Comscore Tracker

Punya Bulu Mata Lebat? Terapkan 8 Tips Ini Saat Pakai Maskara

Tanpa bulu mata palsu pun kamu masih bisa tampil cetar kok

Memiliki bulu mata lebat dan lentik adalah impian banyak cewek. Mereka bahkan sampai rela merogoh kocek dalam untuk perawatan eyelashes extensions. Nah, kamu yang kamu secara alami punya bulu mata lebat nan lentik patut bersyukur nih.

Agar tak sampai merusak bulu mata, kamu harus cukup berhati-hati dalam memperlakukannya, girls. Terutama saat mengaplikasikan maskara, ada beberapa tips penting agar bulu mata lebatmu tetap aman. Penasaran? Cari tahu ulasannya melalui 8 poin berikut ini.

1. Lakukan curling terlebih dahulu, baru kemudian poleskan maskara

Punya Bulu Mata Lebat? Terapkan 8 Tips Ini Saat Pakai Maskaraalibaba.com

Meski menggunakan pengeriting bulu mata setelah mengaplikasikan maskara memberikan efek curly hampir 90 derajat dan bentuknya tahan lama, namun ini beresiko bisa bikin helaian bulu matamu ikut terlepas lho. Atau malah maskaramu menempel pada bantalan pengeriting.

2. Gunakan half-lash curler sebagai cara alternatif

Punya Bulu Mata Lebat? Terapkan 8 Tips Ini Saat Pakai MaskaraBerbagai Sumber

Setiap mata memiliki bentuk yang berbeda-beda dan tak bisa disama ratakan hanya dengan satu tipe pengeriting saja. Apabila seluruh bagian bulu matamu tidak muat dalam satu area pengeriting, kamu bisa menggunakan half-lash curler untuk sudut terluar dan sudut terdalam.

3. Aplikasikan maskara dari garis akar hingga ujung bulu mata

Punya Bulu Mata Lebat? Terapkan 8 Tips Ini Saat Pakai MaskaraBerbagai Sumber

Karena gak mau mengenai mata, pasti kalian sering 'kan cuma mengaplikasikan maskara pada ujung bulu mata saja. Nah agar aman mengaplikasikan maskara dari garis akar bulu mata, kamu bisa pakai Tightliner 10-in-1 Dual Ended Brush dari IT Cosmetics.

Celupkan kuas yang ujungnya bergerigi ke gel maskara, lalu perlahan-lahan aplikasikan ke garis bulu matamu. Setelah itu sisir rapi dengan menggunakan spoolie brush.

Baca Juga: 6 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Cewek Saat Gunakan Maskara

4. Ciptakan tampilan winged eyelashes tanpa memakai bulu mata palsu

Punya Bulu Mata Lebat? Terapkan 8 Tips Ini Saat Pakai MaskaraBerbagai Sumber

Bulu mata di sudut terluar mata, secara alami memang biasanya tidak berukuran panjang. Tanpa harus ribet memakai bulu mata palsu, kamu masih bisa tampil dengan winged eyelashes menggunakan kuas maskara khusus.

Seperti yang dimiliki The Falsies Push Up Angel Mascara dari Maybelline New York. Aplikasikan pada bulu mata terluar dan kuas uniknya bakal menciptakan efek ekstensi maksimum.

5. Trik simpel agar matamu terlihat besar dan terbuka

Punya Bulu Mata Lebat? Terapkan 8 Tips Ini Saat Pakai Maskarathebeautyinsiders.com

Usahakan maskara untuk bulu mata bagian atas lebih gelap daripada bulu mata bagian bawah. Jika kamu menggunakan maskara hitam untuk bagian atas, maka gunakan maskara coklat gelap pada bagian bawah.

Untuk bulu mata bagian bawah, jangan lupa sebelum mengaplikasikan maskara bersihkan dulu sisa gumpalan maskara dari kuas. Cukup gunakan ujung kuas dan sisir beberapa kali secara vertikal.

6. Maskara anti air & heated-lash curler untuk hadapi cuaca panas nan lembab

Punya Bulu Mata Lebat? Terapkan 8 Tips Ini Saat Pakai MaskaraPexels/Magda Ehlers

Agar bulu mata panjangmu tetap spot-on kala cuaca yang panas dan lembab, gunakan maskara yang memiliki formula anti air (water-resistant). Maskara semacam ini mengandung sedikit air dan cepat mengering sehingga menjaga bulu matamu agar tidak mudah terkulai.

Biar lekukan bulu mata makin tahan lama, kamu bisa menggunakan heated-lash curler. Berbeda dengan penjepit biasanya, versi ini hanya perlu kamu tekan secara hati-hati pada bulu matamu.

7. Kuas maskara berlekuk atau kuas maskara lurus?

Punya Bulu Mata Lebat? Terapkan 8 Tips Ini Saat Pakai Maskaraallure.com

FYI, bulu mata kita tumbuh mengikuti garis kelopak mata. Jika kamu kesulitan meratakan maskara dengan kuas lurus, maka gunakan kuas berlekuk agar bisa mengcover semua bulu matamu.

8. Kurangi kebiasaan ekstensi bulu mata

Punya Bulu Mata Lebat? Terapkan 8 Tips Ini Saat Pakai Maskarahellomagazine.com

Yakin kamu mau 'merusak' bulu mata lebat alamimu dengan ekstensi bulu mata? Benar adanya bila bulu mata yang rontok akan tumbuh kembali. Namun bila folikel bulu matamu mengalami trauma karena berkali-kali terkena ekstensi, bisa jadi ada resiko lain yang menantimu. Guess you'd better stay with mascara, girls.

Semoga 8 tips diatas membantumu agar lebih berhati-hati dalam memperlakukan bulu mata lebatmu saat merias diri, ya.

Baca Juga: 6 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Cewek Saat Gunakan Maskara

Anna Mei Photo Verified Writer Anna Mei

Introvert who has a lot of things in her suitcase.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya