Comscore Tracker

7 Masker Wajah Alami untuk Mencerahkan dan Merawat Kulit

Weekend nanti coba yuk bareng sahabat

Bagi perempuan menjaga penampilan itu mutlak, terutama urusan wajah. Karena bagian tubuh yang satu ini adalah yang paling sering dilihat oleh orang.

Wajah yang bersih dan cerah akan mencerminkan bahwa kamu, termasuk perempuan yang rajin merawat diri. Tapi terkadang kesibukan jadi kendala meluangkan waktu bahkan untuk sekedar "maskeran".

Selain itu, produk kecantikan berupa masker wajah yang beredar di pasaran, gak jarang justru bikin wajah kamu iritasi karena adanya kandungan bahan kimia di dalamnya.

Nah, buat kamu si super sibuk atau kamu yang trauma sama perawatan wajah instan dari produk kecantikan, bisa beralih ke bahan alami. Masker wajah alami dari buah-buahan atau bahan alami lainnya cocok baget nih kamu coba.

Selain tanpa risiko dan efek samping, bikin masker home made sendiri di rumah, bisa juga kamu jadiin acara quality-time bareng sahabat-sahabatmu. Daripada cuma kumpul trus gosip mending perawatan bareng, kan lebih asik.

Dan berikut dibawah ini 7 masker wajah alami yang tentunya terbuat dari bahan-bahan yang alami, bisa kamu cobain di rumah ya!

1. Masker alpukat dan madu

7 Masker Wajah Alami untuk Mencerahkan dan Merawat KulitUnsplash/Kelly Sikkema

Alpukat dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah kulit, gak terkecuali kulit wajah. Mulai dari kulit kering hingga membantu membersihkan wajah dari flek hitam. Kandungan vitamin C pada buah alpukat juga bisa membantumu mencerahkan wajah.

Sementara madu bisa membantu untuk menghaluskan-nya. Tapi perlu diingat bahwa madu yang digunakan harus madu alami, ya.

Cara membuat masker alpukat-madu adalah dengan mengambil kira-kira 5 sendok makan daging buah alpukat, kemudian campurkan dengan 1 sendok makan madu. Haluskan kedua bahan tersebut hingga menjadi pasta lalu masukkan ke dalam lemari es selama 30 menit.

Aplikasikan masker pada kulit wajah yang sudah dibersihkan dan dalam keadaan kering. Diamkam masker selama 20-30 menit. Atau sampai mengering, lalu bilas dengan air dingin.

2. Strawberry Yogurt

7 Masker Wajah Alami untuk Mencerahkan dan Merawat KulitUnsplash/Jacek Dylag

Selain kaya akan kandungan vitamin C-nya yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit, strawberry juga kaya akan vitamin E dan K yang juga baik untuk kulit. Vitamin E dan K berkasiat untuk mengencangkan, serta meremajakan kulit wajah kamu. Buat kamu yang bermasalah dengan jerawat, strawberry mengandung asam salsilat yang membantu menyingkirkan sel kulit mati dan jerawat.

Sementara yogurt mengandung asam hidroksi alami yang membantu pengelupasan sel kulit mati, mencerahkan serta melembabkan kulit wajah. Sama halnya dengan strawberry, rasa asam pada yogurt bisa pula mengusir jerawat dari wajah.

Nah, kalau kamu yang tertarik mencoba, cukup campurkan 5 buah strawberry dengan 2 sendok makan plain yogurt.

Pertama-tama cuci bersih strawberry lalu hancurkan menggunakan sendok. Saring strawberry hingga tersisa sarinya saja. Dalam mangkok, tuang yogurt dan campur dengan sari strawberry. Oleskan masker pada wajah dan biarkan hingga meresap kira-kira 20-30 menit, lalu bilas dengan air dingin.

