Comscore Tracker

Asyiknya Berbelanja dengan Konsep Omni Channel di Sociolla

Bisa sambil bermain juga lho!

Dunia kecantikan beberapa tahun terakhir terus mengalami perkembangan pesat. Menurut Euromonitor, pasar kecantikan dan perawatan diri di Indonesia diperkirakan bernilai U$$6,03 miliar pada tahun 2019 dan akan terus naik di tahun-tahun berikutnya.

Keterlibatan teknologi digital pun tak dapat dipungkiri menjadi bagian dari peningkatan tren itu sendiri. Perusahaan kecantikan di Indonesia, tidak menyia-nyiakan kesempatan  untuk memanfaatkan teknologi digital dalam mengembangkan perusahaannya.

Social Bella Indonesia lewat lini bisnis eCommerce Sociolla.com, memberikan konsep berbelanja yang baru yaitu dengan konsep Omni Channel.

1. Omni Channel, konsep berbelanja dengan memadukan sistem online dan offline

Asyiknya Berbelanja dengan Konsep Omni Channel di SociollaChristopher Madiam di Offline store Sociolla. 17 Januari 2020. IDNTimes/Anjani Eka Lestari

Menurut Christopher Madiam, Co-Founder dan President Social Bella Indonesia yang kami temui Jumat (17/01) di offline store Sociolla, "Omni Channel adalah penggabungan konsep belanja sistem online dan offline secara berkesinambungan."

Cara kerjanya adalah dengan menutupi kekurangan belanja online dan offline yang dibandingkan menjadi konsep berbelanja yang memudahkan pelanggan.

2. Tujuan Sociolla menggunakan konsep Omni Channel

Asyiknya Berbelanja dengan Konsep Omni Channel di Sociollaoffline store Sociolla. 17 Januari 2020. IDNTimes/Anjani Eka Lestari

Christopher juga menyampaikan, tujuan mulai menggunakan konsep Omni Channel pada store karena Sociolla ingin memberikan pengalaman terbaik pada pelanggan dalam berbelanja.

Tidak hanya berbelanja, ini juga memberikan informasi yang lebih lengkap dari biasanya mengenai masalah kecantikan. Dari situlah, yang akhirnya membuat Sociolla mendirikan offline store demi terlaksananya berbelanja dengan konsep Omni Channel.

Saat ini, sudah terdapat dua offline store yang didirikan oleh Sociolla yaitu di Lippo Puri Mall dan Mall Kota Kasablanka.

3. Kelebihan Omni Channel di Sociolla

Asyiknya Berbelanja dengan Konsep Omni Channel di Sociollaoffline store Sociolla. 17 Januari 2020. IDNTimes/Anjani Eka Lestari

Christopher menjelaskan, "Omni Channel di Sociolla ini dibarengi dengan penambahan inovasi beauty-tech yang semakin dikembangkan untuk Sociolla sendiri." Pelanggan tidak akan menjumpai kebingungan dalam belanja produk kecantikan, baik online dan offline.

Pelanggan juga tak akan dibuat bingung dengan harga yang tertera dalam toko online maupun offline. Karena di offline store Sociolla, terdapat price tag digital yang terhubung dengan online store Sociolla sendiri.

Ketika harga yang tertera di online store Sociolla berubah, sama halnya juga dengan offline store Sociolla yang akan otomatis berubah. Jika di online store Sociolla tertera rating untuk setiap produk, begitu pula rating yang tertera di price tag offline store Sociolla.

Jadi, risiko pelanggan salah membeli produk itu sangat kecil. Kelebihan lainnya, pelanggan juga bisa membeli produk kecantikan di online store Sociolla dan kemudian mengambilnya sendiri di offline store.

Baca Juga: Terima Pendanaan 12 Juta Dolar AS, Sociolla Bakal Lakukan Ini

4. Inovasi aplikasi SOCO untuk Sociolla

Asyiknya Berbelanja dengan Konsep Omni Channel di SociollaIDNTimes/Anjani Eka Lestari

Social Bella Indonesia tidak hanya hadir sebagai perusahaan retail, tapi juga hadir sebagai media yang memberikan informasi selengkap mungkin mengenai kecantikan serta rekomendasi produk yang tepat sasaran kepada pelanggan.

Maka dari itu, Sociolla dari Social Bella Indonesia mengembangkan perusahaannya dengan meluncurkan aplikasi SOCO. Aplikasi SOCO tak hanya digunakan untuk membeli produk secara online, namun terdapat informasi serta rekomendasi produk yang sesuai.

5. Teknologi canggih yang terdapat di offline store Sociolla

Asyiknya Berbelanja dengan Konsep Omni Channel di SociollaPrice tag digital dan ATM Beauty di offline store Sociolla. 17 Januari 2020. IDNTimes/Anjani Eka Lestari

Menjawab kebutuhan pelanggan yang terkadang ragu ketika berbelanja online, kini offline store Sociolla hadir untuk mengatasinya. Dengan memiliki aplikasi SOCO, pelanggan dimudahkan ketika berbelanja.

Salah satunya adalah dengan melakukan scan barcode pada produk-produk yang ada di offline store untuk mengetahui lebih lanjut ulasan dari produk tersebut. Di offline store Sociolla, juga terdapat mesin yang bernama Beauty ATM.

Mesin ini dapat digunakan untuk bermain game, lalu kita bisa mendapatkan voucher diskon untuk pembelian produk di Sociolla setelahnya. Tapi sebelum bermain, tentunya kita harus sudah memiliki aplikasi SOCO untuk scan barcode.

Bagaimana? Kamu jadi lebih tertarik untuk belanja offline ke sana? 

Baca Juga: Makeup 101: 5 Rekomendasi Cleansing Oil yang Cepat Bersihkan Makeup

Topic:

  • Anjani Eka Lestari
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya