Comscore Tracker

Ladies, Begini 5 Langkah Mudah Mencuci Makeup Brush Sendiri di Rumah

Harus rutin dibersihkan ya!

Kuas atau makeup brush menjadi salah satu item penting bagi wanita saat berias. Biasanya, dalam satu paket makeup brush ada jenis dan ukurannya masing-masing, berdasarkan fungsinya. Seperti brush untuk contour, brush untuk foundation, brush untuk memakai blush on, dan lain-lain. Karena hampir tiap hari digunakan, terkadang sisa produk makeup jadi menumpuk pada bulu-bulu kuas tersebut.

Jika tetap digunakan tanpa dibersihkan terlebih dahulu, bisa mengakibatkan wajahmu jadi berjerawat, iritasi dan menyumbat pori-pori. Nah maka dari itu, kamu mesti membiasakan diri untuk rutin mencuci kuas makeup, setidaknya dua kali seminggu. Tenang, ternyata gak repot kok mencuci sendiri makeup brush di rumah. Gak percaya? Ikuti lima langkahnya berikut ini deh.

1. Rendam kuas dengan air hangat

Ladies, Begini 5 Langkah Mudah Mencuci Makeup Brush Sendiri di Rumahintothegloss.com

Pertama-tama, siapkan wadah baskom dan isi dengan air hangat secukupnya. Kemudian ambil brush yang akan dibersihkan. Rendam semua kuas tersebut dengan air hangat. Diamkan kurang lebih 5 menit.

2. Cuci kuas di bawah air mengalir

Ladies, Begini 5 Langkah Mudah Mencuci Makeup Brush Sendiri di Rumahwikihow.com/ Laura Martin

Kedua, cuci brush yang sudah direndam dengan air hangat tadi, di bawah kucuran air. Fokuskan guyuran air pada bulu-bulu brush, ya. Biarkan sisa makeup yang menempel luntur. Ulangi langkah ini dua-tiga kali jika diperlukan.

Baca Juga: Cukup Rumit, Ini 5 Teknik Makeup yang Wajib Dikuasai Makeup Artist 

3. Siapkan shampo bayi dan air

Ladies, Begini 5 Langkah Mudah Mencuci Makeup Brush Sendiri di Rumahpinterest.com/ Kristy Alberts

Ketiga, siapkan wadah baskom lalu tuang shampo bayi secukupnya. Kemudian tambahkan air. Aduk rata, tak perlu sampai berbusa. Celupkan brush ke dalamnya, lalu dengan bantuan telapak tangan, putar-putar bulu brush hingga seluruh sisa makeup benar-benar hilang.

4. Bilas kuas di bawah air mengalir

Ladies, Begini 5 Langkah Mudah Mencuci Makeup Brush Sendiri di Rumahwikihow.com/Laura Martin

Keempat, setelah dirasa sudah bersih, bilas kembali brush dengan air mengalir sampai benar-benar bersih, sehingga tak ada sisa makeup dan shampo lagi yang tersisa. Kamu bisa mengulangi langkah ini, beberapa kali sampai brush-mu bebas dari sisa kotoran dan kembali seperti baru.

5. Keringkan kuas dengan lap kering

Ladies, Begini 5 Langkah Mudah Mencuci Makeup Brush Sendiri di Rumahunsplash.com/ freestocks.org

Langkah terakhir, adalah ambil selembar lap kering dan yang permukaannya halus. Keringkan bulu-bulu brush kamu, dengan lap tersebut sampai semua air yang tersisa hilang.

Setelah itu, angin-anginkan brush, dan simpan kembali pada tempatnya. Nah, sekarang kuas makeup kamu sudah kembali bersih seperti baru dan siap digunakan.

Gimana, mudah dan cepat banget kan caranya? Sekarang gak boleh malas lagi membersihkan brush makeup kamu, ya. Agar tetap bersih, serta aman untuk wajah saat digunakan. Selamat mencoba.

Baca Juga: 6 Alat Makeup yang Diperlukan untuk Membuat Pipi Terlihat Lebih Tirus

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You