3. Pala, kunyit dan madu

7 Masker Wajah Alami untuk Mencerahkan dan Merawat KulitUnsplash/Pratiksha Mohanty

Sama halnya dengan dua masker sebelumnya, masker pala, kunyit dan madu juga berfungsi untuk menghilangkan noda bekas jerawat, melembabkan serta mencerahkan kulit wajah. Cara membuat maskernya adalah dengan mencampur bubuk pala, bubuk kunyit dan madu,lalu campur menggunakan susu sapi murni. Aduk rata hingga bertekstur pasta.

Aplikasikan masker pada kulit wajah yang telah dibersihkan dan dikeringkan. Diamkan selama 20-30 menit hingga meresap dan kering lalu bilas dengan air dingin.

4. Ampas teh dan lidah buaya

7 Masker Wajah Alami untuk Mencerahkan dan Merawat KulitUnsplash/Igor Miske

Selain bagus untuk perawatan rambut, ternyata lidah buaya juga ampuh untuk merawat kulit wajah. Terutama untuk menghilangkan flek hitam akibat paparan sinar matahari. Sementara ampas teh, terutama teh hitam yang telah basi dipercaya bisa membuat wajah nampak lebih segar dan terhindar dari jerawat.

Caranya adalah dengan menghaluskan daging lidah buaya kemudian campurkan dengan ampas teh sebagai scrub-nya. Oleskan masker pada wajah sambil dipijat-pijat atau digosok perlahan. Diamkan selama 20-30 menit lalu bilas dengan air dingin.

5. Bubuk cokelat dan susu

7 Masker Wajah Alami untuk Mencerahkan dan Merawat KulitUnsplash/Charisse Kenion

Mendengar dua bahan di atas jadi kebayang susu cokelat panas ya, duh betapa enaknya. Di samping enak diminum atau dimakan ternayata campuran cokelat dan susu juga bisa membantu kamu mencerahkan wajah lho. Selain untuk wajah, masker cokelat susu ini juga bisa mengatasi kulit belang akibat terpapar sinar matahari.

Cara membuat maskernya adalah dengan mencampur 5 sendok makan susu bubuk dan 3 sendok makan cokelat pekat yang diserut. Larutkan keduanya dengan air panas lalu aduk hingga menjadi pasta.

Oleskan masker pada wajah atau bagian kulit kamu yang belang. Tunggu hingga 20-30 menit sampai mengering lalu bilas dengan air dingin.

6. Pepaya dan madu

7 Masker Wajah Alami untuk Mencerahkan dan Merawat KulitUnsplash/Boglárka Mázsi

Satu lagi masker yang berkhasiat mencerahkan kulit wajah. Yap, buah pepaya dan madu. Perpaduan keduanya dipercaya bisa membantu kamu mendapatkan kulit wajah yang lebih cerah, bersih dan segar.

Caranya adalah dengan mencampurkan 100 gram daging buah pepaya dan 3 sendok makan madu. Haluskan menggunakan sendok lalu aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan terlebih dulu. Tunggu hingga mengering selama kurang lebih 30 menit lalu bilas dengan air dingin.

7. Oatmeal, olive oil dan yogurt

7 Masker Wajah Alami untuk Mencerahkan dan Merawat KulitUnsplash/Yanina Trekhleb

Dengan mencampur oatmeal dengan yogurt dipercaya bisa membantu kamu memutihkan kulit wajah lho. Sementara minyak zaitun kaya akan asam lemak omega 3 dan 6, vitamin E dan K serta anti oksidan yang kuat. Sehingga salah satu manfaatnya bisa membuat wajahmu glowing tapi tidak berminyak. Jika ketiga bahan tersebut dicampurkan, tentunya khasiatnya akan lebih optimal.

Cara membuat maskernya adalah, dengan mencampurkan biji oatmeal dengan yogurt terlebih dahulu, aduk hingga rata. Kemudian, tambahkan olive oil di atasnya, aduk kembali hingga seluruh bahan tercampur rata. Bersihkan wajah lalu keringkan dengan handuk bersih, aplikasikan masker ke wajah kamu.

Tunggu hingga 30 menit lalu bilas dengan air dingin. Voila! Dengan pemakain teratur wajah kamu bakal terlihat lebih putih dan glowing lho. Selamat mencoba ya!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Wendy Novianto

Just For You