Comscore Tracker

7 Anggapan Keliru Sering Dilakukan Saat Perawatan Wajah Agar Awet Muda

Perlu diperhatikan, ya

Sebagian wanita menjadi tua sangat menakutkan. Agar tidak terjadi hal tersebut berbagai macam usaha dilakukan. Di antaranya dengan membeli berbagai macam krim, jamu, ramuan herbal, hingga melakukan perawatan wajah agar tampak awet muda.

Namun dalam melakukan perawatan wajah tersebut ada beberapa anggapan keliru yang sering dilakukan, seperti yang dijelaskan oleh Jeanie Downie, M.D dan Patricia Farris, M.D dalam bukunya The Sugar Detox. Kekeliruan apa sajakah yang sering dilakukan? Simak di bawah ini.

1. Kerutan di wajah dapat dikurangi dengan pelembap

7 Anggapan Keliru Sering Dilakukan Saat Perawatan Wajah Agar Awet Mudapexels.com/@burst

Anggapan ini keliru karena pelembap tidak dapat mengurangi kerutan tetapi hanya mengurangi penampakan kerutan dengan cara melembapkan kulit wajah. Menurut Jeanie Downie, M.D kerutan pada kulit dapat diatasi dengan menggunakan krim tabir surya (sunblock). Gunakan krim tabir surya dengan SPF 30 ke atas efektif mengurangi kerutan di wajah.

2. Makeup dapat melindungi wajah dari sengatan matahari

7 Anggapan Keliru Sering Dilakukan Saat Perawatan Wajah Agar Awet Mudapexels.com/@lstan

Sengatan matahari dapat mengakibatkan kulit wajah cepat keriput karena sinar matahari. Sinar matahari dapat menembus lapisan jangat dan lemak sehingga lapisan tersebut mengalami kerusakan. 

Anggapan menggunakan makeup dapat melindungi wajah dari sengatan matahari Ada salah. Agar wajah terlindung dari sengatan matahari gunakan krim tabir surya sehingga wajah terhindar dari kerutan.

3. Menggunakan makeup tebal dapat menutupi kerutan

7 Anggapan Keliru Sering Dilakukan Saat Perawatan Wajah Agar Awet Mudapexels.com/@pixabay

Makeup yang tebal tidak dapat menutupi kerutan karena makeup ini dapat retak. Dengan demikian kerutan akan lebih terlihat menonjol. Untuk menutupi kerutan gunakan bedak dengan warna yang lembut agar terlihat lebih muda.

Baca Juga: 10 Cara Mencegah Kerutan Dini pada Usia 20-an, Wajah Pun Berseri!

4. Memakai produk kecantikan mahal membuat awet muda

7 Anggapan Keliru Sering Dilakukan Saat Perawatan Wajah Agar Awet Mudapexels.com/@andersonguerra

Jeanie Downie, M.D menjelaskan memakai produk kecantikan bukan pada mahalnya tetapi kandungannya harus sesuai dengan jenis kulit. Sebelum membeli produk kecantikan teliti dahulu kandungan formulanya. Banyak produk kecantikan dengan harga murah tetapi cocok dan aman untuk kulit wajah.

5. Senam wajah membuat awet muda

7 Anggapan Keliru Sering Dilakukan Saat Perawatan Wajah Agar Awet Mudapexels.com/@Janko Ferlic

Banyak pendapat yang mengatakan jika senam wajah dapat mengencangkan kulit dan otot wajah sehingga akan terlihat awet muda. Pendapat ini belum ada pembuktiannya karena gerakan senam wajah sudah sering dilakukan sehari-hari seperti pada saat mengunyah makanan, tertawa, dan tersenyum. Tetapi gejala penuaan tetap terjadi.

6. Penggunaan produk anti aging yang serangkai

7 Anggapan Keliru Sering Dilakukan Saat Perawatan Wajah Agar Awet Mudapexels.com/@pixabay

Banyak wanita yang tergoda menggunakan produk anti aging yang serangkai tetapi tidak mengetahui cara mengaplikasikannya sehingga tidak berdampak pada kulit wajah.

Dalam mengaplikasikan produk anti aging pada wajah pastikan dapat menyerap secara optimal. Lakukan dengan cara gerakan memijat pada wajah secara lembut.

7. Rutinitas perawatan kulit wajah tidak menyesuaikan kondisi 

7 Anggapan Keliru Sering Dilakukan Saat Perawatan Wajah Agar Awet Mudapexels.com/@shiny-diamond

Perawatan kulit wajah yang teratur akan membuat sehat dan berseri. Membersihkan wajah, memakai pelembap, serta menggunakan tabir surya adalah perawatan yang harus dilakukan setiap hari jika ingin terlihat awet muda.

Dalam kondisi sehari-hari keadaan cuaca kadang tidak menentu maka dalam perawatan wajah harus disesuaikan. Saat cuaca panas atau kemarau gunakan pelembap cenderung lebih banyak. Demikian juga saat melakukan perjalanan ke luar negeri yang memiliki perbedaan cuaca. Maka dalam melakukan perawatan wajah jangan lupa sesuaikan pada kondisi cuaca.

Agar terlihat awet muda lakukan perawatan wajah secara teratur dan menghindari kekeliruan yang sering dilakukan. Selain itu pola hidup sehat juga menunjang untuk mendapatkan kulit wajah yang awet muda, meskipun usia terus bertambah.

Baca Juga: 5 Rahasia Cantik ala Wanita Thailand, Skincare Alami Bikin Kulit Sehat

Viva Nahfiah Photo Verified Writer Viva Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya