Comscore Tracker

5 Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Sukses Dalam Berkarier, Dicoba ya

Harus seimbang!

Banyak wanita yang ragu untuk menikah salah satu alasannya, yaitu karena mereka takut tidak bisa berkarier setelah menikah. Berbeda halnya dengan seorang laki-laki, yang memang punya kewajiban untuk menafkahi keluarga, makanya mereka harus mampu berkarier untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Berbanding terbalik dengan seorang wanita, tugas utamanya setelah menikah,yaitu untuk mengurus keluarga kecilnya. 

Menjadi ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang multi talenta, karena mereka diharuskan mampu menjadi perawat, jadi koki, jadi asisten pribadi, jadi tenaga pendidik untuk anak-anak, dan masih banyak lagi talent yang harus dikuasi oleh seorang wanita.

Banyak wanita terpaksa berhenti berkarier, lantaran tidak mendapatkan ijin dari sang suami. Maka bagi kalian yang diperbolehkan untuk tetap berkarier, gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Jangan kecewakan kepercayaan yang diberikan oleh sang suami padamu ya!

Dibawah ini ada lima tips bagi para ibu rumah tangga, yang masih bisa sukses berkarier, meskipun sibuk dengan berbagai urusan rumah tangga. 

1. Menjaga mood dengan fokus bekerja

5 Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Sukses Dalam Berkarier, Dicoba yaIlustrasi chattingan ( unsplash.com/Mimi)

Salah satu kesulitan ibu rumah tangga, saat bekerja yaitu kesulitan membagi fokus antara urusan rumah tangga dan juga pekerjaan. Maka dibutuhkan konsentrasi tinggi, saat mereka menghadapi pekerjaan, supaya tidak terjadi kesalahan kerja. 

Tips pertama bagi para ibu rumah tangga, yang ingin sukses berkarier, yaitu dengan menjaga mood dan tetap fokus dalam bekerja. Saat kalian bekerja fokuskan pikiran dan hatimu, untuk pekerjaan, kesampingkan dulu urusan rumah tangga. Baru setelah urusan pekerjaan selesai, kalian bisa sepenuhnya mengurus urusan rumah tangga.

2. Manejemen stres yang baik

5 Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Sukses Dalam Berkarier, Dicoba yaIlustrasi bahagia ( unsplash.com/Jose)

Ibu rumah tangga, memang rentan terkena stres, lantaran pekerjaannya itu tidak pernah ada habisnya. Dari mengurus pekerjaan rumah, mengurus anak, dan masih banyak lagi yang harus diselesaikannya.

Bagi para ibu rumah tangga yang ingin tetap sukses berkarier, kalian harus mampu menejemen stres dengan baik. Sehingga kalian bisa menyeimbangkan urusan pekerjaan rumah tangga dan pekerjaan di kantor.

Manejemen stres yang baik, akan menjadikan kalian sukses menjadi ibu rumah tangga, sekaligus sukses dalam urusan berkarier.

Baca Juga: 5 Cara Cemerlang Buat Kamu yang Ingin Sukses Jadi Wanita Karier 

3. Punya target dan tujuan yang jelas

5 Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Sukses Dalam Berkarier, Dicoba yaIlustrasi bekerja ( unsplash.com/LinkedIn)

Punya target dan tujuan begitu sangat penting untuk dilakukan. Karena di saat para ibu rumah tangga merasa lelah, hal ini akan mengingatkan kembali tujuan awal mereka berkarier.

Sehingga yang tadinya merasa down, dengan adanya tujuan dan target ini, akan membuat mereka kembali bersemangat kembali. 

4. Jadikan anak-anak sebagai penyemangat

5 Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Sukses Dalam Berkarier, Dicoba yaIlustrasi ibu dan anak ( unsplash.com/Alexander)

Bagi seorang ibu, anaknya adalah penyemangat hidupnya. Maka tidak ada salahnya, untuk menjadikannya sebagai penyemangat kalian dalam bekerja. Saat kalian merasa lelah dalam bekerja, merekalah yang akan membangkitkan kembali semangat dalam diri kalian.

Saat-saat sulit dan ingin menyerah menghadapi pekerjaan, bisa kalian lalui dengan adanya sang buah hati. Dengan begitu meskipun menjadi ibu rumah tangga, kalian akan bisa tetap sukes dalam berkarier.

5. Mintalah pendapat sang suami mengenai pekerjaan

5 Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Sukses Dalam Berkarier, Dicoba yaIlustrasi romantis ( unsplash.com/thought)

Tidak ada salahnya untuk meminta pendapat sang suami, dalam urusan pekerjaan. Dengan begitu kalian akan memiliki wawasan yang lebih luas lagi.

Sharing tentang pekerjaan bisa menjadikan kalian sukses berkarier. Dengan begitu selain bisa menjalankan peran sebagai ibu rumah tangga, kalian juga bisa sukses berkarier.

Memang dibutuhkan usaha lebih bagibpara ibu rumah tangga, yang menginginkan untuk bisa sukses dalam kariernya. Tapi jangan pantang menyerah, selagi suami mengizinkan, kesuksesan pasti akan kalian raih dengan mudah.

Baca Juga: 5 Tips Ikhlas saat Harus Meninggalkan Karier demi Anak, Ibu Hebat!

Andri Wiyatno Photo Verified Writer Andri Wiyatno

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya