Comscore Tracker

Overspending? Girls, Terapkan 9 Tips Jitu Ini Agar Dompetmu Gak Jebol

Kelola uangmu secara bijak atau kamu bakal rugi nantinya

Kadangkala cewek sulit sekali mengontrol diri untuk tidak berbelanja macam-macam. Juga sulit menolak godaan untuk tidak membeli barang yang menarik perhatiannya. Terkadang faktanya barang yang diinginkan banyak, tapi malah tidak benar-benar dibutuhkan. 'Kan sayang kalau harus keluar duit banyak tapi barangnya cuma jadi pajangan.

Daripada kantongmu jebol karena kalap belanja gals, alangkah baiknya kamu ikuti 9 tips jitu berikut ini untuk mengontrol pengeluaranmu. Check 'em out!

1. Catat semua pengeluaranmu selama sebulan

Overspending? Girls, Terapkan 9 Tips Jitu Ini Agar Dompetmu Gak JebolPexels/Kaboompics

Pastikan kamu mencatat semua aktivitas pengeluaranmu minimal selama sebulan. Entah itu beli baju baru, peralatan sekolah, ngopi di kafe, makan malam di luar, kebutuhan dapur, dan sebagainya. Dengan mencatatnya kamu akan tahu nominal pengeluaran masing-masing aktivitas dan bisa meminimalisirnya di lain waktu.

2. Identifikasi apa saja kebutuhan yang benar-benar kamu perlukan

Overspending? Girls, Terapkan 9 Tips Jitu Ini Agar Dompetmu Gak JebolPexels/Burst

Sebelum berbelanja kamu harus tahu alasan kenapa kamu melakukannya dan kenapa kamu ingin membeli barang itu. Jangan hanya karena bosan atau putus cinta lalu tiba-tiba kamu melampiaskannya dengan belanja besar-besaran.

Terkadang mood memang menjadi evil di balik overspending. Alih-alih menguras kantong saat bad mood, kamu bisa mengalihkannya dengan mendengarkan lagu atau jalan santai.

3. Tunda keinginanmu untuk melakukan pembelian selama sebulan

Overspending? Girls, Terapkan 9 Tips Jitu Ini Agar Dompetmu Gak JebolPexels/Bruce Mars

Dalam hal pembelian impulsif, timing adalah salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan. Tunda keinginanmu untuk melakukan pembelian selama sekitar 30 bulan. Lalu lihat apakah kamu masih ketagihan untuk overspending membeli ini itu seperti sebelumnya.

Yakin deh, kalau kamu membiasakan menahan diri pasti keadaan dompetmu akan lebih baik.

4. Berbuat baik dengan berbagi rezeki pada orang lain

Overspending? Girls, Terapkan 9 Tips Jitu Ini Agar Dompetmu Gak JebolUnsplash/Kat Yukawa

Alih-alih mencari kebahagiaan dengan menghamburkan duit di mall, lebih baik kamu sumbangkan ke panti atau organisasi amal lokal yang lebih membutuhkan. Lebih berfaedah 'kan daripada belanja gak jelas. Dijamin deh, membayangkan atau melihat senyum mereka yang menerima bantuanmu akan lebih membahagiakan bagi diri kamu.

Baca Juga: 5 Pelajaran Keuangan yang Harus Ditanamkan Millenial dalam Hidupnya

5. Rajin memilah barang yang sebenarnya gak kamu butuhkan dan menghibahkannya kepada orang lain

Overspending? Girls, Terapkan 9 Tips Jitu Ini Agar Dompetmu Gak JebolPexels/Daria Shevtsova

Jika ada barang yang gak kamu gunakan dan masih dalam keadaan baik, alangkah baiknya kamu rajin menghibahkannya ke orang lain. Seiring waktu, kamu akan menyadari betapa bahagianya dirimu menyaksikan barang yang bukan termasuk kebutuhanmu telah berkurang.

6. Identifikasi tempat-tempat dimana kamu sering menghabiskan uang banyak

Overspending? Girls, Terapkan 9 Tips Jitu Ini Agar Dompetmu Gak JebolUnsplash/Gyorgy Bakos

Akan lebih baik jika kamu menghindari mall, toko serba ada langgananmu, dan tempat-tempat lain yang sering jadi curahan uangmu tanpa pikir panjang. Jangan lupa untuk berhenti langganan/unsubscribe toko online yang sering menggoda dirimu dengan promosi diskonnya lewat emailmu.

7. Sekali lagi, kamu harus berpegang teguh pada hal apa yang paling penting

Overspending? Girls, Terapkan 9 Tips Jitu Ini Agar Dompetmu Gak JebolUnsplash/Joshua Rawson -Harris

Jangan hanya menuruti hawa nafsu belanja, belanja, dan belanja. Jika kamu berdiri dihadapan barang yang ingin kamu beli atau mungkin didepan toko, kamu harus pikirkan apa yang lebih penting. Buatlah keputusan secara hati-hati dan pikirkan dengan matang.

8. Tantang dirimu untuk mengenakan gaya mode minimalis

Overspending? Girls, Terapkan 9 Tips Jitu Ini Agar Dompetmu Gak JebolPexels/Daria Shevtsova

Jika intensitas belanja modemu selama sebulan sangat berlebihan, mulai sekarang kamu harus tantang dirimu untuk tampil minimalis selama 3 bulan. Misal selama 3 bulan itu kamu harus bisa tampil hanya dengan 33 item terdiri dari pakaian, sepatu, aksesoris, dan perhiasan.

9. Jangan lupa untuk membiasakan diri bersyukur dan fokus pada masa sekarang

Overspending? Girls, Terapkan 9 Tips Jitu Ini Agar Dompetmu Gak JebolUnsplash/Jude Beck

Biasakan setiap pagi menyempatkan waktu untuk menenangkan diri dan mengucap syukur atas beberapa hal yang mungkin lalai kamu syukuri selama ini. Bersyukur dapat membantumu untuk lebih tenang dan meningkatkan kepercayaan diri.

Fokuskan pula pada masa sekarang, bukan masa lalu atau masa depan. Dan tanyakan pada dirimu apakah kamu punya semua yang kamu butuhkan untuk hari ini?

Percaya deh, kalau kamu mampu mengatur waktu, keinginan, dan juga uangmu dengan hati-hati dan cermat maka kamu akan merasa lebih bebas dan damai. Terutama dengan keuanganmu.

Baca Juga: Parah Banget, 6 Zodiak Cewek Ini Terkenal Paling Boros Saat Belanja

Anna Mei Photo Verified Writer Anna Mei

Introvert who has a lot of things in her suitcase

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya