Comscore Tracker

5 Tips agar Bulu Mata Tidak Rontok Akibat Eyelash Extension, Ampuh!

Bantu mencegah bulu mata rontok akibat eyelash extension

Memiliki bulu mata yang lentik, lebat dan panjang dapat membuat penampilan wanita menjadi semakin menarik. Selain dengan penggunaan maskara ataupun serum bulu mata, eyelash extension menjadi cara praktis yang dapat dilakukan untuk memiliki bulu mata lentik sepanjang hari.

Eyelash extension merupakan proses menempelkan bulu mata palsu agar bulu mata terlihat lentik. Namun, eyelash extension bisa menyebabkan kerontokan pada bulu mata asli, lho. Untuk mencegah hal itu sebaiknya kamu lakukan perawatan dengan tepat. Nah, berikut ini tips agar bulu mata tidak mengalami kerontokan akibat eyelash extension yang bisa kamu coba, yuk!

1. Membersihkan wajah dengan facial wash tanpa kandungan minyak

5 Tips agar Bulu Mata Tidak Rontok Akibat Eyelash Extension, Ampuh!ilustrasi sedang membersihkan wajah (pexels.com/ron lach)

Girls, pembersih wajah dengan berbahan dasar minyak atau cleansing oil memang lebih mudah dan cepat dalam menghapus sisa-sisa makeup maupun kotoran yang menempel pada kulit wajah. Akan tetapi, cleansing oil dapat merusak serta mengurangi kerekatan pada lem bulu mata yang digunakan saat eyelash extension, lho. 

Untuk mencegah hal itu, kamu bisa pilih pembersih wajah yang berbasis air seperti micellar water sebagai alternatif. Saat eyelash extension baru dipasang sebaiknya hindari terkena air agar bulu mata tidak mengalami kerontokan, ya. 

2. Pastikan menghapus riasan mata dengan lembut untuk meminimalkan kerontokan

5 Tips agar Bulu Mata Tidak Rontok Akibat Eyelash Extension, Ampuh!ilustrasi sedang memakai riasan mata (pexels.com/mart production)

Saat membersihkan riasan mata pastikan kamu menghapusnya dengan lembut untuk meminimalkan kerontokan pada bulu mata, girls. Kamu bisa menggunakan kapas dan micellar water untuk menghapus sisa-sisa riasan yang menempel pada area mata.

Selain itu, kamu juga sebaiknya menghindari eye makeup yang sifatnya waterproof. Eye makeup yang sifatnya tidak waterproof akan lebih mempermudah saat kamu membersihkan riasan mata tanpa ada yang tersisa, lho. 

Baca Juga: 5 Cara Efektif Cegah Bulu Mata Rontok, Bisa Pakai Sampo Bayi!

3. Hindari menggosok area mata saat memakai eyelash extension

5 Tips agar Bulu Mata Tidak Rontok Akibat Eyelash Extension, Ampuh!ilustrasi sedang memakai serum bulu mata (pexels.com/antoni shkraba)

Salah satu hal yang tanpa disadari saat memakai eyelash extension menggosok area mata yang terlalu kencang. Hal itu dapat menyebabkan eyelash extension menjadi berantakan dan bisa menyebabkan bulu mata asli bisa rontok, lho.

Selain itu, dapat membuat bulu mata menjadi lebih tipis, lho. Jika kamu mengalami masalah seperti gatal pada area mata sebaiknya kamu menggosoknya secara lembut, hindari menggosok terlalu kencang, ya!

4. Jangan melepas eyelash extension sendiri

5 Tips agar Bulu Mata Tidak Rontok Akibat Eyelash Extension, Ampuh!ilustrasi sedang melentikkan bulu mata (pexels.com/karolina grabowska)

Melepas bulu mata palsu sembarangan tanpa ahlinya dapat menyebabkan bulu mata asli mengalami kerusakan yang semakin memburuk. Selain itu, melepas eyelash extension sendiri, menyebabkan bulu mata yang ditempel bisa ikut tercabut juga, lho.

Jika kamu ingin memperbaiki eyelash extension atau melepasnya sebaiknya langsung datangi lashtician dan memintanya memperbaiki eyelash extension milikmu. Hal itu dapat mencegah kerontokan bulu mata milikmu, girls. 

5. Perhatikan jadwal pemasangan eyelash extension agar tidak terlalu sering 

5 Tips agar Bulu Mata Tidak Rontok Akibat Eyelash Extension, Ampuh!ilustrasi sedang eyelash extension (pexels.com/nataliya vaitkevich)

Tips agar bulu mata tidak rontok akibat eyelash extension terakhir yaitu dengan memperhatikan jadwal pemasangan eyelash extension agar tidak terlalu sering. Girls, penggunaan eyelash extension yang terlalu sering membuat bulu mata asli kurang nutrisi dan menjadi rapuh, lho. 

Sehingga hal itu dapat menyebabkan kerontokan pada bulu mata. Bulu mata juga perlu istirahat, lho. Kamu bisa melakukan perawatan bulu mata seperti gunakan serum bulu mata. Penggunaan serum bulu mata yang tepat biasanya dapat membuat bulu mata menjadi lebih panjang dan tebal, lho. 

Girls, tips di atas bisa kamu coba untuk mencegah kerontokan pada bulu mata akibat eyelash extension. Jika kamu mengalami keluhan pada area mata lainnya sebaiknya kamu segera konsultasi dan lakukan pemeriksaan mata, ya!

Baca Juga: 5 Cara Menghapus Eyelash Extension di Rumah, Aman dan Efektif!

Anggraini R Photo Verified Writer Anggraini R

Enjoy readers!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya