Comscore Tracker

Heels atau Sneakers? Lupakan, Keduanya Bikin Kaki Bengkak di Pesawat

Nih, buatmu yang pengin fashionable dan nyaman di pesawat!

Gak selamanya fashion items yang kita pakai di pesawat menentukan nyaman gaknya kita selama penerbangan, apalagi kalau sering merasa bengkak di area kaki.

Salah besar kalau kamu pikir pasti gara-gara tekanan udara di pesawat atau gara-gara sepatu merek A atau sepatu jenis B yang bikin bengkak. Sebenarnya, apa sih penyebabnya? Here they are!

1. Kamu kurang bergerak

Heels atau Sneakers? Lupakan, Keduanya Bikin Kaki Bengkak di PesawatUnsplash/Dane Welton

Kurang gerak bisa bikin bengkak atau kesemutan, terutama di pesawat. Saat di pesawat, kita harus duduk yang lama. Ini yang menyebabkan sebagian darah dan cairan tubuh lainnya kita terkumpul semua di kaki karena pengaruh gravitasi.

Karena jantung bukan satu-satunya organ kita yang bekerja seperti pompa, otot kaki juga bekerja seperti pompa. Makanya, kita harus sering gerak dan stretching saat di dalam pesawat.

2. Mau pakai heels, pakai sepatu, atau sandal, gak ada efeknya

Heels atau Sneakers? Lupakan, Keduanya Bikin Kaki Bengkak di PesawatUnsplash/Alex Gray

“Ah, aku lepas sepatu aja kali, ya. Siapa tahu gak bengkak lagi!"

Sebenarnya, gak ada bedanya. Mau pakai alas kaki atau gak pun, selama kamu masih duduk dengan kaku tanpa bergerak, ya, sama saja.

Mungkin ada efeknya sedikit pas melepas alas kaki yang bikin agak relaks. Namun, daripada repot dan mengganggu penumpang lainnya, mending stretching atau gerak-gerakan kaki saja.

Baca Juga: Tanganmu Suka Kram? Ikuti 7 Tips Mudah Ini untuk Segera Meredakannya

3. Mau naik kereta atau bus? Sama aja

Heels atau Sneakers? Lupakan, Keduanya Bikin Kaki Bengkak di PesawatUnsplash/Madeleine Ragsdale

Gravitasi dan tekanan udara di kabin pesawat bukan satu-satunya faktor. Bahkan, kalau kita di kantor, kampus, atau sekolahan, kelamaan duduk bisa menyebabkan penumpukan cairan di kaki, apalagi menjelang siang hari.

4. Namun, stretching aja gak cukup

Heels atau Sneakers? Lupakan, Keduanya Bikin Kaki Bengkak di PesawatUnsplash/Dane Welton

Kalau cuma mengandalkan stretching pas waktu senggang, tentu ga cukup. Yuk, mulai rajin jogging, zumba, atau olahraga kardio. Selain meregangkan otot-otot, bonusnya kita akan jauh lebih fit!

5. Hindari beli alas kaki yang terlalu pas atau sempit

Heels atau Sneakers? Lupakan, Keduanya Bikin Kaki Bengkak di PesawatUnsplash/MRF

Fun fact: waktu terbaik untuk beli sepatu yaitu pas siang hari. Itu karena pada jam-jam tersebut kondisi kaki kita agak sedikit lebih “bengkak”. Keuntungannya ini menghindarkan kita membeli sepatu yang terlalu sempit atau pas.

Gimana? Mau nyaman gaknya kita di pesawat, gak sepenuhnya karena alas kaki yang kita pakai, lho. Jadi, mau pakai heels, sneakers, atau sandal, yang penting kita sering stretching dan gerak-gerakan tubuh kita selama di penerbangan.

Baca Juga: 8 Penyebab Kamu Sering Alami Kram Tiba-tiba, Hindari Semua Pemicunya!

Alvita Wibowo Photo Verified Writer Alvita Wibowo

@alvitawibowo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You