak mau kan?

Itulah beberapa penyebab sepele yang kabarnya bisa jadi pemicu wajah berjerawat. Bisa jadi pemicu dari jerawat itu sendiri masih banyak selain di atas. Tapi gak ada salahnya nih untuk menghindari jerawat muncul di wajah, maka dari sekarang kamu sudah mengurangi aktivitas yang dapat menimbulkan jerawat seperti di atas.

Baca Juga: 5 Alasan Jerawat yang Nempel di Wajah Perlu Sesegera Mungkin Ditangani

Alvita Wibowo Photo Verified Writer Alvita Wibowo

@alvitawibowo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya