Comscore Tracker

8 Tips untuk Kamu Wanita Karir yang Ingin Membangun Profesionalitas

Tunjukkan bahwa kamu juga bisa, girls!

Menjadi wanita karir merupakan salah satu impian bagi sebagian besar cewek. Hal tersebut memberikan bukti bahwa tak hanya cowok saja tapi kaum cewek juga bisa bekerja di ruang publik. Tak melulu di rumah, wanita karir memiliki jiwa ketangguhan tersendiri yang membuatnya mampu berdiri di atas kedua kakinya.

Meskipun begitu, terkadang stereotip lemah masih meliputi para wanita karir. Anggapan bahwa mereka cuma mengandalkan sisi emosional dan terlalu lemah, membuat mereka cukup kesulitan untuk mendapatkan impresi serius dan profesional. Bukan berarti gila hormat, hanya saja, kesan digampangkan membuat kinerjamu seolah-olah dianggap tak ada apa-apanya.

Nah, berikut ini ada 8 tips bagi kamu wanita karir yang ingin membangun impresi serius dan profesional dihadapan para rekan kerjamu. Jangan berkecil hati, pasti ada saatnya kok kamu akan bersinar.

1. Menunjukkan kepercayaan diri

8 Tips untuk Kamu Wanita Karir yang Ingin Membangun ProfesionalitasUnsplash.com/You x ventures

Tampil percaya diri dan tenang adalah salah satu langkah penting dalam mendapatkan hormat sekaligus kredibilitas dari para rekan kerjamu. Memang tak setiap orang terlahir dengan kualitas kepercayaan diri yang mumpuni. Oleh karena itu, kamu perlu berusaha keras untuk bisa tampil lebih percaya diri.

2. Jangan bergosip atau menyebarkan omongan buruk

8 Tips untuk Kamu Wanita Karir yang Ingin Membangun ProfesionalitasUnsplash.com/Brooke Cagle

Terlepas dari stereotip cewek yang dikenal sebagai biang gosip, akan lebih baik bila kamu bisa bersikap bijaksana saat seseorang mengajakmu bergosip.

Seperti menyarankan dia untuk membicarakan masalah yang ada dengan orang bersangkutan. Atau memberikan sugesti bahwa orang itu pasti bisa memperbaiki dirinya seiring waktu. Kamu gak mau 'kan kredibilitasmu tercoreng gara-gara mulut besarmu?

3. Bertanggung jawab atas kesalahan pribadi

8 Tips untuk Kamu Wanita Karir yang Ingin Membangun ProfesionalitasUnsplash.com/Annie Spratt

Menyalahkan orang lain atas kesalahan yang jelas-jelas adalah kesalahanmu sendiri, merupakan tanda bahwa kamu orang yang egois dan tak bertanggung jawab. Jika kamu terus-terusan melakukan ini, kemungkinan rekan kerjamu akan menarik rasa hormatnya dan membangun ketidakpercayaan atas profesionalitasmu.

4. Jangan keterlaluan bersikap genit dengan rekan kerja cowok

8 Tips untuk Kamu Wanita Karir yang Ingin Membangun ProfesionalitasUnsplash.com/You x Ventures

Berhati-hatilah saat bercanda dengan rekan kerja lawan jenis. Sedekat-dekatnya kalian dalam satu tim kerja, bukan berarti kamu bisa seenaknya menggoda, bercanda, dan kontak fisik sampai tahap yang keterlaluan. Kamu gak mau 'kan gosip kantor merusak citramu di hadapan rekan kerja lainnya? Lagian kamu masih bisa berteman tanpa melewati batas profesionalitas kok.

Baca Juga: Ladies, Meskipun Jadi Wanita Karir, 5 Hal Ini Tetap Perlu Kamu Kuasai

5. Mengenakan busana yang sopan atau setidaknya sesuai dengan budaya tempat kerja

8 Tips untuk Kamu Wanita Karir yang Ingin Membangun ProfesionalitasUnsplash.com/Amy Hirschi

Bukannya bentuk fisik, penampilan profesional dan dedikasi kerja seharusnya menjadi hal pertama yang dilirik oleh rekan kerjamu. Well, sulit dipungkiri memang bila ada cowok yang punya kebiasaan mengobjektifikasi perempuan. Di sisi lain, kamu sendiri juga wajib sadar diri bila ternyata gaya busanamu terlalu terbuka.

6. Bila disela oleh orang lain saat sedang berbicara, minta dengan nada bicara tenang dan terkontrol agar mereka menunggu

8 Tips untuk Kamu Wanita Karir yang Ingin Membangun ProfesionalitasUnsplash.com/You x Ventures

Bila seseorang terus-menerus menyela omongan, biasanya rasa sebal dan tersinggung akan menyergapmu. Untuk menghindari kelepasan emosi yang berakibat penyesalan, sebisa mungkin tenangkan dirimu dan katakan dengan sopan pada mereka agar menunggumu selesai terlebih dahulu.

Jangan tersinggung dan berkecil hati, bila kamu selalu menerapkan cara ini seiring waktu mereka bakal menaruh rasa hormat kepadamu.

7. Percaya diri dengan opinimu sendiri dan berani membuat keputusan tegas

8 Tips untuk Kamu Wanita Karir yang Ingin Membangun ProfesionalitasUnsplash.com/Amy Hirschi

Bersedia mendengarkan opini orang lain itu memang bagus. Meskipun begitu kamu juga harus bisa menimbang opsi mana yang harus kamu ambil untuk bisa membuat keputusan konkrit. Percaya dirilah dengan keputusanmu sendiri, dan juga belajarlah untuk tidak second-guess terhadap dirimu.

8. Menggunakan media sosial secara bijaksana agar tidak membentuk persepsi negatif dari para rekan kerja kepada kamu

8 Tips untuk Kamu Wanita Karir yang Ingin Membangun ProfesionalitasUnsplash.com/Tamara Bellis

Kehidupan kerja dan pribadi memang seharusnya terpisah, tetapi media sosial bisa menunjukkan kepada orang lain termasuk para rekan kerjamu siapa diri kamu sebenarnya. Jangan sampai aktivitas medsosmu sendiri membahayakan reputasimu di kantor. Jika kamu benar-benar ingin menjaga kehidupan pribadimu private, maka tak perlu menambahkan akun mereka kedalam akun medsosmu.

Nah, itu dia delapan tips untuk membangun impresi profesional bagi kalian wanita karir. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Sama Sulit! 6 Hal Ini Dialami Wanita Karir Maupun Ibu Rumah Tangga

Anna Mei Photo Community Writer Anna Mei

Introvert who has a lot of things in her suitcase

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You