Comscore Tracker

Khawatir Pakai Skincare? Ini 6 Tips Aman Merawat Wajah Selama Hamil

#PANJATPOIN Dijamin wajahmu gak bakal kusam!

Pada saat hamil, tubuh mengalami perubahan hormon yang menyebabkan sejumlah perubahan pada wanita. Selain emosi jadi gak stabil, biasanya kondisi kulit juga rentan mengalami masalah seperti munculnya flek hitam, kusam, dan kucel.

Meskipun keadaan tersebut gak berbahaya, tapi terbilang cukup mengganggu penampilan. Bahkan bikin gak percaya diri, bukan? Nah, buat kamu yang sedang mengalami hal serupa, baiknya jangan keburu memakai sembarang kosmetik. Sebab kandungan dalam produk-produk kecantikan dikhawatirkan bisa mengganggu perkembangan janin. 

Untuk lebih aman, yuk ikuti tips merawat wajah saat hamil ini agar kulitmu tetap glowing tanpa ada efek samping.

1. Rajin gunakan tomat untuk masker anti aging

Khawatir Pakai Skincare? Ini 6 Tips Aman Merawat Wajah Selama Hamilmsn.com

Tomat adalah buah sekaligus sayuran yang mudah didapatkan dimana saja. Selain berguna sebagai penyedap masakan, tomat ini juga kaya vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Adanya kandungan vitamin C dan senyawa likopen yang tinggi dalam tomat juga sangat bagus untuk merawat kecantikan kulit. Keduanya senyawa tersebut merupakan zat antioksidan yang berperan dalam merangsang kolagen, mencegah tanda penuaan, serta membuat wajah semakin cerah.

Kamu bisa aplikasikan tomat ini sebagai masker wajah setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Untuk pemutih alami, kamu bisa aplikasikan masker putih telur

Khawatir Pakai Skincare? Ini 6 Tips Aman Merawat Wajah Selama Hamilthestripe.com

Telur adalah salah satu makanan sehat yang direkomendasikan bagi ibu hamil. Adanya kandungan mineral, vitamin A, B, D dan omega-3 yang cukup tinggi dalam telur sangat berguna dalam membantu perkembangan otak janin.

Ternyata, telur gak sekadar bagus untuk kandungan saja, lho! Telur juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah, dimana fungsinya bisa mengencangkan kulit serta merangsang produksi kolagen sehingga wajah pun akan tampak awet muda. 

Untuk pengaplikasiannya, kamu bisa tambahkan jeruk nipis sebagai agen vitamin C yang berguna untuk mencerahkan kulit. 

3. Jangan lupa oleskan pelembap oil-base (minyak zaitun atau argan) agar wajah glowing

Khawatir Pakai Skincare? Ini 6 Tips Aman Merawat Wajah Selama Hamildhanrasessentials.co.in

Wajah kering merupakan pemicu utama terjadinya penuaan dini. Jadi, saat kulitmu tidak terhidrasi dengan baik, maka secara perlahan kerutan dan flek hitam akan mudah muncul.

Nah, untuk menghindari kondisi tersebut, kamu wajib banget menjaga kelembapan kulitmu sekalipun pada saat hamil. Sebagai alternatif yang aman, kamu bisa memilih menggunakan moisturizer alami oil base, misalnya saja minyak zaitun atau minyak argan.

Kedua minyak tersebut mengandung vitamin A, vitamin E, dan polifenol cukup tinggi yang berguna untuk meningkatkan kelembapan kulit sekaligus menjaga kelastisitasannya. Minyak ini bisa banget digunakan setiap hari, lho! Tidak ada efek samping dan dijamin wajahmu bakal semakin glowing.

Baca Juga: 7 Kesalahan Pakai Skincare yang Bikin Kulit Wajah Semakin Berminyak

4. Masker madu juga ampuh untuk mencegah jerawat dan flek hitam

Khawatir Pakai Skincare? Ini 6 Tips Aman Merawat Wajah Selama Hamilbcbstwelltuned.com

Selain pelembap oil,  kamu juga bisa gunakan madu untuk menghidrasi wajahmu secara alami. Madu memiliki kandungan tinggi vitamin yang dapat mengatasi masalah kulit kering. Madu juga bersifat antibakteri sehingga ampuh dalam menyembuhkan jerawat, flek hitam, ataupun komedo.

Cukup oleskan madu di wajah secara merata. Diamkan kira-kira 20 menit, lalu bilas sampai bersih. Kamu bisa mengulangi pemakaiannya 1-2 kali sehari.

5. Perbanyak konsumsi air putih agar wajah tampak fresh

Khawatir Pakai Skincare? Ini 6 Tips Aman Merawat Wajah Selama Hamilmedicalnewstoday.com

Meningkatkan konsumsi air putih saat hamil tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan.  Selain untuk mengeluarkan racun, air putih juga bisa membantu mengoptimalkan penyaluran nutrisi ke plasenta. 

Tak hanya itu saja, air putih ternyata memiliki pula khasiat ajaib untuk kulit. Dengan kamu memperbanyak konsumsi air putih, paling tidak 2-3 Liter sehari maka bisa membantu menjaga keremajaan kulitmu, termasuk mencegah timbulnya keriput, menyamarkan mata panda, serta membuat wajah semakin fresh. Gak kusam lagi, deh!

6. Tingkatkan pula asupan buah dan sayuran sebagai penambah nutrisi untuk kulit

Khawatir Pakai Skincare? Ini 6 Tips Aman Merawat Wajah Selama Hamilheart.org

Merawat kulit hanya dari luar tentunya gak cukup untuk menjaga kecantikan wajahmu. Kamu juga perlu nutrisi dari dalam tubuh untuk perawatan secara optimal. Khususnya buah-buahan dan sayuran. Kedua bahan tersebut baiknya selalu ada di menu harianmu, sebab tubuh tidak bisa memproduksi vitamin ataupun mineral sendiri.

Dengan kamu rajin mengonsumsi buah serta sayuran, maka otomatis kulitmu akan tampak lebih sehat dan cerah. 

Nah, demikianlah sederet tips merawat wajah saat hamil yang bisa kamu praktikkan di rumah. Sangat mudah, bukan? Kalaupun kamu berniat menggunakan produk skincare, jangan lupa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Basic Skincare dan Step Pemakaiannya untuk Cowok

niya sym Photo Verified Writer niya sym

Pengembara di bumi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya